5 Eksperimen Sederhana dan Tidak Membosankan yang Bisa Kamu Coba Bersama Adikmu!

2846 views
Eksperimen Sederhana dan Tidak Membosankan

Bermain dengan anak-anak via http://www.parentingbits.com/

Liburan sekolah anak-anak yang cukup lama kadang dimanfaatkan beberapa keluarga untuk berlibur atau berwisata keluar kota. Buat kamu yang punya adik kecil tapi tidak pergi kemana-mana, kamu bisa bantu dia belajar sambil bermain. Kadang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bisa jadi pelajaran yang sangat membosankan.

Semakin tinggi kelas materinya akan terasa semakin sulit dan menjemukan. Jika suatu hari adikmu menanyakan sesuatu mengenai sains, bisakah kamu menjelaskannya dengan lebih menyenangkan dibanding gurunya di kelas? Mulailah jadi super kakak dengan trik seperti gambar di bawah ini.

1. Air Gula Berwarna Pelangi

eksperiman sederhana tapi keren bermain air gula pelangi

Air gula pelangi via http://www.littlebinsforlittlehands.com

Untuk menerangkan terjadinya pelangi atau susunan warna pelangi dengan gambar mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau kamu bisa membuat pelangi sendiri di rumah? Pasti  adikmu akan kagum dan sangat gembira.

Sebelum praktik, kamu harus menyiapkan bahan yang terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan (merah, kuning, dan biru). Serta beberapa alat yaitu 7 buah gelas atau mangkuk, pipet besar, dan sendok.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 6 buah gelas dan masukkan air ke setiap gelas dengan jumlah yang sama. Kamu bisa mengisi gelas tersebut dengan setengah gelas air dari gelas takar.
  • Masukkan pewarna makanan ke setiap gelas. Nah sambil memasukkan pewarna makanan, kamu bisa mengajari adikmu mengenai warna sekunder yang terdiri dari campuran beberapa warna. Misal warna oranye yang merupakan campuran merah dan kuning, kemudian hijau (kuning dan biru) serta ungu (merah dan biru).
  • Usahakan memasukkan pewarna dalam jumlah yang sama ya. Jika untuk larutan warna merah mengunakan 4 tetes pewarna, maka untuk warna campuran ambil masing-masing 2 tetes.
  • Aduk campuran air dan pewarna hingga tercampur rata.
  • Kita akan membuat pelangi dengan warna merah di bagian atas, jadi kita harus membuat warna merah memiliki masa jenis paling ringan
  • Biarkan warna merah tanpa campuran gula, campur warna jingga dengan 2 sendok  gula,warna kuning memerlukan 4 sendok  gula, warna hijau dicampur dengan 6 sendok  gula, warna biru dengan 8 sendok  gula, warna ungu, 10 sendok  gula
  • Setelah selesai dengan larutan gula gunakan pipet untuk menggabungkan larutan tersebut. Tekan bagian pompa pipet, kemudian masukkan larutan merah, dengan melepas sedikit pompa jangan terlalu banyak ya, karena kamu masih harus mengambil 5 warna lain. Dengan tetap menekan pompa pipet ambillah larutan lain hingga semua terambil dan membentuk gradasi warna.
  • Langkah terakhir, lepaskan cairan dari dalam pipet ke gelas atau toples secara perlahan.
  • Kamu akan melihat gradasi warna pelangi yang cantik dan bisa bertahan selama beberapa jam.

Ingat ya, percobaan ini membutuhkan kesabaran ekstra ya. Jadi jangan terburu-buru menyelesaikan proyek ini. Kamu harus berhati-hati agar percobaannya berhasil.

2. Siklus Bulan Oreo

main siklus bulan oreo biar pinter

Siklus bulan via http://www.4thgradefrolics.blogspot.com

Siklus bulan disini bukan yang dialami oleh wanita ya. Siklus/ fase bulan yang dimaksud adalah perubahan bulan dari bulan muda sampai bulan purnama dan seterusnya. Nah bahan yang perlu kamu siapkan adalah beberapa butir OREO atau biskuit lain yang berisi krim, dan sebuah cupcake atau bisa kamu ganti dengan kue yang lebih besar dari biskuit krim.

Langkah yang perlu dilakukan olehmu dan adikmu sangat menyenangkan. Kamu hanya perlu menata bumi yang diwakili oleh cupcake di tengah piring. Kemudian oreo sejumlah 8 keping diletakkan membentuk lingkaran di sekitar bumi (cupcake). Perubahan bentuk bulan ditunjukkan oleh bentuk krim yang berbeda. Buka oreo kemudian keruk krim dengan sendok hingga membentuk seperti bulan.

