6 Tips Menjaga dan Merawat ‘Teman’ Pintarmu Biar Nggak Cepat Rusak

609 views

Ngaku deh kalau kamu nggak pernah putus hubungan dengan smartphone kamu. Dari mulai baru bangun tidur, hal pertama yang kamu cek pasti ponsel pintar kamu itu. Seakan smartpone kamu itu adalah teman bahkan sahabat terdekat kamu.

Di dunia yang modern ini, smartphone sudah seperti kebutuhan. Rata-rata setiap remaja dan orang dewasa memilikinya, bahkan anak-anak sekalipun. Teknologi smartphone saat ini memang sudah sangat menjamur, ditambah dengan fitur-fiturnya yang semakin beragam hari demi hari, membuat si ponsel pintar ini digandrungi semua kalangan masyarakat.

Banyaknya pengguna smartphone membuat para vendor smartphone semakin giat dalam meningkatkan performa dan kecanggihan dari smartphone produksinya. Jadi setiap tahunnya brand smartphone pasti memiliki peningkatan kecanggihan dimulai dari tampilan layar yang berkualitas, sistem operasinya bahkan kamera.

Tapi kamu harus ingat guys, semakin sering digunakan tentunya smartphone kamu bisa cepat rusak. Kalau smartphone kamu rusak, ya sudah dipastikan saat kamu mau menjualnya maka harganya turun banget. Nah coba deh kamu terapin tips merawat smartphone kamu biar nggak cepat rusak di bawah ini:

1. Perawatan Body

Perawatan Body Smartphone

Rawat body smartphone kamu via dihargahp.com

Kamu bisa menggunakan pelindung body smartphone seperti lather case ataupun flip case dan screen protector untuk melindungi body smrtphone kamu dari goresan, terkena air dan antisipasi kerusakan ketika kamu menjatuhkan smartphone kamu. Biasanya sih pelindung smartphone sudah satu paket sama pelindung layar. Kamu bisa beli di toko aksesoris gadget dan smartphone.

Tapi kalau smartphone kamu memiliki standar sertifikat IPx5 ataupun IPx6, nggak usah terlalu cemas sih kalau smartphone kamu rusak gara-gara berdebu, terkena air atau mendapat bantingan. Karena ada garansi resmi untuk kerusakan-kerusakan tersebut.

Kamu juga harus rajin bersihin body smartphone kamu dari kotoran terutma debu. Debu bisa saja masuk ke dalam smartphone kamu dan merusak komponen dalam smartphone kamu. Akhirnya smartphone kamu bisa nggak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

2. Layar Sentuh

Jangan sentuh layarnya dengan kuku

Jangan sentuh layarnya dengan kuku via www.caktekno.com

Saat ini rata-rata brand smartphone menggunakan layar sentuh. Layar sentuh ini memang memudahkan kamu dalam mengoperasikan smartphone kamu. Tapi kesalahan dalam penggunaannya bisa menyebabkan layar sentuh smartphone kamu rusak.

Kamu bisa menggunakan screen protector untuk melindungi layar smartphone kamu dari goresan. Tapi kamu perlu tahu juga guys, ada beberapa brand smartphone yang sudah memberikan langsung screen protector pada produknya seperti hard glass ataupun gorilla glass.

Hindari penggunaan smartphone di bawah sinar matahari guys. Karena paparan langsung sinar matahari bisa menurunkan kualitas layar LCD smartphone kamu. Disamping itu sinar matahari ini juga bisa merusak komponen tipis yang berupa gel di layar sentuh itu.

Kemudian jangan biarkan layar sentuh kamu menyala ketika sedang tidak digunakan ya, karena dapat mengurangi intensitas komponen emisi cahaya dan memperburuk kualitas warna smartphone kamu. Jadi sebaiknya kamu nonaktifkan dulu smartphone kamu ketika kamu tinggalkan. Hitung-hitung bisa menghemat baterai juga nih.

Jangan menekan smarthone kamu terlalu keras apalagi menggunakan kuku panjang kamu. Biasanya kalau main game nih, kamu pasti suka lupa diri. Hal ini bisa membuat layar sentuh smartphone kamu rusak bahkan LCD nya juga bisa rusak.

Kamu juga yang rajin membersihkan layar smartphone kamu ya, menggunakan tisu atau kain yang halus, biar debu nggak pada nempel. Lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan kain khusus berupa microfiber, dijamin smartphone kamu tetap kinclong deh.

Nah yang terakhir, sebisa mungkin kamu jauhkan smartphone kamu dari medan magnet, karena bisa mengurangi sensitivitas pada layar smartphone kamu. Medan magnet biasanya ada pada barang-barang elektronik.

Selain itu, untuk menghindari kerusakan sebaiknya kamu jauhkan juga smartphone kamu dari benda tajam biar nggak merusak fisiknya dan jangan diletakkan pada suhu yang terlalu ekstrim. Hal ini tentu saja bahaya buat layar dan komponen smartphone kamu itu.

