4 Hal Yang Sangat Nikmat Dalam Lika-liku Kehidupan Sebagai Mahasiswa!

319 views

Keseharian mahasiswa memang sangat berbeda dengan siswa yang tidak diberi embel-embel “Maha”. Yah, sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk selalu produktif dan mandiri. Produktif dalam melakukan berbagai hal entah itu aktif dalam kegiatan organisasi maupun ikut andil dalam berbagai kegiatan positif. Mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tidak bergantung kepada orang lain. Sebagai seorang mahasiswa tentu kegiatan yang didapatkan pun juga berbeda dengan siswa biasa. Mungkin pada saat pertama, kita merasa bebas, banyak libur dan Bebas melakukan banyak hal. Hal seperti itu hanyalah sebuah kamuflase yang ada diawal, lama kelamaan kesibukan akan merambat memasuki keseharian kita, seperti tugas-tugas menumpuk misalnya. Sebagai mahasiswa tentu tugas yang didapatkan pun jauh berbeda dengan siswa biasa, tidak hanya mengerjakan soal lalu dikumpulkan.

Mungkin bila bercerita tentang kesibukan mahasiswa yang akan keluar hanyalah tugas-tugas yang sudah mulai menjamur dan menjerit untuk minta dikerjakan. Tapi, menjadi mahasiswa juga mempunyai berbagai keseruan yang membuat kita merasakan sesuatu yang tak bisa terlupakan. Banyak hal yang bisa dilakukan selain bersama dengan tugas-tugas yang tidak pernah terlepas dari keseharian. Berikut ini ada hal-hal lain yang patut dinikmati sambil refreshing sekaligus mengerjakan tugas-tugas yang berdebu dan menjerit untuk dikerjakan.

Ngopi Sambil Nugas

ngopi sambil ngerjain tugas kuliah

ngopi sambil ngerjain tugas kuliah

Mungkin ada mahasiswa yang lebih nyaman mengerjakan tugas secara ramai-ramai. Untuk kamu yang kuliah di kota-kota yang memang cukup ramai dan dipenuhi oleh mahasiswa seperti Yogyakarta misalnya, pemandangan anak-anak muda yang pergi ke kafe sambil menggendong tas yang berisi buku-buku bukanlah sesuatu yang asing. Yap, mengerjakan tugas dengan ditemani secangkir kopi panas memang pilihan yang tepat untuk kamu yang juga suka ngopi. Tugasmu juga tidak akan terasa hambar seperti pada saat mengerjakannya sendirian di kos. Mungkin kamu juga bersama teman-teman yang senasib, kamu juga bisa sharing tentang tugas-tugas sehingga bisa lebih mudah. Walaupun hal ini juga tidak menjamin tugas-tugasmu akan selesai dengan lebih cepat, karena ditemani dengan teman-temanmu mungkin saja malah terlalu banyak gurauan dan candaan. Tapi, tidak masalah karena hal itulah yang membuat tugas-tugasmu tidak terasa hambar. Selama tugas-tugasmu bisa selesai tepat waktu, tidak apa-apa kan mengerjakannya dengan santai dan diiringi oleh candaan dan gurauan serta secangkir kopi yang siap diseruput pelan-pelan.

Nongkrong dengan Wi-Fi Gratis

cari wifi gratis buat tempat nongkrong

cari wifi gratis buat tempat nongkrong

Sebagai mahasiswa kita tentu juga harus irit terhadap pengeluaran tidak menentu yang tidak cocok dengan kondisi dompet. Salah satu cara yang paling tepat adalah pergi ke tempat-tempat yang menyediakan Wi-Fi secara gratis. Sebenarnya banyak kok tempat-tempat seperti bisa di kafe sambil ditemani secangkir kopi atau di tempat yang memang khusus menyediakan Wi-Fi dengan harga murah. Hal ini jauh lebih hemat daripada harus pergi ke warnet selama berjam-jam tapi cukup dengan sebuah laptop. Disini pun juga bisa sambil mengerjakan tugas-tugas yang memang tidak pernah bisa lepas. Tentu akan lebih menyenangkan apabila disertai dengan teman-teman yang gokil dan merenyahkan suasana. Sambil mengerjakan tugas, sambil download-download yang lain.