Kamu bisa membuat percobaan ini di atas piring kertas, atau mungkin di atas kertas jika sulit menemukan piring kertas. Jangan lupa berikan keterangan dimana matahari berada. Pada gambar diatas, ada keterangan matahari dengan spidol kuning di sebelah kiri piring.

Jika kamu ingin penampilan siklusmu lebih menarik, letakkan buah jeruk berwarna oranye sebagai pengganti matahari. Terakhir, beri keterangan di samping bentuk bulan dan jelaskan pada adikmu tentang siklus bulan serta tanggal pergantiannya.

Percobaan yang sangat lezat dan menyenangkan, bukan?

3. Membuat Awan Di Dalam Toples

Percobaan ini cocok untuk anak-anak usia TK hingga SD. Ketika adikmu menanyakan kenapa ada gumpalan awan, kamu bisa menjawabnya dengan jelas sambil mempraktekkan percobaan ini. Bahan yang kamu perlukan adalah air panas, hairspray, dan balok es. Siapkan juga toples kaca dengan tutup logam.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Didihkan air dan tuangkan ke toples sebanyak 1/3 bagian
  • Segera semprotkan hairspray ke dalam toples.
  • Tutup toples dan letakkan balok es di atas tutup logam.
  • Tunggu hingga timbul uap serupa awan di dalam toples

Kini kamu dan adikmu akan menyaksikan proses terbentuknya awan di dalam toples kaca. Sambil melihat proses terbentuknya awan, kamu bisa jelaskan bahwa awan terbentuk dari uap air yang berkumpul di langit, persis seperti penjelasan gurumu saat masih SD.

4.  Eksperimen Sederhana Tapi Keren Dengan Membuat Roket Api

Jika suatu hari adikmu rewel, kamu bisa menghiburnya dan mengajaknya bekerja sama dengan membuat percobaan dengan kantong teh celup. Bahan yang kamu butuhkan adalah teh celup, korek api, gunting, dan piring.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Ambil teh celup dan gunting ujung kantong, lalu keluarkan teh dari dalam kantong
  • Bentuk kantong menjadi tabung dan posisikan dalam keadaan berdiri diatas piring
  • Bakar ujung kantong bagian atas dan biarkan kantong terbakar seluruhnya
  • Di akhir proses kamu akan melihat kantong terbakar yang terbang

Anak-anak akan sangat senang saat melihat sisa apinya terbang, jadi kalau adikmu minta untuk mengulang percobaan ini berkali-kali kamu harus sabar ya. Anggap saja itu adalah bentuk dari rasa keingin tahuannya yang besar.

5. Eksperimen Sederhana Membuat Tornado Dalam Toples

eksperimen membuat tornado dalam toples yuk

Membuat tornado dalam toples via http://elliemoon.typepad.com

Badai terdengar sangat menyeramkan dan berbahaya. Nah bagaimana jika suatu hari adikmu bertanya seperti apa wujud tornado? Kamu tidak perlu bingung atau melarikan diri karena pertanyaan lugu adikmu ya. Cukup siapkan toples kosong berbahan kaca, sabun cuci piring, dan air.

Cara membuat tornado dalam toples sangat mudah dan cepat bahkan adikmu bisa membantumu membuatnya.

  • Pertama masukkan air ke dalam toples hingga hampir penuh.
  • Masukkan sabun cuci piring secukupnya.
  • Kemudian langkah terakhir, tutup toples dan kocok hingga membentuk badai tornado.

Akan timbul pusaran dari busa sabun cuci piring yang berbentuk seperti tornado. Kini adikmu tak akan rewel menanyakan badai tornado lagi.

Setelah ia melihat bentuk tornado, giliran kamu yang harus menjelaskan bahwa tornado berbahaya dan bisa merusak apapun yang dilewatinya. Jadi jika ia melihat badai semacam itu ketika di luar ruangan dia harus cepat berlindung atau minta pertolongan.

Sudah tidak bingung lagi kan gimana cara menghabiskan liburan di rumah. Bermainlah dengan adikmu dan buat ia paham bahwa belajar sains bisa jadi saat yang paling menyenangkan.

eksperimen fisika eksperimen kimia eksperimen sains eksperimen sederhana percobaan fisika percobaan kimia percobaan sains percobaan sederhana sains

Related Post

Leave a reply

eighteen − 8 =