7 Pengetahuan Dasar Tentang Mobil Yang Harus Kamu Ketahui!

737 views

Buat kamu yang baru pertama kali mengendarai mobil, kamu harus tahu dan mempelajari 7 pengetahuan dasar mengenai mobil ini. Jadi, kamu tidak perlu panik yang berlebihan ketika mobilmu tiba-tiba sakit, terutama buat kamu para wanita. Bagian dari mobil yang paling sederhana pun kamu perlu memeriksanya. Ingat mobil itu masih mesin dan tentunya tidak akan selalu dalam keadaan yang baik-baik saja, jadi kamu pun tetap harus menjaga dan merawat mobilmu.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Tire Pressure

Tire Pressure via shop.chrismyersnissan.com

Menurut data dari Departemen Lalu Lintas Jalan Raya di Amerika Serikat, kecelakaan di jalan raya sering kali terjadi karena kurangnya tekanan angin pada ban. Kecelakaan tersebut telah membuat 33.000 orang mengalami luka berat. It’s so dangerous!

Melihat fakta yang ada, kamu harus sangat hati-hati dan mulai memperhatikan tekanan angin pada mobilmu. Ini memang hal yang kecil, tapi jika tidak diperhatikan, bisa menyebabkan kecelakaan yang besar. Jadi mulai sekarang, rajin-rajinlah memeriksa tekanan angin pada tiap ban mobil kamu ya!

Merotasikan Ban Mobil

Tire Rotation

Tire Rotation via chabillstire.com

Nah, belajar merotasikan ban mobil adalah faktor yang penting juga. Apa sih maksudnya merotasikan ban mobil? Sederhananya adalah ganti ban. Kamu pasti tahu dong setiap mobil pasti mempunyai ban cadangan. Ban cadangan itu bisa digunakan untuk keadaan darurat, misalnya tiba-tiba di jalan ban mobil kalian bocor karena terkena paku.

Cara menggantinya, pertama ambil set dongkrak yang ada di bagian belakang mobil, kemudian turunkan juga ban cadangan milikmu. Setelah itu, ambilah kunci L dan longgarkan baut di velg ban mobil kamu. Kemudian ambillah dongkrak dan letakan di bagian bawah rangka mobil, ambil alat bantu besi dan putarkan agar dongkraknya bisa mengangkat badan mobil. Setelah selesai, ambil ban yang lama dan tukar dengan ban yang baru. Terakhir pasang kembali baut pada velg ban dan selesai.

Memeriksa Radiator

Radiator

Radiator via 4.bp.blogspot.com

Memeriksa radiator termasuk hal yang sangat penting. Jangan sampai air radiatornya habis, karena efeknya bisa sangat berbahaya. Jika hal itu sampai terjadi, mesin mobil akan menjadi sangat panas dan kemungkinan paling buruknya adalah mobil bisa meledak. No, ini bukan film action, jadi kamu perlu memperhatikan air radiator.

Bagaimana caranya? Pertama, buka kap mobil kamu yang ada di bagian depan. Kemudian periksalah jarum yang menunjukkan suhu mobil. Mudah kan cara memeriksanya? Jadi, jangan malas ya!

Nah, apabila mobil tiba-tiba mati karena air radiatornya habis, kamu jangan langsung cepat-cepat membuka radiator. Biarkan mesin mobil kalian dingin dulu. Setelah mesinnya dingin, barulah kamu bisa memeriksa dan menambahkan air pada radiator.

Mengganti Filter Udara Pada Mobil

Filter udara

Filter udara via i562.photobucket.com

Sesuai dengan namanya, filter udara sangat memiliki peran yang penting dalam menyaring udara yang masuk dalam ruang bakaran. Jika udara yang masuk ke dalam mobil itu bersih, maka proses pembakaran bahan bakar akan berlangsung dengan baik. Mobil pun dapat bergerak dengan optimal dan tidak boros bahan bakar.

Setiap jenis mobil memiliki daya tahan filter udara yang berbeda-beda. Jadi, kalian harus tahu benar apa jenis mobil kalian dan kira-kira berapa lama daya tahan yang dimiliki filter udara mobil kamu itu. Jika sudah saatnya diganti, maka kalian harus langsung menggantinya. Jangan malas! Jangan sampai udara atau partikel kotor ikut masuk ke dalam ruang bakar, karena itu sudah pasti akan berakibat buruk.

