4 Tokoh Superhero Wanita Dalam Film-Film Ini Memberi Kita Inspirasi Bahwa Wanita Itu Bukan Makhluk Lemah!

980 views

Di tahun 2015 kemarin, ada banyak film yang di dalamnya kita dapat melihat adanya tokoh-tokoh wanita superhero. Mereka adalah wanita-wanita pemberani, yang melakukan perubahan dalam dunia mereka masing-masing.

Meskipun kesetaraan gender telah lama diperdengarkan, tetapi tetap saja, wanita selalu dianggap sebagai makhluk lemah. Tetapi, lewat para wanita ini, kamu akan mendapatkan inspirasi untuk menjadi wanita kuat.

Tris Prior dalam Film “Insurgent

Tris Prior dalam Film “Insurgent”

Beatrice Prior via thelowdownunder.com

Insurgent merupakan film kedua dari Trilogi Divergent. Film ini diangkat dari novel karya Veronica Roth, yang merupakan film fiksi ilmiah (sience fiction) Amerika. Sutradara dari film ini adalah Robert Schwentke, berbeda dari sutradara serial pertama Divergent.

Kalau kamu sudah pernah menonton film ini, kamu pasti tahu siapa tokoh utama wanita dalam film ini. Yup, Beatrice Prior, atau yang sering disapa Tris. Tris merupakan seorang divergent, yaitu manusia yang memiliki lima kepribadian dari karakteristik pembagian kelompok manusia saat itu.

Dia adalah wanita yang pemberani (Dauntless), Abnegation (Berjiwa pemimpin dan suka menolong orang lain), jenius (Erudite), Jujur (Candor), dan suka damai (Amity). Karena sifatnya inilah dia dikejar-kejar oleh kelompok Erudate agar dapat membuka kotak Insurgent.

Berbekal kemampuan bela diri yang didapatkannya selama menjadi seorang Dauntless, Tris dan kekasihnya, Four berhasil bertahan. Di akhir kisah ini, Tris berhasil membuka kotak insurgent setelah melewati lima tes yang hampir saja membuatnya mati. Kotak itu berisi pesan dari masa depan.

Tris menjadi pahlawan karena dia memiliki sifat-sifat yang luar biasa. Dia rela berkorban ketika melihat ada orang-orang yang harus menjadi korban demi menjaganya. Dia bersedia mengambil resiko, sekalipun bayarannya adalah nyawanya sendiri.

Dia juga mengajarkan kepada para wanita muda untuk percaya dan bangga dengan keberadaan diri sendiri. Meskipun banyak orang yang menganggap itu aneh dan tidak wajar, Tris tidak menyembunyikan keberadaannya yang adalah seorang Divergent, toh itu tidak merugikan orang lain.

Tris adalah seorang gadis yang bertanggungjawab atas setiap keputusan yang diambilnya. Dia juga berusaha untuk jujur, meskipun dengan jujur berarti harus membuka luka lamanya. Dia menunjukkan arti seorang pahlawan sejati.

Felicity Smoak dalam film Arrow

Felicity Smoak dalam film Arrow

Felicity Smoak via www.followingthenerd.com

Film Arrow merupakan sebuah film yang diangkat dari sebuah komik berjudul Green Arrow. Film ini mengisahkan seorang miliuner yang menumpas kejahatan dengan menggunakan busur dan panah, bernama Oliver Queen. Karena pengalaman terdampar di sebuah pulau, Oliver berubah dari seorang pria manja menjadi seorang pahlawan pembasmi kejahatan.

Tentu saja sebuah film tidak terlepas dari seorang tokoh wanita. Dalam serial baru ini, Oliver memiliki seorang pacar bernama Felicity Smoak. Felicity merupakan seorang gadis asal las Vegas. Sejak kecil, ayahnya meninggalkan dia dan ibunya.

Ketika di bangku kuliah, Felicity menjadi anggota dari kelompok hacktivis, sebuah kelompok yang menyerang sistem komputer (dikenal sebagai hacker). Setelah lulus kuliah, dia pindah ke kota Starling, dan bekerja di departemen IT konsolidasi Queen. Di sinilah dia bertemu dengan Oliver.

Felicity menjadi bagian utama dari tim Oliver. Dia merupakan sumber informasi utama Oliver, serta bertugas untuk meng-hack, dan melakukan beberapa tugas lainnya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Felicity adalah, dia sangat hebat dalam tugas investigasi. Dia juga adalah seorang hacker yang ulung. Dia memiliki kemampuan untuk masuk dalam sistem komputer yang sangat sulit.

Inspirasi yang diberikan oleh Felicity adalah dia mau menerima pacarnya, Oliver apa adanya. Dia merupakan gadis yang cerdas, meskipun dia memiliki kenangan buruk tentang ayahnya. Dia berjiwa besar, dan memiliki integritas serta kemandirian.

