11 Tips Hebat yang Dapat Membantu Kamu dan Pasangan Menjaga Hubungan LDR!

Bukan cuma para jomblo yang biasa diledek karena nggak punya pasangan saat malam mingguan. Pasangan yang tengah menjalani hubungan jarak jauh alias LDR (Long Distance Relationship) juga kerap menjadi bahan guyonan di sosial media. Kamu pasti pernah baca meme-meme iseng perbedaan orang pacaran, LDR, dan jomblo. Tetap saja kadang nasib pasangan LDR rasanya sama mengenaskannya dengan para jomblo.

Long-distance quote

Long-distance quote via Thinkstock

Jika dibandingkan, orang pacaran, pasangan LDR, dan jomblo memiliki hal tertentu yang memang tak bisa disatukan. Kamu yang punya pacar tentu wajib bersyukur karena bisa kapan saja menemui kekasihmu. Beda dengan yang sedang LDR karena harus menyusun jadwal tertentu untuk ketemuan, memastikan agar komunikasi tetap terjaga baik, juga harus sering-sering menelepon atau sekadar SMS-an dengan si dia.

Menjaga hubungan jarak jauh dengan pasangan bukanlah hal yang mudah. Semua orang tahu hubungan jenis ini memiliki banyak risiko dan tantangan. Namun, ketahuilah kalau segala masalah yang menghadangmu saat menjalani hubungan ini justru akan menguatkan dirimu. Nah, simak 11 tips hebat untuk menjaga hubungan LDR di bawah ini. Distance is not all that matter!

Gunakan layanan pos!

menulis surat atau kartupos

menulis surat atau kartupos via Thinkstock

Mungkin ini kedengarannya sangat klasik atau kuno, namun ketika pacarmu tinggal di kota lain selama beberapa bulan, mengirimkan surat atau kartu pos melalui layanan pos bisa menjadi ide yang unik dan berkesan. Kalian bisa saling mengirim kartu pos sekali atau dua kali seminggu. Jika kalian mengunjungi toko kelontong kecil yang unik atau lucu atau jalan melewati sebuah toko wisatawan, kalian masing-masing bisa menuliskan pesan konyol di kartu pos dan memasukkannya ke kotak pos pada hari itu juga.

Jangan menjalani kehidupan ganda

Jika kamu dan pasangan bisa bertemu satu sama lain secara rutin, cobalah untuk tidak membeda-bedakan kehidupanmu dengan pasangan dan kehidupanmu dengan teman-teman. Jika begitu, ini akan membuatmu terlihat seperti kamu membuat pilihan antara pacarmu atau temanmu. Percayalah, hal itu tidak akan menyenangkan terutama dari sisi kehidupan pertemananmu.

Teruslah berbagi hal-hal yang menarik pasanganmu

Bicara di telepon

Bicara di telepon via PhotoAlto / Ale Ventura / Getty Images

Kamu bisa membagikan banyak artikel yang menarik baik lewat e-mail ataupun media sosial. Segala sesuatu yang mengingatkanmu padanya bisa kamu bagi dengannya. Kemudian, kamu bisa membicarakan hal-hal itu di telepon dengan pasangan. Surat-surat tua, artikel-artikel yang mungkin kamu tulis pada masa sebelum kamu bersamanya pun bisa menjadi obrolan yang menarik untuk kalian berdua.

Ambil satu langkah mundur

Sebelum kamu memulai pertengkaran dengannya, selalu tanyakan dan yakinkan dirimu sendiri jika kamu melakukan hal ini hanya karena kamu merindukannya.

Hadiah yang bagus adalah kuncinya!

Es krim stroberi

Es krim stroberi via Getty Images

Berikanlah hadiah yang bagus. Jika kalian menjalani hubungan jarak jauh, kamu bisa mengirimkan sesuatu untuk dia melalui pos atau jasa pengiriman paket. Bayangkan jika pada siang hari panas di depan pintumu ada box es berisi 4 kotak es krim stroberi dari pacarmu yang jauh di sana. Memberi hadiah yang bagus tentu akan membuat pasanganmu senang.

Bangun kepercayaan satu sama lain

Kamu tinggal di Yogyakarta, pacarmu tinggal di Jakarta. Atau mungkin juga kalian sudah menjalin hubungan sejak SMA dan dipisahkan karena harus menuntut ilmu di perguruan tinggi di dua tempat yang berbeda. Hal yang paling penting adalah membangun kepercayaan sebelum kalian memutuskan untuk berkomitmen menjalin hubungan jarak jauh. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika dia bertemu gadis lain karena kamu sudah percaya kalau hubungan kalian akan baik-baik saja. Jika tidak ada landasan rasa percaya yang kuat, kamu mungkin akan sering khawatir tentang segala hal.

