10 Tips Mengatasi Rasa Kantuk di Kelas Yang Membosankan!

470 views

Sebagai seorang mahasiswa, salah satu masalah yang dihadapi ketika sedang belajar di dalam kelas adalah rasa kantuk. Entah karena kamu kurang tidur, ataupun karena pelajaran atau cara mengajar dosen yang membosankan.

Tertidur di kelas bukan saja membuatmu ketinggalan pelajaran, tetapi juga akan membuat dosenmu marah, dan kamu akan menjadi bahan olok-olokan temanmu. Untuk mengatasi rasa kantuk di kelas, berikut 9 cara yang dapat kamu lakukan:

Duduk paling depan

Duduk di depan

Duduk di depan via studyvacationusa.com

Duduk paling depan akan membuatmu lebih waspada. Dosenmu akan cepat tahu jika kamu mengantuk, sehingga ketegangannya akan bertambah. Selain itu, kamu pasti akan mencari berbagai cara agar tidak sampai tertidur.

Mencatat

Mencatat pelajaran

Mencatat pelajaran via www.iser.essex.ac.uk

Mencatat kembali apa yang disampaikan dosen adalah salah satu cara mengatasi rasa kantuk. Meskipun nantinya kamu bisa mendapatkan materinya di buku paket atau bahan presentasi dosen, tetaplah mencatat. Kamu memaksa bagian tubuhmu yang lain untuk bekerja, sehingga mau tidak mau konsentrasimu akan membuatmu terjaga.

Cobalah untuk bertanya

Bertanya

Bertanya via stmedia.startribune.com

Carilah bahan untuk bertanya. Hal apa yang masih membuatmu bingung, dan belum kamu pahami. Interaksimu dengan dosen akan membuat rasa kantukmu sedikit berkurang.

Tempelkan tissue basah di mata

basah di mata

Menempelkan tissue basah di mata via makeupmattersbylnc.blogspot.com

Kamu bisa juga mencoba cara yang satu ini. Yaitu membasahi matamu dengan tissue basah. Biasanya cara ini lumayan ampuh.

Makan permen

Makan permen

Makan permen via www.npr.org

Makan permen pedas juga dapat sedikit menghilangkan kantukmu. Sediakan permen jahe atau permen kopi ketika ada kelas. Makanlah permen tersebut ketika kamu merasa mulai mengantuk.

Minum air

Minum

Minum via www.balletformeandyou.com

Ketika minum air, kamu akan melakukan aktivitas lain selain duduk dan mendengarkan. Sehingga rasa kantukmu dapat berkurang sedikit. Sebagian besar dosen tidak akan keberatan jika siswanya minum air putih di kelas.

Cubit-cubitan sama teman

Bercanda di kelas

Bercanda di kelas via stmedia.startribune.com

Jika kamu duduk di samping teman dekatmu, suruhlah dia untuk mencubit lenganmu. Jika perlu minta dia untuk melakukannya tiba-tiba, sehingga rasa kaget dan sakit akan menghilangkan kantukmu. Tapi jangan sampai gaduh ya.

Carilah materi yang sedang diajarkan di internet

Online

Online via thirdforcenews.org.uk

Jika memungkinkan, berselancarlah di internet. Tetapi agar tidak ketinggalan, bukalah internet untuk mencari referensi-referensi kuliah yang sedang berlangsung. Berselancar di internet akan membuatmu sedikit refresing dan mengurangi rasa kantuk.

Kerjakan teka-teki silang

Mengerjakan TTS

Mengerjakan TTS via idriwalmayusda.blogspot.com

Mengerjakan teka-teki silang juga dapat menjadi alternatif pilihan. Otak yang berpikir keras akan terhindar dari kantuk untuk beberapa waktu. Selain itu, kamu tidak akan mengganggu dosen atau teman-temanmu.

Minta izin keluar sebentar

Pergi ke toilet

Pergi ke toilet via www.huffingtonpost.co.uk

Jika kamu benar-benar sudah tidak tahan. Mintalah izin untuk keluar sebentar. Berdiri, berjalan dan menggerakkan tubuhmu akan cukup mengurangi rasa kantukmu. Jika perlu, pergilah ke kamar mandi untuk membasuh wajah.

9 tips di atas dapat sedikit menolongmu, tetapi kamu harus tetap menyelesaikan akar permasalahannya. Entah karena begadang, tidak pernah berolahraga, atau asupan nutrisi yang kurang. Jika kamu terus-terusan merasa ngantuk padahal tidurmu cukup, kamu perlu mengkonsultasikan hal ini pada ahli kesehatan.

cara hilangkan rasa ngantuk melawan rasa ngantuk ngantuk di kelas

Baca Juga

Leave a reply

six + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.