3 Tips Modifikasi Motor, Biar Kamu Nggak Kalah Keren dan Kece Dari yang Lain!

Modifikasi merupakan hal yang lumrah dilakukan bagi kamu pecinta otomotif. Ada rasa kepuasan tersendiri setelah mengubah performa motor kesayangan, sehingga bisa menambah rasa percaya diri kamu ketika mengendarainya. Biasanya sih hobi ini digilai para pria, namun tak menutup kemungkinan juga jika wanita saat ini ada yang menggemari kegiatan ini.

Merombak motor kesayangan sesuai dengan imajinasi kamu sih sah-sah saja, namun kamu harus tetap memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. Memang butuh budget yang lumayan menguras kantong untuk hobi ini, tapi asalkan kamu puas uang seakan bukan masalah besar bagi kamu ya.

Banyak hal yang melatarbelakangi orang untuk melakukan modifikasi motor. Ada yang sekedar kesenangan pribadi, ada yang agar motor memiliki tarikan yang mantap dan ada juga yang untuk memperkeren tampilan motor itu sendiri. Kira-kira kamu termasuk yang mana guys? Modifikasi motor yang kamu lakukan sebaiknya sesuaikan juga dengan kebutuhan kamu ya.

Hal pertama yang kamu harus ingat dalam modifikasi motor adalah sesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu capai. Dibawah ini ada beberapa tips dan trik modifikasi motor yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum kamu merombak motor kamu.

1. Modifikasi Motor Buat Kamu yang Gila Balapan

Modifikasi Motor Buat Kamu yang Gila Balapan

Modifikasi motor drag via www.yakiniaku.com

Kamu suka menguji adrenalin dan suka memacu motor kamu dengan kecepatan tinggi? Mungkin kamu kurang sreg sama kecepatan standar dari motor kamu. Bisa lho motor kamu dimodifikasi biar larinya kencang.

Biar motor kamu bisa melesat dengan cepat, kamu harus mengubah ukuran standar sepeda motor kamu sesuai dengan kelas drag race dan juga meningkatkan CC mesin motor kamu. Pemasangannya juga harus tepat dan pas, biar motor kamu bisa digunakan dengan baik. Keahlian mekanik disini sangat diperhitungkan guys, jadi pergi ke bengkel motor yang sudah terpercaya ya.

Kamu bisa memperluas lubang pembilasan sehingga lebih banyak gas yang masuk dan kompresi kepadatan gas akan meningkat sehingga tenaga motor kamu meningkat. Tapi jangan terlalu lebar ya, karena nanti bisa menyebabkan mesin rusak.

Kurangi berat piston agar motor kamu bisa bekerja lebih ringan dan laju motor semakin cepat. Kamu bisa lakukan dengan memotong bagian bawah piston untuk mengurangi beratnya.

Roda gigi pada motor belakang kamu diganti deh dengan yang lebih kecil dan ringan, sehingga motor kamu bisa menyeimbangkan kecepatan. Jangan lupa panjang rantai roda kamu kurangi juga.

Kamu juga bisa menambah tenaga listrik pada motor kamu dua kali lipat dari tenaga listrik awal biar laju motor bisa lebih kencang dan bunga api busi lebih besar. Selain itu, penambahan tenaga listrik membuat lampu motor kamu senantiasa menyala.

Sebelum dimodifikasi, ada baiknya kamu tahu kalau motor kamu itu mesinnya layak atau tidak untuk dijadikan motor drag, karena nggak semua motor bisa dilakukan modifikasi semacam ini.

2. Modifikasi Penampilan Biar Makin Kece

Modifikasi Penampilan Biar Makin Kece

Modifikasi motor dengan teknik air brush via jogjaoto.com

Nggak cuma manusia saja yang bisa menjaga penampilan agar menarik. Motor kamu juga bisa dimodifikasi penampilannya agar menarik dan enak dilihat. Nah kamu bisa banget mengapresiasikan imajinasi kamu buat motor kesayangan kamu.

Hal pertama yang menjadi tugas kamu adalah menentukan konsep modifikasi yang kamu inginkan. Kamu bisa pikirkan desain yang bagaimana cocok dan pas untuk motor kamu. Mau yang futuristic, klasik atau berdasarkan fantasi kamu. Kamu bisa menggunakan teknik air brush dengan warna favorit kamu untuk mengganti warna motor kamu. Kamu juga bisa memasang stiker yang sesuai dengan keinginan kamu. Eits, kalau kamu mau, kamu bisa memasang stiker hasil rancangan kamu sendiri.

