8 Kegiatan Sehari-hari Ini Bisa Disisipi Olahraga Ringan Untuk Kesehatanmu!

721 views

Kamu jarang olahraga karena nggak ada waktu? Sibuk? Atau memang karena malas untuk memulai? Duh jangan malas-malas dong guys, olahraga itu penting banget buat kesehatan kamu. Olahraga membuat badan kamu bugar dan membakar lemak berlebih di tubuh.

Olahraga nggak harus dilakukan di luar rumah. Nggak harus ke tempat gym. Nggak harus berat. Kamu bahkan bisa berolahraga di sela-sela aktivitasmu loh. Di bawah ini ada beberapa olahraga ringan yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

Bangun Pagi dan Fitness Sebentar di Rumah.

Push up

Push up via www.gilasport.com

Bangun tidur yang biasanya kamu lakukan dengan bermalas-malasan di balik selimut sebaiknya mulai dihilangkan deh guys. Kamu bisa melakukan sit up dan push up. Nggak harus ngambil set yang banyak, kamu bisa hanya dengan melakukan 2-3 set.

Sit up bisa membantu mengempiskan perut buncit kamu, sedangkan push up bisa memperkuat lengan kamu. Intinya sih kegiatan ini bisa membakar lemak kamu. Biar lebih semangat lagi, kamu bisa melakukannya sambil memutar MP3 dari handphone kamu.

Nggak bikin capek kan? Tapi asalkan kamu melakukannya rutin setiap hari, dijamin hasilnya akan maksimal guys. Jangan lupa juga, cara melakukannya harus benar ya, biar olahraga kecil kamu nggak sia-sia.

Bakar Lemakmu Dengan Dance.

Zumba dance

Zumba dance via www.gudangkesehatan.com

Kamu suka menari? Break dance? Nah, bisa deh kamu lakukan kegiatan ini sebagai pengganti olahraga kamu. Jangan salah loh, menari menggunakan gerakan-gerakan yang bisa memacu keringat dan tentunya menyehatkan.

Gerakan dance seperti aerobik menggunakan anggota tubuh seperti tangan, kaki, leher, pinggul dan perut sehingga membuat semua anggota badan bergerak. Gerakan dance yang banyak sehingga membutuhkan tenaga ekstra membuat pembakaran lemak semakin efektif.

Kegiatan ini akan lebih efektif lagi bila dilakukan selama minimal 45 menit setiap harinya. Bahkan jika kamu melakukannya selama sebulan rutin, kamu bisa menurunkan banyak berat badan kamu. Kalau kamu benar-benar sibuk, setidaknya lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Saat ini banyak kelas dance yang dibuka, contohya saja kelas zumba yang lagi tenar di kalangan cewek-cewek berbadan gembul. Selain itu gerakan yang menyenangkan diiringi musik yang menyentak membuat kita senang dan bersemangat dalam melakukannya.

Berjalan-jalan Dengan Peliharaan Kesayangan.

Jalan-jalan bareng anjing tersayang

Jalan-jalan bareng anjing tersayang via haiineola.com

Kamu punya anjing atau kucing yang bisa diajak berjalan-jalan sore? Kegiatan ini bisa kamu jadikan ajang berolahraga guys. Jalan-jalan di sini maksudnya dengan ”berjalan kaki” ya, bukan dengan kendaraan mobil kamu itu.

Jalan kan termasuk kegiatan menggerakkan badan juga, terutama kaki. Jadi selain membakar lemak dan kalori, kegiatan santai ini juga mampu memperkuat tulang kaki kamu. Bagus juga untuk latihan kardio. Dijamin, jalan-jalan santaimu sekaligus bisa menyehatkan kamu.

Hati Senang Badan Pun Sehat Dengan Berbelanja.

Shopping..shopping..shopping

Shopping..shopping..shopping via forbes.com

Buat kamu cewek yang hobi shopping, sadar nggak sih kalau sebenarnya kegiatan berbelanja kamu itu sekaligus olahraga buat kamu? Tentu saja berbelanja di pusat perbelanjaan, jadi tinggalkan online shop dulu ya yang malah bikin kamu nggak bergerak dan menumpuk lemak.

Biasanya kegiatan hunting barang di mall yang luas membuat kamu harus mondar-mandir kesana-kemari untuk menemukan barang yang kamu cari. Apalagi kamu para ladies biasanya lama kalau berbelanja. Berbelanja bisa sampai menghabiskan waktu selama 3 jam hanya untuk membandingkan kualitas dan harga barang.

Hati puas badan pun sehat. Nah, buat kamu cowok yang lagi nganterin ceweknya atau mamanya berbelanja, anggap saja ini sebagai olahraga kamu ya.

Kumpul-kumpul Sehat Dengan Olahraga Tim.

Futsal

Futsal via www.longfield.uk.com

Siapa sih yang nggak suka game olahraga? Ya tentu saja bukan game online yang bikin kamu harus ada di depan komputer sampai berjam-jam dan nggak melakukan pergerakan kecuali jari-jari dan mata kamu.

