10 Hal Sederhana Ini Akan Membantumu Meningkatkan Kreatifitasmu!

630 views

Apakah kamu merasa dirimu seorang yang kreatif? atau justru kamu merasa dirimu merupakan seseorang yang kurang kreatif? Apapun jawabanmu sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa meningkatkan daya kreatifitasmu.

Mungkin kamu sering bahkan selalu berpikir jika kreatifitas hanya milik dari sebagian orang saja, misal seperti ilmuwan, penulis, atau artis. Tapi ketahuilah, sebenarnya kreatifitas adalah suatu kemampuan alami yang dianugerahkan dari sang maha pencipta kepada setiap makhluk ciptaannya. Siapa saja mampu memiliki kreatifitas tinggi jika ia menginginkannya.

Kreatifitas itu mirip dengan otot kita, bila tak dilatih serta gunakan dengan baik maka perlahan otot akan mulai kehilangan kekuatannya. Nah, untuk menjadi orang yang kreatif, maka kamu perlu melatihnya dan tidak perlu harus memiliki kecerdasan atau IQ yang tinggi. Karena banyak juga orang dengan IQ yang tinggi tetapi tetap saja tak bisa melakukan apapun untuk menjadikan hidupnya jauh lebih baik.

Hal tersebut bisa terjadi karena mereka hanya bekerja dalam pekerjaan yang tak mereka sukai, mereka bekerja karena terpaksa, alhasil mereka bekerja semata hanya untuk gaji dan secara tak langsung mereka bekerja di level yang jauh di bawah potensi yang mereka miliki. Sedangkan kecerdasan hakekatnya berhubungan dengan cara kamu bergerak dan bertindak.

Kamu bisa mengetahui kualitas kejeniusan atau kecerdasanmu yang diukur melalui 3 hal mendasar. Yang pertama adalah Open Minded-ness. Dengan semakin terbuka cara berpikirmu, maka akan semakin terbuka pula kamu akan ide baru serta dalam pemecahan suatu masalah.

Kemudian yang kedua adalah kemampuan konsentrasi pada sebuah masalah. Di mana kamu harus mempunyai kemampuan untuk fokus pada sebuah masalah yang kamu hadapi. Selanjutnya yang ketiga adalah kemampuan memecahkan masalah dengan sistematis.

Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan kreatifitas? Nah, beberapa langkah mudah berikut ini bisa kamu coba demi meningkatkan kreatifitasmu dalam berbagai hal termasuk dalam menyelesaikan masalah yang membelitmu.

Ubah Cara Berpikirmu dari Negatif ke Positif

Selalu berpikir yang positive

Selalu berpikir yang positive via www.rewireme.com

Semakin positif cara berpikirmu maka akan membuatmu makin percaya diri serta optimis saat menghadapi suatu permasalahan. Selanjutnya kamu akan makin kreatif dalam menemukan solusi untuk segala permasalahan yang kamu hadapi. Biasakan untuk selalu berfikir jika masalah yang kamu hadapi merupakan kesempatan buatmu untuk menjadi yang lebih baik.

Tulis dengan Detail Situasi Kesulitan yang Tengah Kamu Hadapi

Rumuskan tentang segala keresehanmu

Rumuskan tentang segala keresehanmu via amazonaws.com

Tulis segala sesuatu yang berkaitan dengan kesulitan yang kamu hadapi, Apa yang membuatmu tertekan? Apa yang kamu kuatirkan? Apa yang membuatmu tak bahagia? Hal tersebut bukan berarti kamu harus berpikir negatif, namun dengan menulisnya maka selanjutnya kamu akan mulai berpikir untuk segera mencari solusi dari permasalahan yang kamu alami tersebut.

Dengan menulis tentang segala permasalahan yang kamu hadapi kamu bisa mencari bagaimana solusi yang terbaik untuk menghadapai masalahmu. Merumuskan masalahmu dengan menulis juga bisa menambah daya kreatifitas sebab otak akan terus mencari apa saja solusi yang tepat untuk mengatasi masalahmu.

Jangan Segan Untuk Selalu Bertanya

perbanyak bertany pada diri sendiri

perbanyak bertanya pada diri sendiri via http://quickbase.intuit.com

Janganlah terlalu cepat puas akan jawaban singkat mengenai permasalahan yang kamu hadapi. Berlatih untuk menjawab sendiri suatu permasalahan serta pertanyaan dari sudut pandang yang lain juga sangat diperlukan.

Misalnya saja bisnis yang kamu rintis sedang mengalami penurunan, pikirkan kenapa bisa menurun? mengapa penjualannya bisa menurun? apa akibat makin banyaknya kompetitor? atau karena produkmu sendiri yang makin menurun kualitasnya? Semakin banyak pertanyaan yang bisa kamu buat, maka akan memacumu untuk makin kreatif dalam mencari solusinya.