Aktif Berorganisasi

aktif berorganisasi sama teman kampus

aktif berorganisasi sama teman kampus

Memang banyak yang bilang kalau dengan berorganisasi akan menjadi lebih sibuk dan tugas-tugas jadi terbengkalai. Mungkin juga benar, mungkin juga tidak. Benar jika memang kamu terlalu over dalam berorganisasi dan menganggap tugas-tugas kuliah adalah hal yang tidak terlalu penting. Salah, jika organisasi tersebut kamu jadikan sebagai tempat refreshing, mencari pengalaman atau mencari teman yang banyak. Kamu mungkin bisa sharing tentang tugas-tugasmu kepada senior yang memang lebih tahu. Jadi, kamu bisa berorganisasi sekaligus mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Berorganisasi adalah hal yang amat penting saat menjadi mahasiswa, karena dari berorganisasi kamu pasti akan mendapatkan banyak pengalaman baru dan bertemu dengan teman-teman baru, kamu mungkin juga akan bertemu dengan mahasiswa yang berasal dari jurusan lain.

Walaupun dalam berorganisasi sering diadakan rapat-rapat atau acara-acara lainnya, kamu juga tidak boleh melupakan tentang tugas-tugas kuliahmu yang mungkin saja menumpuk. Jadi organisasi itu memang penting, tapi tugas-tugas kuliah juga lebih penting, karena aktif berorganisasi tidak akan membuatmu lulus dengan cepat. Namun, dengan ikut atau aktif dalam berorganisasi akan memberikan kamu manfaat untuk kedepannya. Kamu mungkin akan mendapatkan link untuk pekerjaan kamu kedepannya atau untuk study kamu selanjutnya. Apalagi jika kamu menjadi pengurus atau penjadi panitia dalam sebuah acara, hal itu akan membuatmu mendapatkan poin plus dalam mendaftar pekerjaan nanti.

Menunggu Waktu Liburan

Rasanya merdeka kalo lagi libur kuliah

Rasanya merdeka kalo lagi libur kuliah

Waktu liburan untuk mahasiswa lebih lama loh daripada liburan pada saat masih SMA. Kalau saat SMA mungkin hanya libur sekitar dua atau tiga minggu. Kalau mahasiswa bisa sampai dua atau tiga bulan. Jadi, liburan adalah hal yang sangat ditunggu setelah disibukkan dengan berbagai kegiatan kampus dan tugas-tugas yang menggunung. Tapi, bersiap-siap saja karena sebelum liburan biasanya tugas-tugas yang diberikan lebih banyak dan pasti akan ada UAS terlebih dahulu. UAS adalah hal yang penting, karena UAS biasanya memiliki persentase yang besar dalam menentukan hasil dari belajarmu, dan hasil UAS tersebut akan muncul berapa nilai IPK kamu. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang belajar dengan giat sebelum UAS.

“Berenang-renang ke hulu, berakit-rakit ke tepian” setelah bersusah payah dan berjuang keras mengerjakan tugas-tugas dan mengerjakan UAS kamu akan mendapatkan imbalannya, yaitu berupa liburan yang panjang sekitar dua atau tiga bulan. Untuk mahasiswa yang berasal dari luar kota pasti pulang kampung. Namun, dari liburan selama itu sangat disayangkan apabila kamu hanya menganggur di rumah dan hanya makan-tidur, makan-tidur.

Jadi, mahasiswa harus selalu produktif, walaupun saat liburan. Jadi, buatlah liburan panjang mu bermanfaat, bolehlah untuk bemalas-malasan pada awal liburan. Tapi, jangan sampai seluruh liburanmu hanya digunakan untuk bermanfaat. Mungkin kamu bisa mencari kerja atau untuk kamu yang suka menulis, bisa juga menulis tentang banyak hal, mumpung memiliki waktu luang yang banyak. Kalau kamu hanya di rumah saja, paling tidak buatlah beban orangtuamu menjadi lebih ringan. Jangan sampai liburanmu menjadi hal yang tidak bermanfaat dan hanya bermalas-malasan ya!

Sebenarnya masih banyak kegiatan-kegiatan mahasiswa yang lainnya, yang pastinya tidak kamu dapatkan saat masih berada di bangku SMA. Mahasiswa memang dituntut untuk menjadi orang yang produktif dan mampu berpikir ke depan untuk bangsa dan negaranya. Menjadi seorang mahasiswa harus selalu banyak bergaul, baik dengan teman-teman sesama mahasiswa atau dengan masyarakat sekitar. Jangan sampai menjadi mahasiswa yang menutup diri dan hanya pergi kuliah lalu setelah kuliah selesai kamu pulang ke kosmu lagi. Walaupun kamu punya IPK yang bagus tapi tidak pandai bergaul dan tidak berorganisasi, pasti akan sia-sia karena kedepannya kamu akan menjadi lebih dewasa dan terjun ke masyarakat. Kalau kamu tidak pandai bergaul atau bersosial kamu pasti akan kesulitan saat sudah terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga : Ini dia daftar Universitas terbaik di Indonesia

kegiatan mahasiswa lika liku kehidupan mahasiswa menikmati hidup sebagai mahasiswa refreshing ala mahasiswa

No related post!

Leave a reply

20 − fourteen =