7 Tips Mudah Dan Sederhana Untuk Merawat Motor Kesayanganmu!

505 views

Di era yang semakin modern saat ini kamu tahu kan kalau untuk melakukan aktivitas sehari-hari entah itu ke kampus, kantor, atau mall, kamu telah dimudahkan dengan adanya kendaraan. Salah satu contohnya yang paling akrab dan banyak peminatnya yaitu motor. Benar sekali tentunya kamu sangat akrab dengan kendaraan yang satu ini kan? Ingin kemana-mana pasti selalu menggunakannya, selain fleksibel, motor juga cenderung lebih gampang menembus kemacetan ketimbang mobil lho!

Memiliki kendaraan yang awet dan tahan lama, pasti sudah menjadi impianmu bukan? Namun, kamu juga harus tahu gimana caranya merawat motor dengan cara yang baik dan benar lho, sayang kan jika baru digunakan beberapa lama, tapi sudah harus keluar masuk bengkel, selain melelahkan pastinya kantong kamu juga bakalan terkuras. Jadi, mau tahu gimana tips mudah dan sederhana yang dapat membuat motor kesayangan kamu tetap awet dan tahan lama? Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Panaskanlah Mesin Motormu Terlebih Dahulu Sebelum Menggunakannya

Cara memanaskan mesin motor yang benar

Cara memanaskan mesin motor yang benar via automodifer.blogspot.co.id

Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk merawat motormu adalah dengan cara memanaskan mesin terlebih dahulu, sebelum kamu menggunakannya. Gak usah terlalu lama yah, cukup luangkan waktumu sekitar 5 menit untuk melakukannya karena jika kelamaan pipa knalpot akan lebih gampang berkarat dan menguning lho.

Ingat yah, kamu harus melakukannya secara rutin setiap hari agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak sehingga dapat membuat motor kamu bisa tetap awet.

Gampang, kan? Jadi nggak ada alasan lagi buat kamu untuk tidak melakukannya yah, apalagi kalau hanya dengan alasan tidak ada waktu atau terburu-buru untuk segera jalan. Sayangilah kendaraanmu yah!

Rajinlah Untuk Selalu Membersihkan Kendaraan Bermotormu

Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya

Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya via galiho.wordpress.com

Satu lagi nih yang harus diperhatikan yaitu selalu memastikan motor kamu dalam keadaan bersih yah. Usahakanlah untuk senantiasa membersihkannya jika dirasa sudah mulai kotor sebab hal sederhana ini dapat merawat kerangka motor kamu lho agar terhindar dari karatan dan keropos.

Biasanya kamu kurang memperdulikan hal yang satu ini. Padahal manfaatnya penting lho untuk keawetan motor. Selain itu, dengan kondisi motor yang bersih pastinya akan membuat kamu semakin percaya diri dalam berkendaraan. Jadi, tunggu apalagi? Selagi motor kamu masih dalam kondisi baik, gak ada salahnya untuk melakukannya.

Ingat yah, jika bisa melakukannya sekarang mengapa harus nunggu sampai masuk bengkel?

Parkirlah Di Tempat yang Teduh Atau Gunakanlah Pelindung Motor

Menggunakan pelindung motor

Menggunakan pelindung motor via covermotorfortcover.blogspot.co.id

Perlu kamu tahu bahwa faktor yang mempengaruhi keawetan barang yang dimiliki itu tergantung dari cara kamu memperlakukannya dan merawatnya lho! Apalagi kalau barang tersebut memiliki manfaat yang begitu banyak, tentunya sayang kan jika harus rusak padahal kamu belum lama membelinya.

Tak perlu risau, kamu masih bisa kok melakukannya dari sekarang. Contohnya, seperti merawat motor kamu agar tetap awet dengan cara sederhana seperti memarkirkannya di tempat yang teduh atau bisa juga kamu menggunakan pelindung motor. Hal ini bertujuan agar body motor kamu tidak mudah pudar dan keropos akibat terkena sinar matahari ataupun hujan.

Kelihatannya sepele, kan? Namun, manfaatnya besar lho untuk kondisi motor kamu. Jadi, lebih telitilah dalam menjaga dan merawat kendaraanmu ya.

