16 Tips Anti-Mainstream Agar Kamu Tetap Semangat Berolahraga!

192 views

Meskipun menyehatkan dan dapat membantumu mendapatkan tubuh yang ideal, berolahraga seringkali menjadi beban yang membuat banyak orang malas melakukannya secara rutin. Padahal, berolahraga secara teratur mempunyai banyak manfaat dan sama sekali nggak ada ruginya. Hayo, kamu termasuk kelompok orang yang malas olahraga bukan ya? Jika iya, cobalah beberapa tips dibawah ini agar semangat berolahragamu tetap menyala.

Beli Sepatu Olahraga yang Kamu Sukai.

Beli sepatu olahraga yang kamu sukai

Beli sepatu olahraga yang kamu sukai via pinterest.com

Memiliki sepatu yang bagus dan kamu sukai terbukti akan menambah semangatmu dalam berolahraga. Jangan ragu untuk membeli sepatu olahraga yang agak mahal karena itu merupakan investasi jangka panjang. Pilihlah sepatu olahraga yang tidak hanya bagus tetapi juga nyaman saat dipakai agar kamu tetap nyaman saat bergerak. Selamat berolahraga, ya!

Berhentilah Memakai Baju Nyaman dan Longgar, Sadarlah Kalau Badanmu Mulai Melebar.

Ketika sudah mulai gemuk dan malas berolahraga, banyak orang mengakali untuk menutupi bentuk tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang longgar. Meskipun tidak lagi terlihat gendut, sadarlah jika semua itu hanya kamuflase dan hal yang seharusnya tidak kamu lakukan. Berkacalah dan lihat betapa malas berolahraga membuat tubuhmu tak seindah dulu lagi. Dengan begitu, semangatmu untuk memulai olahraga akan semakin meningkat.

Cetak Fotomu Saat Masih Kurus, Kemudian Letakkan di Kulkas.

Foto dirimu saat masih kurus dan enak dilihat dapat juga dijadikan motivasi agar tetap semangat dalam berolahraga. Letakkan di tempat strategis yang sering kamu lihat atau bisa juga di tempat kamu biasa mengambil makanan. Dengan begitu, kamu akan teringat untuk berolahraga sebelum makan dalam jumlah yang cukup banyak. Meskipun terlihat aneh, cara ini telah digunakan banyak orang dan terbukti efektif menambah semangat berolahraga, lho.

Buatlah Target Dari Aktivitas Olahragamu.

Saat memutuskan untuk berolahraga, buatlah target yang harus kamu capai dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, dalam sebulan kamu akan turun beberapa kilogram. Atau bisa juga dalam sebulan kamu akan selalu berolahraga lima kali setiap minggunya. Dengan begitu program olahragamu dijamin akan sukses besar deh. Selamat mencoba, ya!

Pilih Olahraga yang Kamu Sukai, Kemudian Tekuni.

Pilih olahraga yang kamu sukai

Pilih olahraga yang kamu sukai via greatist.com

Meskipun banyak sekali jenis olahraga, kamu dapat memilih salah satu jenisnya untuk kamu tekuni. Misalnya saja kamu merupakan tipe orang yang menyukai olahraga bersifat rileks, kamu dapat memilih yoga atau pillates. Atau jika kamu merupakan pecinta seni tari, kamu juga dapat mencoba belly dance. Ingatlah jika olahraga tidak melulu membuatmu menderita tapi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Variasikan Olahragamu!

Ketika sudah mulai bosan dengan olahraga yang kamu lakukan, cobalah untuk memulai olahraga yang lain. Misalnya, saat kamu sudah malas untuk berlari setiap hari, cobalah untuk melakukan senam di sanggar-sanggar senam. Dengan begitu, aktivitas olahragamu tidak akan membosankan. Menarik bukan?

Ajak Temanmu Untuk Olahraga Bersama.

Mengajak teman yang seperjuangan untuk berolahraga bersama akan meningkatkan motivasimu untuk bergerak setiap harinya. Daripada bingung lari sendirian, coba deh hubungi temanmu. Siapa tahu mereka juga ingin olahraga tapi nggak tahu harus lari dengan siapa. Dengan mengajak temanmu untuk olahraga bersama juga akan membuat kalian bisa saling mengingatkan saat rasa malas berolahraga kembali melanda. Jadi ayo, tunggu apalagi?

Beri Penghargaan Bagi Usahamu Sendiri.

