6 Penemu Paling Berpengaruh Dengan Penemuan Hebatnya!

450 views

Dengan berbagai teknologi yang ada saat ini tentu sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Teknologi yang terus semakin berkembang tentunnya menjadikan pekerjaan semakin efisien dan produktif. Para penemu-penemu besar meneliti dan mencoba menemukan penemuan yang guna mempermudah pekerjaan manusia.

Namun dari banyaknya para penemu dan teknologi yang ditemukan manakah yang menjadi penemuan paling hebat. Siapakah ilmuan dan penemu paling berpengaruh berkat penemuannya. Berikut merupakan 6 penemu paling berpengaruh dengan penemuan hebatnya yang wajib kamu ketahui.

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton via http://www.anglotopia.net

Sir Isaac Newton menjadi ilmuan paling berpengaruh dalam peradaban manusia. Selain menguasai fisika dan matematika ilmuan inggris ini juga menjadi ahli astronomi, kimiawan dan teolog. Atas kehebatannya, Newton dianggap sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Pada tahun 1687 Newton membuat buku yang berjudul “Philosophiae Naturalis Principia Mathematica”. Buku tersebut menjadi buku paling berpengaruh dalam dunia sains. Dalam buku tersebut Newton menjelaskan teori hukum gravitasi. Selain itu dijabarkan pula tiga hukum gerak yang menjelaskan bahwa gerak benda di bumi dan benda-benda di luar angkasa lainnya diatur oleh hukum-hukum alam yang sama.

Newton berhasil membuat teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya. Newton juga menemukan teori mengenai kekekalan momentum dan momentum sudut dalam bidang mekanika.

Di bidang matematika Newton berhasil mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Newton juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara. Dan masih banyak penemuan dari Sir Isaac Newton lainnya yang sangat berpengaruh. Oleh karenanya Newton dianggap menjadi ilmuan paling berpengaruh yang sebanding bahkan melebihi Albert Einstein.

Albert Einstein

Albert Einstein

Albert Einstein via http://thenewsdoctors.com

Siapa yang tidak kenal dengan ilmuan hebat Albert Einstein. Kamu bahkan hampir semua dari kita mengetahui siapa itu Albert Einstein. Ilmuwan cerdas yang dianggap menjadi ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh di abad ke-20. Bahkan pada tahun 1999 Albert Einstein menjadi tokoh abad ini oleh majalah TIMES.

Banyak penemuan-penemuan hebat yang Einstein temukan semasa hidupnya. Teori Relativitas, Efek Fotolistrik, Gerak Brown merupakan beberapa penemuan dari Albert Einstein. Berkat penemuan-penemuan itu Einstein menjadi ilmuwan yang dikenal bahkan mendapatkan penghargaan nobel pada tahun 1921.

Selain penemuan-penemuan tadi masih ada beberapa penemuan hebat dari Einstein. Persamaan Medan Einstein, Persamaan Massa, dan Statistik Bose-Einstein menjadi penemuan Einstein lain yang menjadi fenomenal. Tentu tidak salah menjadikan Albert Einstein menjadi salah satu penemu dan ilmuwan paling berpengaruh. Bahkan kata “Einstein” sendiri identik sebagai cerdas dan jenius.

Christopher Columbus

Christopher Columbus

Christopher Columbus via http://americanlivewire.com

Christopher Columbus dalam sejarah dikenal sebagai penemu dari benua Amerika. Columbus menjadi penjelajah dan pedagang yang menyeberangi Samudra Atlantik hingga sampai ke benua Amerika. Karena percaya bahwa bumi berbentuk bola kecil dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke timur jauh melalui jalur barat memutuskan untuk mengarungi dunia.

Columbus dalam perjalanan mencari jalan dari Eropa ke timur secara tidak sengaja menemui benua Amerika. Penemuan benua Amerika membuatnya menjadi tokoh yang berpengaruh dalam sejarah. Penemuan Columbus merupakan pionir eksplorasi dan kolonisasi dunia baru dan sekaligus pula merupakan tonggak penting dalam sejarah. Columbus membawa perubahan besar bagi bangsa-bangsa di masa lalu.

Fakta terbaru mengejutkan bahwa Columbus bukanlah orang pertama yang menemukan benua Amerika. Jauh sebelum Colombus pada abad 11 bangsa Viking bahkan orang-orang timur tengah yang lebih dahulu menemukan Amerika. Fakta ini dibuktikan dengan penemuan bukti sejarah.

Meski pada akhirnya menjadi sebuah kebohongan bahwa Columbus yang menemukan benua Amerika. Namun Columbus tetap dianggap sebagai pahlawan yang membuka rute pelayaran dunia dan menjadi salah satu tokoh berpengaruh di dunia.

