10 Tips Untuk Kamu yang Susah Membangun Motivasi Diri!

485 views

Pernah memikirkan masa depan? Pernah memikirkan apa yang akan kalian lakukan untuk mencapai masa depan yang cerah dan jauh dari madesu? Semua orang (harusnya) pernah memikirkan itu. Saat kalian beranjak dewasa, maka masa depan akan jadi urusan penting.

Apa yang ingin kalian capai di masa depan? Kalau saya jawabannya banyak. Kenapa banyak? Ya, bayangkan saja, kalian hidup sudah belasan tahun bahkan puluhan tahun, pasti banyak keinginan yang ingin kalian penuhi, kan? Wajar, kan kalau jawaban saya “banyak”?

bekerja keras untuk impian yang tinggi

Work Hard Dream Big via katamotivasi123.blogspot.com

Apa kalian pernah memikirkan motivasi untuk menuntun ke masa depan? Halah, motivasi itu yang biasanya diadakan sebelum ujian nasional gitu, kan? Yang bikin nangis menye tidak jelas gitu, iya kan?

Bukan! Masa iya, motivasi untuk diri kalian sendiri harus menggunakan video atau kata-kata yang menyentuh hati kalian? Motivasi untuk diri kalian sendiri menuju masa depan cerah, ya harus motivasi yang membakar semangat! Kalau membuat air mata keluar, bukan motivasi kalau menurut saya.

Motivasi merupakan suatu alasan yang menjadi dasar seseorang dalam berbuat sesuatu. Dengan kata lain, motivasi adalah alasan kalian melakukan sesuatu. Apabila motivasi kalian tinggi, maka kalian memiliki alasan kuat untuk mencapai apa yang kalian inginkan.

Oke, terlalu banyak pengantar, pasti bosan. Saya akan beri kalian tips membangun motivasi diri. Kenapa harus dibangun? Supaya kalian punya motivasi diri dan terarah, tidak ngelantur kemana-mana dan ujungnya madesu. Say no to madesu dan berikut 10 tips membangun motivasi diri.

Niat

Ibadah saja pakai niat, masa mau membangun motivasi diri tidak ada niatnya. Tidak perlu niat yang aneh-aneh. Cukup niat ingin memperbaiki diri dan mencapai masa depan cerah saja sudah well. Mantapkan hati dan pikiran untuk menjadi lebih baik, jangan menyerah hanya karena lelah.

Ciptakan Sensasi

Ciptakan sesuatu untuk membangun semangat dalam diri kalian. Dari semangat, akan menyalur menjadi pikiran positif dan motivasi kalian terbangun. Kalian bisa menciptakan sensasi dengan membuat suatu target seperti, besok kalian ulangan fisika, harus mendapat nilai di atas 80, maka semangat belajar kalian akan terpacu dengan sendirinya.

Kembangkan Terus Tujuan Kalian

Kalian hidup punya tujuan, kan? Kalian membaca ini juga memiliki tujuan, kan? Nah, kembangkan tujuan kalian itu, kembangkan menjadi sesuatu yang lebih besar lagi untuk diperjuangkan dan dituju. Dengan begitu, motivasi dan semangat kalian akan terbangun dengan sendirinya.

Berpikir Positif

berpikir positif

berpikir positif via www.uptitude.it

Pikiran yang positif akan membawa raga kalian melakukan hal-hal positif juga. Kalau yang kalian lakukan semuanya positif, maka jalan menuju tujuan kalian akan lebih lancar. Motivasi kalian akan tumbuh dengan sendirinya karena hal positif yang terus muncul dalam diri kalian. Percayalah dan cobalah!

Tinggalkan Teman yang Tidak Perlu

Ketika kalian memiliki tujuan, kalian perlu teman yang dapat mendorong kalian mencapai tujuan tersebut. Apabila, teman kalian justru tidak membantu atau malah menjatuhkan semangat dan motivasi kalian, tinggalkan saja. Kalian hanya membuang-buang waktu dengan mereka yang tidak mau melihat kalian berhasil.

Hampiri Bayangan Ketakutan

Takut? Jangan dihindari, tapi didatangi dan dihadapi. Jangan jadi pengecut untuk mencapai sebuah impian atau tujuan. Saat kalian menantang rasa takut itu untuk sesuatu yang besar di balik itu, maka motivasi kalian akan terbangun dan mendorong kalian untuk lebih semangat melawan rasa takut itu.

