7 Cara Mudah Merawat Vespa Tua Kesayangan Agar Tetap Awet dan Bandel!

792 views

Beberapa tahun terakhir ini, motor vespa tua semakin digemari oleh masyarakat Indonesia baik remaja maupun orang tua. Banyak komunitas vespa dan bengkel modifikasi vespa mulai bermunculan. Harus diakui meski disebut motor tua dan banyak penyakitnya, tapi bagi para scooterist, vespa tua tetap istimewa. Ternyata pecinta motor buatan Italia ini sangat banyak di Indonesia. Tak heran jika Indonesia dinobatkan sebagai peringkat ke-2 negara dengan pecinta vespa terbanyak setelah Italia.

Vespa Klasik

Vespa Klasik via www.kutepukdadaku.blogspot.com

Seiring perkembangan zaman, vespa juga banyak mengalami perubahan bahkan saat ini sudah ada vespa modern, tapi para pecinta vespa tua tetap setia dengan motor kesayangan mereka. Ada kebanggaan tersendiri jika memiliki vespa klasik yang sekarang sudah tidak diproduksi lagi. Meski terkadang motor sejenis skuter ini banyak menimbulkan masalah, tapi bagi para penggemarnya itu hal yang biasa saja. Mengendarai motor tua akan membuatmu semakin pede dan tentu saja banyak mata yang akan tertuju padamu.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar motor yang sudah terlihat tua ini mesinnya tetap awet dan menjadi baru kembali bahkan bisa menjadi semakin menarik dan dilirik orang banyak. Nah, buat kamu yang punya vespa tua, berikut 7 cara mudah merawat vespa tua yang bisa kamu terapkan di vespa kesayangan kamu.

Gunakan Bahan Bakar yang Bagus

Meski vespa merupakan motor tua, tapi bukan berarti bahan bakar yang kamu pakai juga biasa-biasa aja. Agar mesin motor kesayangan kamu tetap awet gunakan bahan bakar yang beroktan tinggi seperti petamax (pertamina) atau Shell super untuk vespa kesayangan kamu. Dengan menggunakan pertamax kerja mesin vespa kamu akan lebih ringan. Kalau kamu nggak mau kinerja mesinnya berkurang jangan sekali-kali menggunakan bahan bakar yang oktannya rendah.

Bahan bakar dengan oktan yang rendah mengandung minyak tanah lebih banyak yang artinya bahan bakar tersebut mengandung banyak kotoran. Nah, kotoran inilah yang akan mengganggu kinerja mesin jika dibiarkan saja.

Oli Samping Juga Harus diperhatikan

Vespa merupakan jenis kendaraan bermotor 2 tak yang tentunya memerlukan oli samping dalam penggunaanya. Seperti halnya bahan bakar, oli samping yang kamu gunakan juga tidak boleh dianggap sepele karena itu usahakan menggunakan oli samping yang berkualitas tinggi. Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar oli samping yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Tentu kamu sudah tahu dong oli yang berkualitas dan yang nggak sama sekali? Be smart buyer!

Jangan asal-asalan membeli hanya karena harganya murah. Kalau kamu mau motor kesayangan kamu awet dan mesinnya nggak bandel, jangan coba-coba deh menggunakan oli samping yang murahan.

Periksa Karburator Minimal Sebulan Sekali

Karburator merupakan kompenen yang sangat penting pada motor vespa, akan tetapi juga kompenen yang sering menyebabkan masalah. Di motor vespa, fungsi karburator adalah untuk menghasilkan campuran bensin dan udara yang berupa kabut, agar bahan bakarnya mudah dinyalakan oleh busi.

Karena mempunyai tugas yang cukup berat, karburator juga sangat sering mengalami masalah. Biasanya masalah yang muncul dikarenakan adanya komponen pada karburator yang tersumbat. Jika hal seperti ini terjadi, maka bisa dipastikan kinerja motor kesayangan kamu akan menurun dan bisa juga sakit-sakitan. Untuk menghindari itu, sebaiknya kamu rajin melakukan pengecekan pada karburator dan usahakan membersihkan komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti saluran bensin dan saluran udara.