3. Software

Gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja

Gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja via www.makingdifferent.com

Pertama kamu harus mengetahui kapasitas penyimpanan smartphone kamu dan pastikan tidak menginstal aplikasi yang terlalu besar karena bisa mengakibatkan kinerja smartphone kamu menjadi lambat. Jadi kalau mau instal aplikasi, lihat dulu kapasitas penyimpanan smartphone kamu, apakah masih cukup atau sudah terbatas. Maka dari itu, sebaiknya kamu instal aplikasi yang menurut kamu penting dan kamu butuhkan saja ya.

Dalam memilih jenis aplikasi kamu harus pintar guys, pilihlah aplikasi yang resmi. Berhati-hatilah terhadap aplikasi diluar store resmi yang mungkin saja mengandung malware atau virus di dalamnya. Untuk sekedar antisipasi kamu bisa menginstal antivirus.

Kamu jangan malas meng-upgrade ulang software atau aplikasi kamu ya guys. Biar smartphone kamu bisa tetap beroperasi terus. Kamu bisa juga loh instal aplikasi tune up untuk sistem operasi smartphone kamu dari store resmi yang tersedia. Hal ini agar smartphone kamu sistemnya bisa berfungsi dengan baik.

4. Baterai

Perhatikan waktu untuk charge smartphone

Perhatikan waktu untuk charge smartphone kamu via kawanseru.blogspot.co.id

Baterai merupakan nyawa dari sebuah smartphone. Ketika baterai kamu habis tentunya smartphone secanggih apapun nggak akan berguna karena nggak bisa dipakai. Meskipun kamu bawa power bank, tapi sebaiknya penggunaan power bank ini dibatasi ya guys, karena bisa menyebabkan baterai kamu cepat rusak juga.

Sebaiknya kamu gunakan smartphone kamu saat dayanya penuh dan charge sebelum baterainya benar-benar habis. Yah, kira-kira kamu bisa charge baterai kamu ketika dayanya sekitar 10-15%. Kamu juga nggak boleh sering-sering pakai charger smartphone jenis lainnya ya, karena bisa saja outputnya beda dengan input power smartphone kamu.

Matikan smartphone kamu ketika sedang kamu charge dan segera cabut charger setelah dayanya sudah penuh. Meskipun ribet, tapi kamu nggak mau dong ketahanan daya baterai kamu menurun dan membuatnya tidak awet.

Terakhir, kamu harus perhatikan suhu baterai kamu guys. Jangan memakai smartphone kamu terlalu lama, beri dia istirahat untuk menurunkan suhunya karena suhu baterai yang terlalu panas bisa membuatnya tidak awet.

Untuk baterai saat ini semua vendor menggunakan lithium ion. Nah, akan ada baterai yang berbahan sodium yang memiliki energi lebih besar dan stabil ketika digunakan. Mungkin juga nantinya baterai sodium ini digunakan bersamaan dengan wireless charging yang sepertinya di masa mendatang banyak smartphone akan menggunakan ini.

5. Speaker dan Kamera

perawatan Speaker dan Kamera smartphone

Kamera smartphone via bestsmartphones2016.com

Speaker juga rawan kerusakan guys. Nggak mau kan speaker kamu rusak dan mengganggu acara teleponan, video call dan mendengarkan musik kamu. Jadi jauhkan smartphone kamu dari benda bermagnet dan mengandung logam lainnya agar jangan sampai menempel pada smartphone kamu itu. Jangan biarkan juga terkena air ya, biar speaker kamu nggak rusak.

Kamera juga bagian penting nih, apalagi kalau kamu hobi upload foto ke instagram. Nggak mau kan fotomu yang cantik itu jadi jelek. Makanya jangan remehkan perawatan kamera ya. Bagusnya sih kamu pakai pelindung kamera yang menjadi satu bagian dengan pelindung body biar lensa kamera kamu nggak tergores dan bikin hasil jepretan kamu oke.

6. Backup dan Restore

Backup data agar data aman

Backup data kamu via jalantikus.com

Kamu jangan sampai lupa juga ya melakukan backup dengan rutin. Nggak mau kan data-data berharga kamu hilang ketika smartphone kamu rusak? Makanya kamu harus backup biar bisa di-restore tuh data kamu itu, biar nggak hilang.

Tips perawatan smartphone diatas memang tergolong simpel. Meski begitu, jangan kamu remehkan hal-hal kecil terkait perawatan smartphone tersebut karena sudah terbukti mampu membuat smartphone kamu lebih awet dan tahan lama. Jadi bisa deh kamu terapkan langsung tips di atas ke teman pintar kamu itu, biar bisa nemenin kamu lebih lama tentunya.

cara charge smartphone yang benar cara merawat baterai hp cara merawat hp layar sentuh menjaga smartphone agar tidak cepat rusak teknologi smartphone tips simple merawat smartphone

Related Post

Leave a reply

three + sixteen =