7 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Agar Aman Berkendara Di Musim Hujan!

561 views
Safety driving course

Safety driving course via http://www.prudentialdriving.com

Mungkin bagi sebagian orang musim penghujan sudah seperti momok jalan raya, khususnya bagi kamu pengendara motor. Selalu ada rasa malas keluar rumah atau sibuk menggerutu menyalahkan hujan yang datang tidak tepat waktu. Tetapi, kalau kamu tahu bagaimana menghadapi hujan yang selalu datang keroyokan itu, tentunya harimu tidak akan menjadi suram seperti cuaca saat hujan.

Selain jiwa yang siap menembus lebatnya hujan di luar sana, kamu juga harus menyiapkan kondisi motormu dalam keadaan prima. Karena saat hujan datang itu tak hanya musuh buat kamu, tetapi juga motormu, jadi kamu harus mengecek ulang bagaimana kondisi motor yang akan digunakan hujan-hujanan. Dengan jiwa dan motor yang sudah siap, tentunya kamu akan menang melawan derasnya guyuran hujan. Sekarang saatnya kamu harus tahu 7 hal yang wajib kamu lakukan agar aman berkendara (safety drive) saat musim penghujan mulai menyapa.

Nyalakan Lampu Utama

LED light Harley lamp

LED light Harley lamp via http://www.motorcycle-usa.com

Setiap kamu mengendarai motor sangat penting untuk menyalakan lampu utama yang terletak di bagian depan motormu. Karena berguna sebagai pemberi tanda bagi kendaraan lain yang melintas dari arah berlawanan supaya menghindari kecelakaan. Ketika berkendara di daerah perkotaan, usahakan kamu menyalakan lampu jarak dekat supaya tidak menyilaukan mata pengendara di depanmu, kecuali kamu sedang berkendara di daerah hutan yang minim pengendara lain.

Selain untuk safety drive menyalakan lampu utama juga termasuk mematuhi peraturan lalu lintas loh. Jadi, kalau menyalakan lampu utama setiap kali mengendarai motor kamu akan mendapatkan 2 manfaat, selain demi keselamatan kamu juga akan bebas dari kejaran pak polisi deh. Mulai sekarang jangan lupa untuk menyalakan lampu ya, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

Cek Kondisi Ban

Ban safety

Ban safety via http://www.queenrides.com

Ban adalah salah satu bagian terpenting yang ada di motor kesayanganmu. Untuk menyiapkan kondisi yang prima saat musim hujan, pastikan ban luar motormu dalam keadaan masih layak pakai alias ukiran pada ban belum halus sehingga dapat meminimalisir terjadinya selip saat melewati jalanan yang licin. Untuk jenis ban, sebaiknya kamu hindari tipe slik karena cenderung menjadi licin saat melintasi jalanan yang basah.

Setelah kondisi ban sudah dipastikan dalam keadaan layak pakai, sekarang saatnya kamu mengecek tekanan ban. Saat musim hujan sebaiknya kamu menurunkan tekanan ban menjadi 3 sampai dengan 5 psi supaya permukaan ban yang menyentuh jalan lebih banyak sehingga tidak mudah selip saat melintasi genangan air dan jalanan basah yang licin. Supaya lebih aman lagi, sebaiknya kamu menghindari genangan air, karena kamu tidak akan tahu ada apa dalam genangan tersebut, misalnya saja jalan berlubang ataupun paku.

Cek Kondisi Rantai

Rantai motor

Rantai motor via http://motorbaru.com

Rantai motor merupakan bagian terpenting karena bisa jalan atau tidaknya motormu, akan sangat bergantung pada rantai. Rantai menghubungkan mesin dan roda sehingga motormu bisa melaju. Saat musim hujan datang, rantai bekerja lebih berat dari biasanya, karena digunakan untuk melintasi jalan yang licin sehingga beban rantai menjadi dua kali lebih besar.

Tak hanya beban berat yang harus dihadapi. Rantai juga menjadi rawan terserang karat yang akan mengganggu kinerjanya. Untuk mengantisipasi terjadinya karat tersebut, kamu bisa melapisi rantai dengan minyak khusus yang mengandung anti-karat. Minyak tersebut berfungsi ganda yaitu sebagai pelindung rantai dari karat dan sebagai pelumas untuk mencegah rantai putus. Jadi, pastikan rantai tidak terlewat dari perhatianmu saat merawat motor ya.

Jas Hujan

Funny rain coat for kids

Funny rain coat for kids via http://www.aliexpress.com

Setelah motor kamu siap, sekarang saatnya kamu menyiapkan badanmu untuk menembus hujan. Hal pertama yang perlu kamu kenakan adalah jas hujan untuk menghindari bajumu basah kuyup. Kamu tidak perlu khawatir jas hujan akan merusak penampilanmu dalam sekejap karena sekarang sudah tersedia berbagai macam motif dan model jas hujan yang bisa kamu pilih.