Cobalah keluar dan bermain permainan yang mengandalkan fisik kamu. Selain fun, dapat manfaat kesehatannya juga. Kamu bisa main futsal yang belakangan menjadi olahraga yang paling diminati kebanyakan orang. Selain futsal masih ada banyak permainan menarik lainnya seperti basket, voli, voli air, sepak bola dan badminton.

Permainan-permainan tersebut mengandalkan pergerakan seluruh anggota badan. Selain itu memaksa kamu untuk berlari. Olahraga secara bertim membuat kamu lebih bersemangat melakukannya karena dilakukan bersama teman-teman. Ini juga bisa mengganti acara nongkrong kamu.

Nah, tapi jangan terlalu berlebihan juga ya guys, kalau keasikan dan nggak ingat waktu biasanya malah bikin kamu kekelahan. Jangan lupa untuk istirahat. Selain itu waktu diperhatikan juga. Idealnya aktivitas ini dilakukan pada pagi atau sore hari untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Kamu bisa menjadwalkan 3-4 kali latihan dalam seminggu.

Naik-turun Tangga.

Naik lewat tangga

Naik lewat tangga via www.metrotvnews.com

Kalau kamu anak kuliahan atau pegawai kantoran generasi pemalas mungkin lebih memilih naik lift ketika berada pada gedung bertingkat. Nah, mulai sekarang kamu bisa deh berangkat ke kampus atau ke kantor lebih awal dan gunakan fasilitas tangga.

Naik turun tangga secara tidak langsung merupakan kegiatan berolahraga. Kaki mengambil peran penting dalam kegiatan ini sehingga jika kamu rutin melakukannya akan membuat tulang kaki kamu kuat. Selain itu naik turun tangga bagus untuk latihan kardio juga kan.

Posisikan badan kamu yang benar ya. Posisi badan harus tegak dan jangan menunduk layaknya orang yang tak bergairah. Hal ini untuk melatih pernafasan dan tulang punggung kamu agar tidak  mengalami masalah pembengkokan tulang.

Malas Gerak? Yoga Solusinya.

Yoga di rumah

Yoga di rumah via greatist.com

Kalau kamu nggak suka banyak bergerak, kamu bisa memanfaatkan kegiatan yoga. Kamu bisa mengikuti kelas yoga atau yoga sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengkondisikan rumah kamu tetap tenang. Bisa juga sambil mendengarkan lagu yang menenangkan.

Yoga efektif untuk membakar lemak dan kalori. Jadi bisa sekalian menurunkan berat badan kamu. Selain itu yoga juga memberikan efek relaksasi. Kegiatan ini mampu untuk menjaga proses metabolisme pada tubuh kamu. Kamu bisa melakukan yoga 2-3 kali dalam seminggu.

Berenang dan Bersepeda, Latihan Kardio yang Menyenangkan.

Bersepeda

Bersepeda via tieba.baidu.com

Kalau kamu bosan dengan olahraga jogging, kamu bisa menggantinya dengan kegiatan yang lebih menyenangkan lainnya seperti berenang dan bersepeda. Berenang di saat cuaca panas memang menyenangkan, apalagi bersama dengan teman-teman kamu.

Kamu tentu tahu kan kalau berenang bisa menambah tinggi badan? Selain itu, tekanan dalam air lebih besar dibandingkan di luar air sehingga ketika bergerak di dalam air kamu akan sedikit kesusahan dan tentu saja memerlukan energi ekstra hanya untuk bergerak. Karena hal inilah kalori kamu akan semakin banyak terkuras dan bagus banget untuk menurunkan berat badan. Selain itu gerakan dalam renang bisa mengencangkan dan menguatkan otot-otot kamu.

Kamu bisa melakukan renang 2-3 kali dalam seminggu. Kamu bisa menggunakan gaya apa saja dalam berenang. Nggak usah khawatir juga kalau kamu nggak bisa renang, kamu bisa kok hanya berjalan dari ujung kolam renang yang satu dan menyebrangi kolam ke ujung yang lainnya.

Selain berenang, kamu bisa menggunakan sepeda kamu untuk olahraga. Bersepeda cukup efektif dalam membakar kalori dan mengecilkan perut. Kamu bisa bersepeda 2-5 kilometer setiap harinya. Nah kalau nggak ada waktu, kamu bisa bersepeda ketika hendak pergi ke kampus atau sekedar ke supermarket sebagai pengganti kendaraan bermotor kamu.

Selain pola makan yang baik dan benar, kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga agar bentuk badan yang ideal dan sehat ada di tangan kamu. Nggak ada alasan untuk tidak berolahraga. Sebagai generasi sehat, olahraga harus masuk dalam kegiatan rutin kamu.

Kalau kamu sibuk, kamu bisa menyisipi aktivitas kamu dengan olahraga ringan. Kalau kamu malas, kamu bisa menyiasatinya dengan olahraga yang membuat kamu senang dan bersemangat untuk melakukannya.

Beberapa kegiatan di atas bisa kamu jadikan referensi untuk kegiatan berolahraga kamu. Dijamin nggak akan menghabiskan banyak waktu kamu. Nggak bikin kantong kempes. Dan yang pasti, lakukanlah dengan senang hati ya!

dunia kesehatan dunia olahraga olahraga ringan rajin olah raga

Related Post

Leave a reply

5 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.