Definisikan Batasan dan Buat Solusi alternatif

Sadar akan keterbatasanmu dan carilah solusinya

Sadar akan keterbatasanmu dan carilah solusinya via www.learndirect.com

Kamu harus mampu untuk mengidentifikasikan apa saja yang menghambat dan menjadi batasanmu untuk segera menyelesaikan permasalahan yang kamu alami. Kemudian yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari alternatif-alternatif solusi yang sesuai dengan batasanmu.

Lakukan Keputusan yang Kamu Ambil

lakukan hasil keputusanmu

lakukan hasil keputusanmu via strengthrunning.com

Segera lakukan keputusan yang paling baik dari sekian alternatif solusi yang kamu buat. Pilihlah keputusan yang paling baik setelah kamu membandingkannya dengan beberapa alternatif lainnya.

Buatlah Planning cadangan

Pikirkan planning lainnya

Pikirkan planning lainnya via http://erikanapoletano.com

Buatlah suatu langkah yang bisa segera kamu ambil bila nyatanya keputusan paling baik yang telah kamu ambil tak berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Kamu harus menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi bila hasil dari evaluasi keputusan terbaikmu tak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan awalmu.

Tetapkanlah Satuan Pengukuran Dalam Setiap Keputusanmu

Kamu harus menetapkan ukuran guna mengetahui perkembangan dari pencapaian tujuan awal yang kamu tetapkan. Misalnya saja ukuran kesuksesan mu adalah mampukah kamu menciptakan sesuatu yang baru, membutuhkan berapa lama kamu menciptakan hal tersebut dan bagaimana respond dari orang lain dengan apa yang kamu ciptakan.

Menentukan ukuran atau takaran hasil keputusanmu yang kamu ambil ini sangatlah penting. Hal tersebut tentu saja sangat perlu dilakukan karena bagaimana caramu untuk bisa mengetahui jika kamu sebenarnya sudah sukses? Dengan demikian, jika kamu memang belum sampai pada takaran atau ukuran keberhasilanmu maka kamu bisa mengubahnya lagi dan mencari jalan yang lain.

Kamu Harus Mau Menerima Konsekuensi dari Keputusan Yang Sudah Kamu Buat

Ya, kamu harus mau dan kudu berani untuk menghadapi apapun resiko serta hasil yang kamu dapatkan sebagai hasil dari keputusan yang sudah anda buat. Untuk melakukan hal tersebut memang diperlukan sebuah kedewasaan dalam menyikapi suatu hasil dari keputusan. Oleh karena itu pikir matang-matang dan jelilah melihat segala konsekuensi yang kamu ambil.

Hal ini bisa meningkatkan daya kreatifitasmu sebab kamu harus pintar untuk menganalisa tentang konsekuensi yang kamu ambil. Dan ketahuilah juga jika menerima suatu hasil dari keputusan yang kita ambil juga memerlukan satu tips khusus yang akan membuatmu

Tentukan Deadline

Kamu juga harus menentukan deadline untuk masing-masing tujuanmu. Misalnya jika kamu ingin agar tahun depan mempunyai penghasilan sebesar 120 juta per tahun. Maka yang harus kamu lakukan adalah kamu mesti membreak-down semua yang kamu lakukan tiap bulan, tiap hari, tiap jam, dan bahkan tiap menit untuk bisa mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan tersebut.

Kamu harus Take Action

selalu bertindak untuk tujuanmu

selalu bertindak untuk tujuanmu via www.davemhuffman.com

Ya, bertindaklah, sibukkanlah dirimu dan teruslah bergerak. Setelah menentukan prioritas tujuanmu. Makin cepat dan makin jelas tujuanmu, maka akan semakin kreatif dirimu dalam mencapai tujuanmu.

Kamu juga akan memiliki makin banyak energi serta waktu untuk belajar. Dan semakin banyak belajar tentu akan makin cepat kamu bisa mengembangkan kapabilitas dirimu dan mencapai segala sesuatu yang jauh lebih baik untuk masa depanmu.

Seseorang yang ingin meningkatkan kreatifitas dalam dirinya memang perlu melakukan beberapa hal dan berani untuk mengerjakan beberapa hal yang bahkan sama sekali belum pernah dia lakukan. Tentu saja tak sedikit yang menyangka jika kreatifitas hanya dibutuhkan dalam hal seni saja, padahal faktanya kreatifitas dibutuhkan dalam setiap hal dalam kehidupan ini.

Pada kenyataannya kreatifitas akan sangat dibutuhkan tidak hanya untuk menciptakan sebuah karya melainkan untuk menghadapi permasalahan dalam hidup. Pasalnya untuk menghasilkan sebuah ide maka akan sangat diperlukan kreatifitas. Misalnya saja saat seseorang tengah menghadapi masalah, tak sedikit yang justru bingung tak tahu harus berbuat apa karena dia tak bisa mencari solusi untuk masalahnya karena dia tak kreatif.

Jadi, apakah kamu masih enggan untuk meningkatkan kreatifitas dalam dirimu?

berpikir positif meningkatkan kreatifitas menjadi orang kreatif

Baca Juga

Leave a reply

sixteen − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.