Berilah penghargaan pada dirimu sendiri saat telah berhasil memenuhi targetmu berolahraga. Misalnya saja, kamu akan membeli baju baru jika beratmu sudah turun lima kilogram dalam sebulan. Dengan begitu kamu akan terus termotivasi untuk berolahraga karena akan mendapatkan self-reward setelahnya.

Unduh Lagu yang Cocok Untuk Berolahraga.

Agar tidak cepat bosan, unduhlah lagu yang kamu sukai untuk menemanimu berolahraga. Dengan begitu, kamu nggak akan mati gaya saat berlari sendirian. Ini karena bisa kamu lakukan dengan menyanyi kecil ataupun mendengarkan musik favoritmu. Mendengarkan lagu saat olahraga juga terbukti menambah semangatmu, lho.

Tulis Apa Saja yang Telah Kamu Makan.

Agar semakin termotivasi untuk berolahraga, tulislah semua makanan atau minuman yang telah kamu makan seharian. Selain sebagai kontrol, menuliskan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu juga akan membuat motivasimu untuk berolahraga semakin meningkat. Dijamin deh kamu akan mulai eat less and workout more. Semangat ya!

Download Aplikasi Olahraga.

Download aplikasi olahraga

Download aplikasi olahraga via static.lululemon.com

Banyaknya aplikasi smartphone yang dapat kamu unduh untuk berolahraga juga dapat kamu manfaatkan. Aplikasi olahraga ini akan memudahkanmu dalam melakukan aktivitas olahragamu. Selain memudahkan, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan sebagai pengingat saat kamu sudah malas berolahraga. Jadi ayo segera unduh aplikasi olahraga yang sesuai untukmu!

Minta Nasehat Pada Teman.

Mintalah nasehat dari temanmu saat olahraga sudah mulai membebani hidupmu. Katakan pada mereka jika kamu ingin memiliki tubuh ideal dan sehat sehingga kamu butuh olahraga. Dijamin deh temanmu akan terus mengingatkanmu dan kamu akan semakin semangat berolahraga.

Mulailah Dari yang Ringan.

Mulailah berolahraga dari yang ringan. Jangan coba untuk melakukan olahraga ekstrim saat kamu akan memulai berolahraga. Tambahlah porsi olahragamu sedikit demi sedikit sehingga tubuhmu tidak gampang lelah dan semangatmu tidak mengendur. Ingatlah, rutin itu lebih penting daripada memaksakan diri tapi jarang dilakukan.

Jangan Memaksakan Diri.

Jangan paksakan dirimu berolahraga jika tubuhmu tidak kuat menahan beban aktivitas olahragamu. Meskipun ingin mendapatkan tubuh ideal dan sehat, kamu tetap harus mengistirahatkan tubuhmu saat lelah melanda. Ingat, jangan sampai olahraga justru membuat tubuhmu sakit.

Bergabung di Komunitas Olahraga.

Dengan bergabung pada komunitas olahraga, kejenuhan olahraga dapat kamu minimalisir. Sekarang sudah banyak kok, kelompok lari atau kelompok senam yang bisa kamu coba. Selain menambah semangat berolahraga, kamu juga akan menambah banyak teman. Dengan begitu, semangatmu untuk berolahraga tidak akan mudah turun. Semangat ya!

Olahraga di Gunung atau Pantai Bisa Juga Kamu Coba.

Olahraga di gunung atau pantai

Olahraga di gunung atau pantai via wp.nootheme.com

Jika kamu sudah lelah berolahraga di tempat biasa, cobalah untuk berolahraga di tempat unik dan tidak biasa. Kamu bisa mencoba melakukan yoga di gunung atau berlari di pinggir pantai pada pagi hari. Selain meningkatkan semanngatmu berolahraga, melakukan aktivitas olahraga di tempat yang tidak biasa juga dapat menenangkan pikiranmu. Siapa sih yang nggak akan tenang setelah melakukan yoga di tempat sejuk?

Begitulah kira-kira beberapa tips yang dapat kamu gunakan jika kamu ingin aktivitas olahragamu stabil dan menyenangkan. Ingatlah jika tubuh ideal hanyalah bonus atas olahraga yang telah kamu lakukan secara teratur. Jadi, lakukan semampu tubuhmu. Jangan paksakan tapi juga jangan malas ya! Ingatlah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kira-kira apalagi ya tips agar kamu tetap semangat berolahraga? Yuk berbagi di link comment. Happy Workout!

aktivitas olahraga dunia olahraga semangat berolahraga

Related Post

Leave a reply

nine + fifteen =