Kamu mau motor kamu kelihatan lebih macho dan garang? Bisa deh kamu rubah bentuk lampu motor kamu dengan tipe angel eye. Tapi terkadang hal ini mengganggu sistem listrik pada motor. Makanya sebaiknya pemasangannya kamu percayakan pada bengkel yang terbukti oke ya.

Peringatan buat kamu yang mau modifikasi bagian body motor, jangan terlalu banyak memberikan modifikasi pada bagian ini. Hal tersebut bisa bahaya bagi keselamatan kamu karena tidak sesuai dengan standar dari pabriknya.

Kemudian perhatikan juga ban dan velg motor kamu, jangan karena mau gaya kamu jadi mengabaikan keselamatan kamu. Kalau untuk jok motor, kamu bisa merubah posisinya sesuai selera kamu biar tambah keren dan utamakan kenyamanan kamu.

Mau motor kamu lebih keren lagi? Tambahkan aksesoris. Kamu bisa mendapatkannya di toko aksesoris langganan kamu. Biasanya nih, aksesoris yang dijual di toko dibuat oleh pabrik, sehingga sesuai dengan standar. Hati-hati kalau kamu beli dari pihak lain atau membuat sendiri karena tentu saja aksesoris tersebut belum sesuai dengan standar, jadi lumayan beresiko.

Dari keseluruhan modifikasi tampilan yang kamu terapkan untuk motor kebanggaan kamu, hal yang paling penting sih tampilannya harus matching dilihat dari bagian depan, samping dan belakang. Jadi keterampilan seni kamu dipertaruhkan di sini guys.

Eits, jangan lupa! Motor kamu yang penampilannya udah berubah itu sebaiknya kamu urus ijinnya ke kantor polisi, biar kamu bebas dari tilang.

3. Modifikasi Motor Tua Kamu Biar Terlihat Muda Kembali

Modifikasi Motor Tua Kamu Biar Terlihat Muda Kembali

Hasil modifikasi motor tua via duniamodifi.blogspot.co.id

Kalau kamu punya motor tua peninggalan kakek buyut kamu, jangan keburu diloakin guys. Kamu bisa sulap motor butut itu menjadi segar kembali dengan beberapa sentuhan. Motor tua kamu ini bisa tampil sebagai motor yang unik nantinya.

Selain tampak kinclong lagi, harganya pun bisa meningkat loh. Apalagi kalau kamu bertemu dengan penggila motor tua, bisa tuh motor tua kamu ditawar mahal. Biasanya motor tua ini bisa bernilai tinggi karena faktor keunikan dan kelangkaannya.

Sebelum kamu modifikasi motor yang sudah berumur, kamu harus tahu dahulu jenis kerusakan dan jenis mesinnya. Karena ini motor lama, tidak jarang onderdil yang original sudah tidak ada yang menjualnya. Kalau sudah begini, kamu harus menentukan jenis mesin yang sesuai dengan spare part motor kamu itu. Modifikasi mesin haruslah disesuaikan dengan onderdil motor yang kamu punya.

Tapi sebelumnya bisa tuh kamu keliling pasar loak, siapa tahu kamu beruntung mendapatkan suku cadang original motor kamu itu. Untuk bagian body motor, kamu bisa membuat replikanya kemudian memesannya.

Jika dilihat secara teknis dan desain, motor keluaran pabrik sudah memenuhi standar keamanan dan kenyamanan berkendara. Bagi kamu yang tidak puas dengan desain asli dari motor tersebut, dengan sukarela melakukan modifikasi pada kendaraan roda dua kamu. Kamu harus berhati-hati pada modifikasi yang kamu lakukan, terutama pada bagian teknis karena bisa membahayakan keselamatan kamu.

Saat melakukan modifikasi, jangan hanya melihat tampilan yang keren saja, namun kamu harus tetap memperhatikan fungsi dasar dari komponen yang kamu rubah. Jangan sampai fungsi dari komponen tersebut menjadi tidak optimal. Jadi usahakan motor keren dan kece hasil modifikasi kamu tetap aman dan nyaman untuk digunakan agar tidak mengganggu acara berkendara kamu maupun orang lain ya guys.

dunia otomotif pecinta otomotif tips mempercantik tampilan motor tips modifikasi motor tips modifikasi motor tua

Related Post

Leave a reply

14 − 9 =