5 Tips Sederhana Untuk Perawatan Mobil Kesayanganmu!

590 views

Bicara soal perawatan mobil, biasanya hal ini sering dikaitkan dengan kegiatan laki-laki. Soalnya, cakupan dunia otomotif seperti mobil ini memang lebih banyak dipahami oleh laki-laki. Faktanya, nih guys, dunia otomotif memang lebih banyak diminati oleh laki-laki.

Meskipun demikian, tak jarang, lho, masih ada sebagian orang yang tidak memerhatikan dengan teliti mengenai hal-hal penting seputar perawatan kendaraan mereka. Sebagai contohnya, nih, masih ada sebagian orang yang kurang mengontrol jadwal ganti oli maupun jadwal servis berkala untuk mobilnya.

tips merawat mobil kesayangan

tips merawat mobil kesayangan via autoindonesia.com

Contoh lain adalah ketika sedang bepergian jauh, masih ada yang belum memeriksa tekanan angin pada ban, kekuatan rem, lampu sign, karburator, dan lain sebagainya. Sehingga, tak heran jika selalu ada berita mengenai kecelakaan dalam berkendara yang semakin hari semakin meningkat.

Oleh sebab itu, sebelum kamu pergi, ada 5 hal yang perlu kamu perhatikan seputar mobil kamu, nih, guys. Supaya kamu aman, nyaman dan sampai tujuan dengan selamat. So, let’s check it out!

Perhatikan Rem Mobil

Rem Mobil

Rem Mobil via vwsurabaya.com

 

Sering lihat kecelakaan di film-film akibat remnya blong? Nah, seharusnya hal ini bisa jadi perhatian kamu untuk selalu mengecek kondisi rem mobil kamu, guys.

Pastinya kamu tahu, kan, kalau rem merupakan komponen yang sangat penting dalam setiap kendaraan? Yup, itu karena fungsinya yang bersangkutan langsung dengan keselamatan, guys. Nah, oleh karena itulah, hal ini harus jadi perhatian utama kamu dalam berkendara dan merawat mobil.

Cara untuk mendeteksi apakah rem mobilmu dalam keadaan baik atau tidak, dapat kamu rasakan ketika kendaraanmu melaju. Sebagai contohnya, kamu bisa merasakan kondisi rem mobilmu dengan berbagai gejala, seperti:

  • Adanya getaran atau bunyi yang menandakan permukaan disk brake sudah tidak rata.
  • Ada bau hangus yang menandakan bahawa terjadi kebocoran pada kaliper
  • Ketika kamu menginjak rem, lalu kamu merasa pijakanmu dalam, maka kamu berhak untuk curiga dengan kondisi rem mobil kamu.

Kalau kamu sudah merasakan gejala-gejala seperti itu pada mobilmu, maka segeralah periksa bagian-bagian dari rem, seperti selang oli, minyak rem, booster dan master rem, kampas rem, kualitas minyak rem, dan piston rem.

Ketika kamu sudah memeriksa komponen ini dan menemukan bahwa komponen penting dari rem ini bermasalah, maka kamu bisa menggunakan jasa mekanik.

Perhatikan Tekanan Ban Mobil

Tekanan Ban Mobil

Tekanan Ban Mobil via autobild.co.id

Kamu merasa ada yang aneh saat mobilmu melaju? Kalau begitu, kamu harus cek kondisi ban mobilmu dulu!

Memeriksa tekanan ban mobil sangatlah penting, guys, yaitu untuk menjaga kestabilan kerja ban mobil saat berkendara dan tentunya juga untuk keamanan. Untuk memastikan standar tekanan angin pada ban mobil, kamu bisa melihatnya di buku panduan manual mobilmu. Periksalah apakah tekanan angin pada ban mobilmu sudah sama seperti di dalam buku panduan atau belum.

Secara umum, standar tekanan angin pada mobil berkisar antara 28-34 Psi, guys. Jadi, kalau tekanan ban mobilmu hanya 28 Psi, bisa dikatakan itu sebagai batas terendah tekanan mobil. Sementara untuk batas tertingginya, ada sekitar 30 Psi, 32 Psi, dan 33 Psi, yang tergantung pada jenis mobilnya.

Nah, untuk mobil yang memiliki kualitas ban High Performance, tekanan udaranya harus lebih tinggi dari ukuran rata-rata, guys. Untuk ban dengan High Performance, kamu perlu menaikkan lagi tekanannya sekitar 10 sampai 15 persen.

Agar tekanan angin tetap terjaga, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan kurang lebih seminggu sekali. Karena pada umumnya, tekanan ban akan berkurang sekitar 1 Psi setiap satu minggu. Pengisian angin pada ban mobil sebaiknya kamu lakukan ketika ban dalam keadaan dingin ya, guys. Supaya ketika mengisi atau menambah angin, kamu bisa memperoleh ukuran yang akurat.

Perhatikan Sistem Pembuangan

Pipa Pembuangan

Pipa Pembuangan via wordpress.com

Apakah mobilmu pernah batuk-batuk? Wah, berarti kamu harus periksa saluran pembuanganya nih guys, karena bisa jadi mobilmu sedang tersedak sesuatu.

