6 Healthy Foods & Drinks yang Akan Membuat Hidupmu Makin Sehat!

409 views

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat adalah keinginan setiap orang di dunia ini. Namun demikian, masih banyak juga orang-orang yang mengabaikan aturan hidup dengan sehat. Mereka justru banyak menerapkan pola hidup tidak sehat tanpa mereka sadari.

Contohnya saja seperti tidur larut malam dan makan makanan siap saji atau junk food. Hal membuat sistem metabolisme dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, akibatnya berat badan bisa bertambah dan ada kemungkinan juga bisa memicu terjadinya stress.

Nah kalau sudah sampai tahap stress, biasanya berbagai macam penyakit akan semakin mudah masuk ke tubuh karena daya tahan tubuh melemah. Jika sudah begitu, untuk memulai aktivitas sehari-haripun rasanya sangat enggan.

Nggak mau hal ini sampai terjadi sama kamu kan, guys? Kali ini akan dibahas mengenai makanan-makanan sehat yang bisa membuat tubuh kamu bisa tambah kuat dan tentu makin sehat. Apa aja sih makanannya, let’s check it out!

Buah-buahan dan Sayur Mayur

Pelangi gizi

Pelangi gizi via drklug.typepad.com

Kamu semua pasti udah pada tahu kan, kalau buah-buahan itu memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Tapi kamu tahu nggak kalau buah juga memiliki manfaat berdasarkan warnanya loh. Berikut adalah pengelompokannya:

  • Merah:
    Buah yang memiliki pigmen merah mengandung banyak antioksidan dan juga likopen yang berfungsi untuk memperbaiki segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, terbukti efektif dalam mencegah penyakit kanker, jantung, dan kolesterol tinggi.

Contohnya adalah buah strawberry, tomat, cranberry, kol merah, dan bayam merah.

  • Kuning:
    Buah yang memiliki pigmen kuning, mengandung banyak vitamin A, kalium, dan antioksidan yang berfungi untuk mencegah penyakit jantung koroner dan juga penyakit stroke.

Contohnya adalah nanas, pisang, lemon, dan jagung.

  • Jingga:
    Buah yang memiliki pigmen jingga, menggandung antioksidan dan nutrisi dominan seperti alfa, betakaroten, dan falkarinol yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit, juga meningkatkan produksi sel darah putih dan sistem imun.

Contohnya adalah jeruk, pepaya, mangga, dan labu.

  • Hijau:
    Buah yang memiliki pigmen hijau banyak mengandung sulfarovan, isotiosianate, dan indores yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker .

Contohnya adalah buah anggur hijau, melon, alpukat, sayur bayam, kangkung, brokoli, dan sawi.

  • Ungu:
    Buah yang memiliki pigmen ungu mengandung antosianin yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam aliran darah dan memperbaiki kerusakan sel.

Contohnya adalah buah blue berry, anggur merah, dan terong.

  • Putih:
    Buah yang memiliki pigmen putih,

Contohnya adalah buah leci, duku, bengkoang, sirsak, sawi putih, dan taoge.

Lucu kan guys, seperti warna pelangi ya. Pelangi yang bisa membuat hidup kita makin sehat dan tentu fresh tiap hari. Hihihi…

Ikan

Ikan

Ikan via fiestaseafood.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang baik dikonsumsi untuk tubuh kamu. Banyak sekali manfaat yang akan kamu peroleh apabila mengkonsumsi ikan secara rutin. Semua ikan mengandung lemak tak jenuh yang mudah dicerna oleh tubuh, oleh sebab itu kamu tidak perlu khawatir, guys.

Kandungan nutrisi yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi ikan adalah asam lemak omega-3, vitamin D & B2, kalsium, dan fosfor. Selain itu kamu juga mendapat kandungan mineral yang menyehatkan juga seperti zat besi, seng, yodium, dan kalium.

Jika rutin dikonsumsi (dengan catatan tidak berlebihan), ikan juga bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh, seperti mencegah terjadinya penyakit jantung, mencegah kolesterol, membantu program diet, mengurangi resiko stroke, mencegah terjadinya depresi, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan, guys.

Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark Chocolate via www.cleanindulgence.com.au

Dark chocolate yang kamu kenal sebagai coklat biasa atau untuk dessert ini ternyata punya manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh bagi yang memakannya. Fungsi yang sangat terasa adalah mengurangi tekanan darah, selain itu dark chocolate juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi kolesterol.

Sebagai catatan saja, makannya jangan ditambahin gula lagi. Apa bila dalam bentuk serbuk, bisa dijadikan minuman hangat, diminum sebelum tidur. Coklat panas bisa menenangkan pikiran juga loh, guys. Jadi selain baik untuk tubuh, coklat juga baik untuk kesehatan mental juga.

Susu Sapi Murni

Susu murni

Susu murni via sitinabilayasmin.blog.upi.edu

Kamu pasti sudah tahukan kalau susu itu termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna? Iyap, susu adalah unsur ke 5 yang nggak boleh dilupakan karena gizinya sangat baik untuk tubuh. Terutama untuk anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh dan berkembang.

Tapi susu nggak cuma bermanfaat untuk anak-anak aja, susu juga sangat bermanfaat untuk semua kalangan. Dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga yang sudah berumur sangat tua. Di dalam susu murni terkandung banyak vitamin, kalsium, zat besi, tyrosine, magnesium, protein, fosfor, dan masih banyak lagi nutrisi yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsi susu.

Apa bila dikonsumsi secara rutin, tentunya kamu akan dapat manfaat susu dengan optimal. Sebagai saran, ada baiknya minum susu di saat pagi hari dan sebelum tidur.

Beras Merah

Beras merah

Beras merah via 4.bp.blogspot.com

Beras merah sering kali digunakan dalam menu diet untuk menggantikan beras biasa karena dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan juga bagus untuk penderita diabetes. Tapi dari segi rasa, nasi putih memang lebih enak dibandingkan dengan nasi dari beras merah.

Walaupun rasanya tidak seenak beras biasa, beras merah ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh beras biasa. Apa saja sih gizi dan nutrisi yang terkandung dalam beras merah? Dalam beras merah itu terdapat karbohidrat, serat, vitamin B, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.

Dengan mengkonsumsi beras merah dengan rutin, kamu bisa menjaga berat badanmu dengan baik. Selain itu, beras merah baik juga untuk pencernaan, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, mencegah terjadinya batu empedu, menjaga kesehatan tulang, dan juga dapat menjadi sumber anti oksidan dalam tubuh.

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt via 1.bp.blogspot.com

Yoghurt adalah salah satu menu favorit untuk kesehatan tubuh, rambut, dan juga kulit. Yoghurt memiliki rasa yang asam, itu karena yoghurt adalah fermentasi dari gula yang terkandung dari susu yang kemudian berubah menjadi asam laktat. Di jaman sekarang ini yoghurt sudah memiliki macam-macam rasa, bahkan menjadi minuman yang favorit juga.

Yoghurt itu mengandung banyak sekali vitamin seperti B5 dan B12 yang berfungsi untuk mempertahankan sel darah merah. Selain itu dalam yoghurt juga terkandung kalium, seng, fosfor, riboflavin, dan juga yodium. Seperti yang sudah diketahui bahwa mineral-mineral tersebut berfungsi baik bagi sistem metabolisme tubuh.

Jika dikonsumsi dengan rutin yoghurt bisa membantu dalam mencegah terjadinya darah tinggi, membantu sistem pencernaan, menyehatkan juga untuk gigi, dan mencegah osteoporosis. Untuk kecantikan yoghurt berfungsi juga untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati, melawan jerawat, dan juga dapat mengatasi rambut rontok.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh makanan dan minuman sehat yang memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh kamu. Memang sih, untuk memakan makanan sehat awalnya nggak semudah yang dibayangkan, karena makanan sehat rasanya tidak seenak yang dibayangkan juga. Namun untuk hidup yang lebih sehat dan menjaga kesehatan tubuh nggak ada salahnya kan?

Oke guys, semoga informasi ini berguna untuk kamu ya. Mulai lah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar tubuhmu juga menjadi sehat dan bugar. Jadi kamu bisa semangat dalam menjalani aktivitas sehari-harimu. Good luck ya!

dunia kesehatan makanan sehat membuat hidup makin sehat minuman sehat

Related Post

Leave a reply

four × three =