Busi Pada Motor Kesayangan Kamu Juga Harus diperhatikan

Motor Vespa Pemikat Wanita

Motor Vespa Pemikat Wanita via www.batakeras.com

Mau malam mingguan bareng si dia tiba-tiba pacar kedua kamu mogok? Pasti rasanya nggak enak banget. Masa iya pacar kamu yang udah dandan berjam-jam harus disuruh dorong motor kesayangan kamu? Jangan sampai hal seperti ini terjadi sama kamu. Motor mogok saat jalan bareng pacar bisa mengurangi rasa sayang dia ke kamu.

Untuk menghindari itu sebaiknya kamu harus memperhatikan semua aspek yang ada di motor kesayangan kamu sebelum bermalam mingguan. Beri perhatian khusus ke komponen yang sering menyebabkan masalah seperti busi. Jangan hanya tampang luar motor kamu aja yang diperhatikan, tapi komponen yang paling kecil sekalipun. Sering- seringlah melakukan pengecekan pada busi, kalau kamu merasa kerak yang ada pada busi sudah menumpuk, maka segera dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah yang serius.

Perhatikan Juga Kabel Versnelingnya

Agar motor kesayangan kamu tetap berjalan mulus kabel versnelingnya juga harus diperhatikan jangan sampai kendor. Jika kabel versnelingnya sudah mulai kendor, maka akan sulit mengoper gigi. Tentu nggak nyaman dong kalau motor kesayangan kamu perpindahan giginya nggak pas. Oleh karena itu, kamu juga harus sering-sering mengecek kabel versnelingnya. Kalau kamu rasa sudah mulai kendor sebaiknya kamu perbaiki saat itu juga.

Body Motor Kesayangan Kamu Juga Harus Tetap Oke

Pertama kali yang orang akan lihat saat kamu mengendarai vespa adalah body-nya. Bisa aja kan kalau body vespa kamu menarik akan menarik perhatian orang yang berada di sekitarmu. Siapa tahu saja kamu bisa dapat jodoh dari motor kesayangan kamu. Emang nggak bisa dipugkiri kalau saat ini para penggemar vespa tua sudah banyak yang memodifikasi motornya.

Sebenarnya tujuan utama dari modifikasi ini bukan hanya sekedar untuk gaya-gayaan, tapi lebih ke melindungi kerangka vespa yang semuanya terbuat dari besi. Apalagi kamu juga pasti sudah tahu kalau besi sangat gampang berkarat. Nah, untuk tetap menjaga keawetan motor tua kamu nggak ada salahnya untuk memodifikasi. Selain menjaga keawetan motor kesayangan, yang pasti motor kamu juga akan semakin menarik.

Nggak Ada Salahnya Membawa Motor Kesayangan Kamu Ke Bengkel Sebulan Sekali

Bengkel Vespa

Bengkel Vespa via www.gilamotor.com

Layaknya manusia yang harus check-up, motor tua juga demikian. Meski kamu sendiri bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada motor kesayanganmu, nggak ada salahnya membawanya ke bengkel minimal sebulan sekali. Perawatan pada motor tua sangat penting. Oleh karena itu, mungkin ada baiknya jika langsung diserahkan ke orang yang lebih ahli di bidangnya.

Tapi, kamu juga harus perhatikan bengkel yang akan kamu percayakan untuk memeriksa motor kesayangan kamu. Sekali lagi jangan asal-asalan dalam memilih bengkel hanya karena harganya lebih murah. Cari bengkel yang memang sudah terpercaya sejak zaman dahulu kala. Kamu bisa mencari referensi di internet atau meminta saran ke teman kamu sesama pecinta vespa tua.

Biasanya sih para pecinta vespa yang punya club mempunyai bengkel andalan yang sudah terpercaya. Kalau kamu salah satu dari mereka berarti nggak usah repot lagi untuk mencari bengkel vespa terbaik.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu jadikan referensi untuk merawat motor vespa kesayangan kamu. Nggak sulit ‘kan?

dunia otomotif pecinta vespa tips merawat motor vespa vespa tua kesayangan

Baca Juga

Leave a reply

two + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.