Periksalah Selalu Kondisi Busi Pada Motor

Tips cara melepas dan memasang busi motor yang benar

Tips cara melepas dan memasang busi motor yang benar via otonity.com

Satu hal yang perlu kamu tahu, busi yang ada pada motor sangatlah penting bagi kelancaran mesin. Biasakanlah untuk selalu mengeceknya. Seandainya masih layak, maka kamu masih bisa menggunakannya kembali namun jika tidak sebaiknya kamu harus segera menggantinya yah.

Selain mengecek kondisi busi kamu juga harus memperhatikan keadaan kabel yang menghubungkan arus listrik ke busi, jika sudah terlihat tanda-tanda tidak normal seperti ada retakan atau lainnya sebaiknya harus diganti.

Jika kamu mampu melakukannya dengan baik, maka sudah hal yang pasti jika motor kamu akan tetap awet. Selamat mencoba.

Mengecek Kondisi Aki

Cara memeriksa kondisi aki pada motor

Cara memeriksa kondisi aki pada motor via cicakkreatip.com

Selain itu, agar motor kamu tetap awet serta nyaman digunakan jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi akinya. Menurut seorang mekanik, meskipun motor yang diproduksi tahun 2000 ke atas telah menggunakan jenis aki yang tidak memerlukan perawatan khusus, tetapi kamu harus wajib menggantinya maksimal tiga tahun sekali lho!

Kamu nggak mau kan kalau motormu tiba-tiba tidak mampu di-starter dikarenakan kondisi aki yang sudah tidak baik, tentunya sangat mengesalkan bukan? Apalagi kamu sedang terburu-buru ingin pergi ke suatu kegiatan. Jadi, mulailah untuk selalu memperhatikan dan mengecek seluruh mesin kendaraan kamu ya!

Rajin Memeriksakan Kondisi Motor Di Bengkel

Rutin melakukan service pada motor

Rutin melakukan service pada motor via infopublik.id

Jika kamu tidak mengerti dengan mesin-mesin yang ada di motor dan tidak tahu gimana cara mengecek kondisinya, alangkah baiknya jika kamu memeriksakan motor kamu di tempat service atau bengkel yang kamu percaya.

Ketika kamu rajin melakukannya, pastinya motormu akan mendapatkan penanganan serta pemeriksaan yang tepat lho! Selain itu, ongkos yang kamu keluarkan juga tentunya tidak akan begitu besar, ketimbang ongkos yang dikeluarkan ketika motor kamu telah bermasalah.

Dengan rajin memeriksakan motor sekali atau dua kali dalam sebulan, kamu tentu dapat memastikan kondisi mesin motormu dalam kondisi baik, sehingga kamu akan lebih nyaman ketika akan menggunakannya. Jadi, kamu setidaknya harus senantiasa meluangkan waktu kosongmu guna memeriksakan motor di bengkel atau tempat service terpercaya.

Berkendaralah Dengan Baik dan Benar

Berkendara yang baik dan benar

Berkendara yang baik dan benar via indonesiautosblog.com

Untuk yang satu ini, penting bagi kamu yang akan berkendaraan. Jadi, ketika akan melakukan aktivitas dengan mengendarai sepeda motor haruslah hati-hati, ingat jangan membawanya dalam kecepatan tinggi. Karena selain berbahaya bagi diri sendiri juga akan mempengaruhi kondisi ketahanan rantai sepeda motor kamu lho.

Info yang nggak kalah pentingnya nih, kamu juga harus senantiasa mengecek rantai sepeda motormu yah, jika sudah mulai kering segeralah melumasinya dengan oli. Tujuannya agar rantai sepeda motormu tidak mudah putus dan selain itu juga menghindari suara bising yang dapat terjadi. Tentunya kamu tidak mau kan mengendarai motor dengan suara yang membuat telinga sakit, apalagi sampai mengganggu orang-orang yang ada di sekitar. Nggak banget deh!

Nah, untuk itu mulai sekarang biasakanlah untuk selalu menjaga dan merawat kondisi motor kamu ya. Mungkin kamu bisa memulainya dengan mencoba melakukan tips-tips sederhana tadi. Selain mudah kamu juga gak harus menguras kantongmu dalam-dalam. Ingat semuanya bukan tanpa alasan lho, sebab dengan motor yang awet dan tahan lama pastinya manfaat yang akan kamu peroleh juga tidak sedikit, sebab saat ini kendaraan adalah salah satu yang vital dalam kehidupan, selamat mencoba ya!

cara merawat motor kesayangan dunia otomotif menjaga kondisi motor

Related Post

Leave a reply

two × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.