Tentukan waktu untuk bertemu pada kesempatan berikutnya

tentukan waktu bertemu

tentukan waktu bertemu via Thinkstock

Selalu luangkan waktu untuk hari esok agar kamu dan si pacar bisa bertemu satu sama lain. Tetapkan tanggalnya meskipun bukan tanggal dalam waktu dekat.

Menyibukkan diri tentu bukan masalah.

Stay busy

Stay busy via theamericangenius.com

Saat kamu tinggal jauh dari pasangan, kamu bisa menyibukkan diri membangun karier dan melakukan pengembangan diri. Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengannya sebulan sekali, jadi pada waktu yang tersisa saat kalian harus menjalani hubungan jarak jauh, kamu bisa menyibukkan diri dalam pekerjaanmu, lembur di kantor jika perlu, bahkan bekerja di akhir pekan untuk tetap sesibuk mungkin. Sibuk bekerja sebenarnya bisa menjadi cara yang paling optimal karena kamu bisa mengerjakan proyek-proyek menarik untuk dibicarakan setiap kali kamu berbicara dengan pasanganmu, dan juga secara profesional kamu ikut berkembang dalam suatu cara yang mungkin tidak mungkin dilakukan jika pasanganmu berada di kota yang sama denganmu. Jadi, jarak yang jauh juga bisa menjadi pemicu pencapaian profesional jangka panjang bagi masing-masing dari kalian.

Video chat. Video chat. Video chat.

Video chat

Video chat via GettyImages

Kamu bahkan bisa memasak makanan dan makan bersama melalui video chat. Nggak, itu nggak kedengaran mengenaskan, kok. Sebut saja itu semacam kencan makan malam jarak jauh. Melakukannya secara rutin juga cukup membantu. Kamu bisa tahu kapan dia selesai kuliah atau kerja dan kapan dia ada waktu luang untuk melakukan video chat sebentar. Jadi, kamu bisa memasukkan video chat ke dalam jadwal harianmu.

Tetapkan waktu berakhirnya hubungan LDR. Bunuh rasa cemburu itu. Bertahan dalam hubungan yang dipisahkan oleh jarak hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat.

Relationship

Relationship via GettyImages

Berapa lama lagi kamu dan dia harus menjalin hubungan yang dipisahkan oleh jarak dan bahkan mungkin waktu? Sebuah hubungan jarak jauh tanpa akhir tidak bisa disebut hubungan sama sekali. Jika begitu, kamu lebih cocok punya pen pal (sahabat pena).

Kamu juga jangan mudah tersulut rasa cemburu. Hubungan kalian memiliki dua pilihan yaitu bisa bertahan atau tidak. Jika kamu merasa jengkel setiap kali melihat pasanganmu mengunggah foto-foto di Instagram yang ada lelaki atau wanita lain hadir, bisa saja itu menjadi salah satu penyebab kamu menyimpulkan sendiri kalau hubungan kalian tidak akan bertahan. Semoga kamu bisa menaruh rasa percaya pada pasanganmu, bahkan meski tidak begitu percaya sekalipun, abaikan rasa cemburu itu karena itu tidak akan menolong dan memperbaiki apapun.

Berkonsentrasilah pada fakta kalau ini merupakan hal tersulit yang akan kamu lakukan dalam hubungan kalian. Dengan begitu jika kamu berhasil melalui semua ini, maka kamu benar-benar orang yang kuat.

Berkorban, menghargai, dan berusaha selalu ada

Menjalin hubungan romantisme secara umumnya memang sulit dan menjalani hubungan jarak jauh menambahkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Jika kamu percaya adanya potensi dalam hubungan dengan pasanganmu, kamu pastinya akan memahami pengorbanan, tidak akan menyia-nyiakan hubungan kalian, dan selalu berusaha untuk tetap ada untuk pasangan meski dibatasi oleh jarak dan waktu.

Itulah 11 tips untuk kamu yang saat ini tengah menjalani hubungan jarak jauh dengan pasanganmu. Ingatlah kalau hubungan jarak jauh itu bukan cuma perihal kalian dipisahkan oleh jarak dan waktu. Tentunya dengan komunikasi dan rasa percaya di antara kalian, semua masalah bisa diselesaikan. If it means to be, it will be, right?

hubungan asmara hubungan jarak jauh hubungan percintaan Long Distance Relationship tips LDR asik

Related Post

Leave a reply

15 − eight =