Bagaimana cara menggantinya? Cara mengganti filter ini sangat mudah. Pertama, buka kotak filter udara, kemudian ambil filter udaranya dan ganti dengan yang baru. Jika kamu masih ragu dan takut, kamu bisa membawa mobil ke bengkel.

Mengganti Oli Mesin Mobil

Oli mobil

Oli mobil via www.kiosban.com

Oli adalah makanan utama untuk mesin, jadi sudah pasti oli ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mobil kalian. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar komponen pada mesin. Oli inilah yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan lancar dan nyaman ketika dikendarai.

Semakin lama waktu oli itu digunakan, semakin menurun pula kualitas oli tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu rutin mengganti oli mobil. Hal ini dilakukan untuk menjaga vitalitas mobil yang kamu kendarai. Jika kamu tidak segera mengganti oli yang sudah lama atau membiarkan oli kotor itu bersemayam di mobil, umur mobilmu bisa berkurang lho! Nggak mau, kan?

Periksa Kelayakan Wiper

Wiper

Wiper via componentworld.files.wordpress.com

Adakah dari kamu yang nggak tahu apa itu wiper? Wiper adalah penyapu air yang letaknya ada di depan kaca depan mobil. Wiper ini berperan sangat penting, terutama saat musim hujan tiba. Untuk itu, wiper ini juga perlu kamu rawat dengan baik.

Bagaimana cara merawatnya? Pertama, perhatikan karet wiper, apabila sudah terlihat retas atau mulai terlihat banyak strach, segeralah ganti karetnya. Jika kalian membiarkan wiper bekerja dengan karet yang sudah getas, wiper ini justru akan merusak kaca mobil kamu. Kedua, jangan mengelap atau membersihkan sisi pinggir wiper, karena di sana terdapat cairan kimia yang dapat menjaga keelastisan dari karet. Terakhir, angkat wiper pada saat kamu tidak menggunakan mobil.

Sederhana sekali kan caranya? Jadi. kamu tidak perlu ke bengkel. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Ingat, jangan malas ya!

Perhatikan Komponen Mobil Yang Sering Menjadi Masalah

Car components

Car components via google.co.id

Ini adalah bagian yang paling penting, yang paling bisa membuat sang pengendara panik. Kamu harus tahu banget soal ini, komponen-komponen mobil ini sering bermasalah. Mari bahas satu per satu:

  • Yang pertama adalah distributor. Distributor adalah komponen yang berfungsi untuk menyuplai tenaga penggerak yang ada di dalam mesin. Jika proses pendistribusian ini terganggu, tentunya akan menghambat kerja mesin.
  • Kedua, koil. Koil adalah komponen yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Apa yang terjadi bila koil rusak? Proses pengapian tidak akan berlangsung. Hal yang sama pun terjadi apabila busi pada mobil rusak.
  • Ketiga, busi. Apabila busi menjadi aus, itu akan terlihat dari bentuk kepala yang rusak dan renggang. Jika ada satu busi yang bermasalah, kalian harus mengganti satu set. Biasanya jika satu busi rusak, maka keadaan busi yang lain pun bisa jadi sama dengan busi yang rusak itu.
  • Keempat, karburator. Karburator adalah sistem pendistribusian bahan bakar secara manual ke dalam silinder. Jika setelan katup karburator tidak tertutup dengan baik, supply bahan bakar di silinder bisa berlebihan dan akibatnya adalah banjir.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pengetahuan dasar tentang mobil. Penting banget untuk kamu memperhatikan kesehatan mobilmu. Mereka memang mesin, tapi mesin juga butuh perawatan. Jadi, jangan cuek saja. Ingat, mereka tidak akan selalu dalam keadaan baik.

Mulai sekarang, rajin-rajinlah melakukan perawatan untuk mobil kalian. Jika mobilmu sehat, kamu jadi nggak was-was untuk mengendarainya. Mobil sehat, kamu pun senang. Oke! Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Good luck!

dunia otomotif pengetahuan tentang mobil perawatan kendaraan roda 4 tips merawat mobil kesayangan

Baca Juga

Leave a reply

two × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.