Ucapkan “Selamat Datang” Pada Setiap Masalah

Selamat datang masalah

Selamat datang masalah via female.kompas.com

Masalah pasti selalu ada dalam hidup kita. Entah masalah besar ataupun masalah kecil. Pernah kalian bayangkan, bagaimana hidup tanpa masalah? Bagi saya, itu akan sangat membosankan karena hidup kalian akan datar-datar saja dan kalian tidak akan berkembang tanpa masalah.

Apa salahnya menyambut masalah dengan hangat dan positif? Saat kalian menerima masalah dengan senang hati, maka diri kalian akan termotivasi untuk segera menyelesaikan masalah itu. Masalah merupakan kerikil atau batu besar yang menghalangi kalian menuju sukses dan perlu untuk dilewati.

Mulailah dengan Rasa Senang

Kalau kalian mau memulai sesuatu, mulailah dengan rasa senang. Jangan malas bahkan enggan memulai. Dari rasa senang itulah, kalian akan mendapat motivasi untuk mencapai sesuatu yang kalian inginkan atau tergetkan. Motivasi selalu muncul kalau kalian berada dalam posisi optimis atau positif.

Berlatih dengan Keras

Kalau kata JKT48 “usaha keras itu tak akan mengkhianati”. Sederhana, kalian harus mau berusaha lebih keras untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan. Jangan harap, sesuatu yang kalian inginkan akan datang dengan sendirinya tanpa usaha. Motivasi dalam diri kalian akan muncul bersamaan dengan usaha kalian. Semakin besar usaha kalian berarti motivasi kalian semakin kuat.

Jangan Takut Gagal

jangan takut gagal

jangan takut gagal via simomot.com

Ini penting yaa. Kenapa penting? Kalau diawal kalian sudah takut akan gagal, percaya atau tidak, tidak ada motivasi yang terbangun dan malah nyali kalian yang menciut. Lalu, kapan tujuan kalian tercapai kalau takut gagal?

Pasanglah mindset jangan takut gagal. Karena, kalau kalian berani mengambil resiko, semangat dan motivasi akan tumbuh dengan sendirinya dan membawa kalian kepada keberhasilan atas usaha kalian. Senang kan kalau bisa seperti itu? Ingat, jangan takut gagal! Gagal menjadikan kalian lebih kuat, guys!

Mengapa Kita Harus Memiliki Motivasi?

mengapa kita harus memiliki motovasi

mengapa kita harus memiliki motovasi via ideasik.com

Kalian hidup pasti punya tujuan, kan? Untuk mencapai tujuan itu butuh usaha, kan? Dari usaha yang kalian lakukan, pasti akan ada motivasi yang mendorong kalian, kan? Dengan motivasi itu, semangat dan kegigihan akan terbentuk. Bahkan, manfaat dari suatu motivasi akan kalian rasakan.

Hambar rasanya usaha tanpa motivasi. Tidak ada orang yang mau berusaha keras tanpa adanya suatu motivasi. Maka dari itu, motivasi itu penting dalam hidup kita. Jangan pernah menganggap sepele motivasi, guys. Motivasi mendorong kita untuk mau berusaha lebih lagi.

Membangun motivasi itu mudah, kan? Tinggal bagaimana kalian menanggapi tips yang sudah diberikan dan bagaimana kalian melakukannya. Jangan malas untuk mencoba. Jangan harap sukses akan datang tanpa usaha. Usahalah semaksimal mungkin dan berdoa.

Tambahan untuk kalian, jangan pernah lupa untuk selalu berdoa. Percuma kalau kalian sudah berusaha keras tapi tidak disertai doa agar dilancar oleh Sang Maha Kuasa. Tuhan tetap nomor satu, ya guys. Kalian bisa merencanakan, tapi Tuhan lah yang berkehendak.

Oke, sekian pengertian, manfaat, dan tips dari saya. Jangan lupa untuk mencoba karena mencoba itu tidak salah. Siapkan niat dan tekad untuk mencoba tips ini agar apa yang kalian inginkan tercapai. Good luck guys!

motivasi sukses pikiran positif tips membangun motivasi diri

Related Post

Leave a reply

20 − 4 =