Yuk, Mengenal Beberapa Keunggulan Teknologi Printer 3D!

778 views

Selain gadget, printer merupakan salah satu produk teknologi, yang sangat akrab dengan segala bentuk kegiatan aktifitas manusia. Produk printer ini sudah digunakan hampir di seluruh sektor kegiatan manusia dan biasanya mereka akan sangat bergantung pada produk teknologi yang satu ini, karena sebagai penunjang untuk kebutuhan aktivitas ataupun pekerjaan.

Hampir seluruh pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, pasti pernah menggunakan dan mengetahui dengan pasti cara pengoperasian printer.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu saja biasanya akan berdampak baik pada kemajuan teknologi, salah satu perkembangan terkini yang hasil produknya tidak boleh diremehkan adalah printer 3D. Yuk, mari disimak beberapa ulasan mengenai produk teknologi yang satu ini.

1. Printer 3 Dimensi

Printer 3D

Printer 3D via http://www.teknimo.com

Pernahkah kamu memimpikan gambar yang ada pada layar komputer kamu dapat dicetak bukan hanya dalam lembaran secarik kertas seperti pada umunya, melainkan dicetak menjadi rupa barang utuh ?

Impian ini sudah menjadi kenyataan lho. Kini kamu bisa mencetak suatu objek yang ada di dalam komputer kamu dalalm bentuk rupa benda 3 dimensi.

Nah, untuk cara kerja printer 3D ini, juga tidak jauh berbeda kok dengan printer-printer pada umumnya yakni mencetak hasil olahan dari komputer.

2. Beberapa Contoh Produk yang Bisa Dihasilkan dari Printer 3D

a. Mencoba Kreasi Membuat Pizza dengan Printer 3D

Mencoba Kreasi Membuat Pizza dengan Printer 3D

Pizza via https://practicallyserious.files.wordpress.com

Siapa yang tidak suka pizza ? makan pizza sekarang akan semakin mudah bila printer 3D yang dikenal dengan sebutan food printer sudah mulai banyak digunakan.

Printer makanan atau food printer ini bisa digunakan untuk membuat adonan makanan, memanaskan makanan, serta bisa digunakan untuk menambahkan atau mencampurkan adonan dengan saos tomat maupun krim keju. Hmm kebayang kan gimana mudahnya mau makan pizza aja, kalau udah ada alat yang satu ini ?

b. Semua Bisa Membuat Drone dengan Bantuan Printer 3D

Semua Bisa Membuat Drone dengan Bantuan Printer 3D

Drone via http://www.bestdronedepot.com/

Drone yang biasa dikenal dengan sebutan pesawat tanpa awak merupakan salah satu bukti dari perkembangan kecanggihan teknologi.

Beberapa manfaat drone yang saat ini sudah banyak digunkan seperti untuk membantu saat pertempuran di bidang militer, membantu distribusi obat serta peralatan kedokteran di area bencana, membantu untuk penyebaran pupuk serta pestisida di bidang pertanian dsb.

Mengingat manfaat drone yang sangat membantu aktifitas manusia, maka akan semakin lebih menarik bukan bila kita bisa membuat drone sendiri. Nah, saat ini kamu sudah bisa membuat drone sendiri dengan bantuan printer 3D.

Meskipun drone buatan printer 3D masih memiliki kekurangan, seperti kecepatan dan waktu penggunaan yang masih terbatas kamu tetap bisa menggunakan drone ini untuk membantu aktifitas kamu.

Tetapi, who knows ? dalam beberapa tahun ke depan, seiring dengan perkembangan dunia teknologi, kekurangan drone buatan printer 3D tentu bisa diatasi dengan mudah.

Pembuatan drone berbahan plastik ini juga tidak akan memakan waktu yang lama lho, hanya beberapa menit, setelah itu drone yang kamu buat sudah siap untuk digunakan.

c. Saatnya Membuat Mini – Me!

Saatnya Membuat Mini – Me!