Melinda May dalam film Agents of S.H.I.E.L.D

Melinda May dalam film Agents of S.H.I.E.L.D

Melinda May via justthepilot.tumblr.com

Agents of S.H.I.E.L.D merupakan salah satu film keluaran Marvel. Film ini berkisah tentang sebuah agen rahasia dalam sebuah organisasi yang bernama S.H.I.E.L.D, yang menjalankan misi menjaga keselamatan umat manusia. Organisasi ini dipimpin oleh seorang pria bernama Coulson.

Salah satu tokoh wanita dalam film ini adalah agen Melinda May. Dia adalah seorang wanita yang memiliki keahlian di bidang persenjataan dan bela diri. Tidak hanya itu, dia adalah seorang pilot yang handal. May adalah seorang pemimpin yang tangguh dalam tim Coulson. Dia juga merupakan mentor yang bijaksana bagi para agen yang baru. Dia selalu tahu cara untuk memenangkan sebuah pertarungan.

Bukan hanya kemampuan secara fisik, dia juga memiliki kebijaksanaan dan pemikiran yang strategis, sehingga Coulson menjadikannya salah seorang penasehat yang sangat dia percaya.

Dalam film ini, dikisahkan May juga harus berjuang dengan masalah emosinya, terkait dengan mantan suaminya yang tiba-tiba muncul. Tetapi hebatnya, dia tidak menjadi lemah dan terus menolong timnya.

Peggy Carter dalam film Agen Carter

Peggy Carter dalam film Agen Carter

Margaret Elizabet Carter via marvel-movies.wikia.com

Salah satu film keluaran Marvel yang cukup baru berjudul Agent Carter. Film Agent Carter bercerita tentang seorang wanita bernama Margaret Elizabet Carter, atau yang biasa disebut Peggy. Peggy merupakan agen yang paling menonjol dari Strategic Scientific Reserve (SSR) dalam perang dunia 2. Kamu mungkin mengenal peggy sebagai kekasih Captain America.

Dalam film ini, Peggy bertugas melawan HYDRA, divisi persenjataan NAZI yang dipimpin oleh Red Skull. Setelah berhasil dengan misinya, dia kembali ke kehidupan yang normal. Tetapi karena dia adalah seorang wanita, dia mengalami diskriminasi gender yang membuatnya tetap duduk di bangku administrasi.

Tetapi kemudian, Howard Stark (ayah Tony Stark) yang memiliki pabrik senjata menjadi target pencarian SSR karena diduga menjual senjatanya kepada musuh. Karena ingin memulihkan nama baiknya, Howard meminta bantuan Peggy untuk menyelidiki keberadaan hasil temuannya.

Dalam film ini, Peggy digambarkan sebagai seorang wanita yang cerdas dan berbakat. Meskipun teman-teman pria di kantornya selalu memandangnya tidak lebih dari seorang sekertaris, dia berhasil membuktikan bahwa dia adalah seorang agen yang memiliki intelegensi yang tinggi.

Meskipun dalam kisah ini, Peggy diceritakan hidup di zaman 1940-an, tetapi masalah yang dia hadapi masih saja dihadapi oleh para wanita zaman modern ini. Masih banyak wanita yang merasa bahwa dia berada di posisi kedua setelah pria, hanya karena perbedaan gender.

Peggy memberikan inspirasi bagi kita para wanita, untuk percaya pada kekuatan diri sendiri. Dia tidak bergantung pada pengakuan atau persetujuan orang lain untuk merasa diterima.

Bahkan satu perkataannya pada agen Sousa yang menggambarkan kepribadiannya, berkata “Saya tidak membutuhkan suatu kehormatan kongres. Saya tidak membutuhkan persetujuan Agent Thompson atau presiden. Saya tahu nilai hidupku. Pendapat orang lain tidak begitu penting”.

Keempat tokoh utama wanita di atas merupakan tokoh-tokoh yang tidak terlepas dari kekurangan. Tetapi mereka tahu potensi yang mereka miliki, dan mereka percaya akan potensi itu. Mereka mau melakukan sesuatu bagi orang lain dengan potensi yang mereka miliki meskipun mereka sering dipandang sebagai makhluk lemah.

Untuk menjadi seorang hero atau pahlawan, tidak perlu kekuatan super seperti yang dimiliki Spiderman atau Superman. Cukup dengan menjadi dirimu sendiri yang terus memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Serta menjadi wanita yang berhati tulus, yang mau berkorban bagi orang lain.

film super hero inspirasi super hero wanita wanita bukan makhluk lemah wanita super hero wanita tangguh

No related post!

Leave a reply

three + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.