Ts’ai Lun

Ts'ai Lun

Ts’ai Lun via http://es.slideshare.net

Ts’ai Lun menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia berkah penemuan hebatnya. Tokoh kebangsaan Tionghoa ini berhasil penemukan kertas untuk pertama kali. Kertas hasil penemuan Ts’ai Lun pertama kali ditemukan pada Dinasti Han atau sekitar antara abad ke-1 dan abad ke-2 masehi.

Kertas yang dibuat oleh Ts’ai Lun terbuat dari kulit kayu murbei. Kulit dari kayu murbei dipukul-pukup hingga lepas seratnya yang sebelumnya telah direndam dia air. Saat perendaman ditambahkan juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah berubah menjadi bubur kemudian ditekan hingga tipis kemudian dikeringkan dengan dijemur untuk menjadi kertas sederhana.

Karena penemuannya Ts’ai Lun diangakat menjadi bangsawan oleh kaisar karena bahagia atas penemuan kertas. Meski kertas yang dibuat pertama kali oleh Ts’ai Lun masih sangat sederhana dibandingan kertas milikmu sekarang namun tetap penemuan Ts’ai Lun ini sangat luar biasa. Bayangkan saja berapa banyak manfaat kertas bagi kehidupan kamu sehari-hari.

Galileo Galilei

Gelileo Galilei

Gelileo Galilei via http://www.amazine.co

Gelileo Galilei merupakan ilmuan luar biasa dengan berbagai penemuan hebatnya. Karena berbagai teori dan penemuannya Galileo disebut sebagai ‘Bapak Astronomi’ dan ‘Bapak Fisika Modern’. Pada tahun 1610 Galileo menemukan 4 satelit alami Jupiter-lo, Europa, Callisto, dan Ganymede. Gelileo menyimpulkan bahwa keempat benda tersebut mengorbit planet.

Galileo juga mengamati matahari dan bulan serta mendapatkan kesimpulan bahwa permukaan bulan kasar dan tidak rata seperti permukaan bumi. Teori ini mengalahkan teori dari Aristoteles yang menyatakan bahwa permukaan bulan bola sempurna. Banyak dari teori Aristoteles yang dibantah oleh Galileo seperti teori benda-benda langit berputar mengelilingi bumi yang sebagai pusat alam semesta. Galileo menentang teori Aristoteles dan mendukung teori Nicolaus Copernicus yang menyatakan matahari sebagai pusar alam semesta.

Penemuan hebat lain dari Galileo Galilei adalah menemukan termometer. Selain sebagai penemu termometer Galileo juga berhasil mengembangkan teleskop yang digunakannya untuk mengamati benda-benda luar angkasa. Galileo menjadi penemu dan ilmuwan yang begitu banyak jasanya terutama dalam bidang sains.

Aristoteles

Aristoteles

Aristoteles via https://www.youtube.com/watch?v=WZ-0wRv-V5o

Aristoteles dikenal sebagai ‘Bapak Ilmu Pengetahuan’ yang begitu berpengaruh dalam sejarah. Dikenal sebagai seorang filsuf, saintis, dan ahli pendidikan, Aristoteles memberi pengaruh besar pada dunia. Ajaran filsafatnya menjadi ilmu politik dan pemerintahan selama berabad-abad. Aristoteles berpendapat bahwa ilmu politik yang ideal adalah gabungan dari bentuk demokrasi dan monarki.

Begitu banyak teori, penemuan, dan karya dari Aristoteles. Meski beberapa teorinya dipatahkan oleh ilmuwan lain salah satunya Gelileo Galilei. Begitu banyak karya yang dari Aristoteles. Terdapat sekitar empat puluh tujuh karyanya masih bertahan. Bahkan daftar dari catatan kuno lebih dari seratus tujuh puluh buku berhasil Aristoteles tulis.

Tidak salah bila Aristoteles dijuluki sebagai ‘Bapak Ilmu Pengetahuan’ bahkan karyanya menjadi ensiklopedia ilmu pada jamannya. Aristoteles mengusai berbagai pengetahuan seperti: astronomi, geografi, geologi, fisika, anatomi, physiologi, dan lain-lain. Dan hampir setiap karya tulisnya menjadi referensi dan panutan pada masa Yunani kuno.

Berikut di atas merupakan 6 penemu dan ilmuwan paling berpengaruh di dunia dengan penemuan hebatnya. Berkat hasil kerja keras mereka lahir berbagai penemuan dan ilmu pengetahuan yang luar biasa. Tentunya kita patut berterima kasih dan mengenang jasa-jasa mereka.

bapak ilmu pengetahuan penemu paling berpengaruh di dunia penemuan hebat dunia

No related post!

Leave a reply

2 + 13 =