Mini – Me via http://www.3dprintandproject.it/

Salah satu hal unik yang bisa dilakukan printer 3D ini adalah mencetak replika diri kamu sendiri.

Cara pembuatannya bagaimana? cukup mudah kok, kamu hanya tinggal berpose layaknya kamu sedang di foto tetapi tetap ada yang berbeda lho antara pengambilan gambar untuk foto biasa dengan pengambilan gambar untuk pembuatan mini-me yaitu pada kamera yang digunakan.

Tentu saja untuk membuat mini-me kamera yang digunakan harus kamera dengan teknologi yang canggih, yang bisa menyatukan potongan gambar kamu serta menjadikan gambar kamu menjadi gambaran 3D.

Setelah mendapatkan gambaran kamu yang 3D, maka langkah terakhir untuk membuat mini-me adalah memprosesnya dengan printer 3D. Pada dasarnya printer 3D ini bisa membuat replika sesuai dengan keinginan kamu, jika hanya ingin bagian kepala saja juga bisa lho, hebat bukan!

d. Cara Praktis Membuat Mainan Anak dengan Printer 3D

Cara Praktis Membuat Mainan Anak dengan Printer 3D

Mainan Anak via http://3dprintingindustry.com/

Beberapa mainan plastik untuk anak-anak juga bisa dihasilkan dengan proses penggunaan Printer 3D. Kemudahan untuk memilih dan menentukan bahan-bahan yang akan digunakan tentu saja akan membuat kamu merasa aman untuk membuat mainan anak dari printer 3D ini.

Apalagi jika kamu sebagai orangtua, tentu saja kamu akan lebih selektif dalam memilih mainan-mainan yang akan diberikan untuk anak, karena bahan-bahan yang terkandung dalam mainan jika berbahaya bisa mengganggu kesehatan anak.

e. Manjakan Hari Kamu dengan Cokelat Buatan Printer 3D

Manjakan Hari Kamu dengan Cokelat Buatan Printer 3D

Cokelat via https://i.ytimg.com

Kamu penggemar cokelat ? kamu bisa dimanjakan juga lho dengan alat canggih yang satu ini, selain mencetak replika gambar menjadi sebuah objek gambar yang menyerupai. Ternyata, printer 3D ini juga bisa digunakan untuk membuat cokelat, hmm yummy!

Karena keahliannya untuk membuat cokelat, printer 3D yang satu ini dilabeli dengan nama cocoJet printer. Sebelum membuat kamu juga harus melelehkan coklat dahulu ya, ini digunakan untuk mengisi alat suntik yang ada di printer cocoJet kamu.

f. Siap Membangun Rumah Super Praktis ?

Siap Membangun Rumah Super Praktis

Rumah via http://canprint3d.com/

Hal menakjubkan lain yang bisa dihasilkan dari mesin pencetak 3 Dimensi ini adalah rumah. Jadi, ada dua perusahaan arsitek Belanda, yang mempunyai harapan untuk menjadi pionir yang berhasil mencetak rumah siap huni pertama di dunia dari printer 3D, mereka adalah DUS Architects dan Universe Architecture.

Demi mewujudkan harapan mereka, DUS Architects dan Universe Architecture merakit sendiri sebuah printer 3D. Mereka memperkenalkan produk mereka dengan sebutan “Kamer Maker” atau “Pembangun Ruangan”.

Mesin dengan ukuran ketinggian yang bisa mencapai enam meter ini merupakan salah satu printer 3 dimensi terbesar di dunia lho dan bisa dibilang cukup besar bila digunakan untuk mencetak sebuah ruangan yang utuh. Bisa kebayang kan ya, seberapa besarnya printer 3D yang satu ini ?

3. Kelebihan dan Kekurangan Printer 3D

Namanya sebuah produk, tentu saja pasti ada kelebihan dan kekurangan, baik yang langsung bisa dirasakan oleh pengguna maupun yang tidak bisa langsung dirasakan oleh pengguna.