Merawat kendaraan mobil memang susah-susah gampang, guys. Apalagi biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Maka dari itu, buat kamu yang sudah punya mobil, kamu harus punya komitmen tinggi untuk selalu memerhatikan mobilmu.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan pada mobilmu adalah sistem pembuangannya. Nah, ini dia 6 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga sistem pembuangan mobilmu.

  • Matikan mesin mobilmu.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Pastikan pipa dan onderdil pembuangan di bagian lain menjadi dingin.
  • Dongkrak dan ganjal bagian depan dan belakang supaya memudahkanmu untuk memeriksa bagian bawah mobil.
  • Telusuri  pipa pembuangan dari knalpot hingga bagian belakang mobil.
  • Pukul pelan bagian sistem pembuangan dengan menggunakan palu karet dan jika tampak ada bagian yang berkarat, segeralah perbaiki.

Selanjutnya, kamu harus memastikan sambungan pipa pembuangan kuat dan tidak bocor. Caranya, kamu bisa menggoyangkan dengan pelan pipa pembuangan dan bila menimbulkan suara, segeralah bawa ke bengkel. Nah, yang terakhir adalah jangan sampai lupa memeriksa bagian bawah mobil untuk menjamin tidak ada lubang yang memungkinkan gas masuk ke dalam kabin.

Perhatikan Radiator

Radiator Mobil

Radiator Mobil via tstatic.net

Ingin punya mobil, tapi kantong tak cukup untuk beli yang baru, dan akhirnya kamu memutuskan untuk membeli mobil second? Well, punya mobil second memang nggak masalah, guys, asalkan kamu perhatikan satu bagian penting ini.

Yup, bagian tersebut adalah Radiator. Nah, untuk kamu yang mempunyai mobil hasil pembelian mobil second, menguras radiator mobil ini sangat penting, lho.

Mau tau kenapa? Karena sebelum mobil itu menjadi milik kamu, kamu tentu tidak tahu, dong, bagaimana riwayat perawatan mobil di tangan pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, pentingnya menguras dan merawat radiator adalah untuk menormalkan kembali keadaan mobil kamu.

Melakukan pengurasan dan pembersihan radiator pada mobil bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengisi radiator dengan air yang bersih supaya sistem pendinginannya bisa bekerja secara optimal.
  • Mengisi radiator dengan radiator coolant. Jangan lupa, kamu harus lakukan ini secara berkala setiap tahunnya.
  • Bersihkan radiator dari kotoran, debu, atau batu kecil yang menempel dengan  menggunakan air compressor untuk membantumu menjaga kebersihan radiator mobil.

Selain menguras dan membersihkan, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan tentang radiator yaitu karet yang ada di bagian bawah tutup radiator. Hal ini penting untuk diperhatikan karena karet yang melekat di bagian bawah radiator secara perlahan akan mengeras. Jika sudah mengeras, maka tidak akan bisa menahan uap air radiator yang akan dialirkan ke tabung cadangan.

Perhatikan Kondisi Air Conditioner (AC)

Air Conditioner

Air Conditioner via autofresh.net

Di zaman modern ini, apalah artinya mobil bila tanpa Air Conditioner (AC). Pastinya kalau tidak ada AC, kamu akan merasa serba salah saat berkendara. Buka kaca jendela, debu dan asap bisa masuk. Kalau tutup jendela, udara jadi panas dan pengap. Aduh! pusing, deh.

Nah, demi menjaga kenyamanan kamu saat berkendara, kamu juga perlu memeriksa kondisi AC mobil kamu, guys. Apalagi untuk kamu yang suka pergi jauh. Wah, hal ini menjadi wajib untuk kamu lakukan sebelum pergi demi kenyamananmu sendiri.

Pada umumnya, penyebab AC mobil tidak dingin adalah karena bagian dalam AC tersumbat kotoran atau kurangnya freon. Sehingga ketika dinyalakan, hanya terjadi semburan angin tanpa ada hawa dingin atau sejuk yang keluar. Untuk itu, melakukan perawatan pada AC mobilmu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Bersihkan kondensor dari debu dengan menyemprotkan air bersih ke arah kondensor ketika kamu sedang mencuci mobilmu.
  • Bersihkan kabin mobilmu agar debu yang berada di dalam tidak masuk ke dalam AC evaporator yang akan menimbulkan bau tak sedap.
  • Pasanglah filter kabin untuk mejaga AC dari debu.
  • Jika hawa sejuk masih terasa kurang karena freon, bawalah mobilmu ke bengkel untuk menambahkan freon pada AC.

Itu dia, seputar bagian mobil yang perlu kamu perhatikan demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, guys. Meskipun masih ada bagian lain yang juga perlu kamu perhatikan, tapi kelima bagian tersebut sangat penting untuk kamu utamakan dalam merawat mobilmu sehari-hari.

So, guys, selamat berkendara dan hati-hati di jalan!

cara sederhana merawat mobil dunia otomotif tips merawat mobil kesayangan

Related Post

Leave a reply

twelve − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.