Mulai dari model batman sampai rok dan celana sudah banyak dijual di pasaran, tak hanya itu motifnya pun sekarang bermacam-macam, mulai dari polos, transparan bahkan motif polkadot dengan warna yang sangat beragam. Untuk keselamatan berkendara, sebaiknya kamu menghindari model batman karena ada kemungkinan jas hujanmu itu akan tersangkut pengendara lain ataupun rantai motormu sendiri. Kondisi seperti ini memungkinkan terjadinya kecelakaan di musim penghujan.

Sekarang jas hujan warna-warni tak hanya dikenakan untuk anak-anak saja, untuk para perempuan kekinian yang selalu menjunjung tinggi fashion dalam hidupmu, sekarang kamu bisa menyesuaikan warna jas hujanmu sesuai keinginan. Jadi, sekarang ini jas hujan bukan seperti jubah nenek sihir yang akan melenyapkan gayamu kan? Masih ragu pakai jas hujan?

Helm

Beautiful helmet

Beautiful helmet via http://www.123rf.com

Helm juga sangat penting digunakan untuk berkendara, baik musim hujan atapun kemarau, untuk melindungi kepala dan wajahmu. Saat musim kemarau tentunya hanya debu saja yang akan menjadi musuh utamamu saat berkendara, tetapi musuh akan bertambah saat musim hujan datang. Saat musim hujan kamu tak hanya melawan derasnya rintik air yang akan mengenai wajahmu, tetapi kamu juga harus melawan embun dan kumpulan air pada kaca helm yang menghalangi pandangan kamu.

Ada satu tips yang sangat praktis untuk menghilangkan embun dan kumpulan air yang mengganggu pandangan pada kaca helm kamu, khususnya bagi kamu perokok aktif. Caranya, kamu cukup merelakan sebatang rokokmu untuk mengambil tembakaunya dan taburkan pada kaca helm kamu, gosokkan secara merata pada bagian dalam dan luar kaca, kemudian bersihkan tanpa dibilas. Untuk kamu yang tidak suka bau tembakau, kamu bisa mengangin-anginkan helm kamu terlebih dahulu sebelum memakainya, bila perlu semprot parfum untuk menghilangkan baunya. Tak hanya praktis dan ekonomis, tentunya kamu akan ikhlas bukan berkorban sedikit demi keselamatan kamu berkendara nanti?

Kurangi Kecepatan

Tikungan tajam

Tikungan tajam via http://www.autoevolution.com

Menguragi kecepatan juga berlaku bagi pembalap juga ya, kecuali kamu sedang mengikuti perlombaan balap motor. Mengurangi kecepatan saat hujan sangat penting karena jalanan menjadi lebih licin dari biasanya, sehingga memungkinkan terjadinya selip. Terutama di tikungan, kamu harus siap menekan rem dan mengurangi kecepatan agar kamu tidak terpeleset.

Apabila hujan semakin deras disarankan supaya kamu berteduh dibandingkan melanjutkan perjalanan. Untuk memilih tempat berteduh sebaiknya kamu menghindari pohon besar dan papan baliho yang terbentang di kanan atau kiri jalan karena rawan roboh sehingga dapat mencelakakan kamu. Jadi, pilihlah tempat yang aman, seperti pinggiran toko atau rumah yang mempunyai teras untuk berteduh dari hujan yang sangat lebat.

Cuci Motor

Cuci salju

Cuci salju via http://laundryjakarta.com

Jika selama ini kamu beranggapan air hujan sama dengan air pada umumnya, sehingga tidak akan menimbulkan masalah setelah motormu bermandikan air hujan adalah kesalahan besar. Kenyataannya, air hujan bersifat asam yang akan menimbulkan karat pada motor kesayanganmu. Tentunya kamu tidak ingin motormu karatan bukan? Maka dari itu, kamu harus segera memandikan ulang motormu dengan air bersih dan menggunakan shampoo khusus motor supaya bodi motormu akan selalu terawat sekaligus jauh dari karat.

Sudah cukup lengkap bukan apa saja yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi musim hujan seperti sekarang ini? Tentunya besok kamu jauh lebih siap untuk melawan derasnya hujan diluar sana. Tetap jaga keselamatan kamu ya, ingat orang-orang tersayangmu masih mengharapkan kedatanganmu. Pastikan safe your ride!

berkendara musim hujan dunia otomotif tips berkendara aman

Related Post

Leave a reply

16 + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.