Nah, sebagai konsumen yang pintar, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari printer 3D ini. Baiknya hal ini perlu kamu ketahui, sebelum kamu membeli produk canggih yang satu ini ya, supaya kamu tidak merasa rugi setelah melakukan pembelian.

a. Kelebihan dari Penggunaan Printer 3D, diantaranya yaitu :

  • Printer 3D dapat digunakan untuk mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus, jadi kamu bisa membuat benda dan langsung dapat mewarnai benda yang kamu buat tersebut, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk mewarnai atau mengecat secara manual lagi.
  • Printer 3 D dapat digunakan untuk membuat suatu objek yang tingkat kerumitannya tinggi, ketika objek yang akan kamu print terlihat rumit jika harus dibuat dengan manual, jangan ragu untuk menggunakan printer 3D ini ya.
  • Apabila ada kesalahan gambar pada scanning bisa langsung diperbaiki dan diubah sesuai dengan keinginan kamu.
  • Lebih mudah digunakan, bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan printer tipe-tipe keluaran yang sebelumnya, tentu tidak akan kesulitan untuk menggunakan printer 3D ini, why ? karena pada dasarnya cara pengoperasiannya hampir sama.

Selanjutnya, berikut beberapa kekurangan dari penggunaan printer 3D. Poin-poin kekurangan ini bisa kamu jadikan pertimbangan juga ya, sebelum kamu berniat untuk membeli produk ini.

b. Kekurangan dari Penggunaan Printer 3D, diantaranya yaitu :

  • Mengurangi Daya Kreatifitas Free Hand.
    Berkat kemajuan dan kemudahan teknologi salah satunya dengan munculnya printer 3D , tentu saja selain membantu disisi lain juga akan mengurangi kreatifitas free hand. Hal ini dikarenakan para pegrajin pasti akan menggunakan cara termudah, sehingga kreatifitas yang mereka miliki lambat laun akan hilang karena tidak terasah.
  • Mengurangi Tenaga Kerja Pengrajin.
    Karena sudah terbantu dengan kehadiran printer 3D, tentu saja jumlah tenaga yang dibutuhkan pun akan berkurang. Hal ini dikarenakan hampir semua bagian produksi kerja bisa diselesaikan dengan bantuan printer 3D ini.
  • Menimbulkan Kemalasan Pada Masa Mendatang.
    Kemudahan berkat bantuan teknologi akan berdampak pada kinerja dari pekerjanya, karena terbiasa serba instan dan mudah. Hal ini akan menyebabkan rasa malas sehingga bila dialihkan kepekerjaan manual biasanya sudah tidak mau lagi.

4. Kisaran Harga Printer 3D

Awalnya penggunaan printer 3D dulu sangat terbatas, karena hanya bisa digunakan untuk pemakaian pada skala industri maupun perusahaan saja. Namun sekarang, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa membeli sendiri printer 3D ini dan menggunakannya untuk keperluan pribadi kamu.

Harga yang ditawarkan untuk printer 3D ini juga sangat bervariasi. Harga satu buah printer 3D ini bisa dimulai dari kisaran 10 juta bahkan hingga ratusan juta, semua tergantung dari keunggulan dari masing-masing tipe printer 3D ya. Semakin besar keunggulannya tentu saja akan semakin mahal.

Harganya tentu masih sangat mahal jika dibandingkan dengan printer-printer pada umumnya, tetapi jika melihat dari kegunaannya, tentu tidak akan membuat kamu kecewa dan menyesal.

Pada intinya, printer 3D ini dapat digunakan dalam membuat bentuk apapun, selama objek sumber dapat dipetakan dalam pemetaan 3D lho ya. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk membeli printer 3D ini?

kecanggihan printer 3d kelebihan dan kekurangan printer 3d kisaran harga printer 3d teknologi printer 3d

No related post!

Leave a reply

20 − 7 =