8 Mobil Murah Irit BBM yang Paling Tepat Buat Kamu!

409 views

Ketika musim hujan tiba, pastilah kalian yang sudah menginjak usia 17 tahun ke atas dan sudah mengendarai motor, merasa tidak nyaman. Kalau hujan pagi, bisa-bisa pakaian terbaik kalian untuk sekolah atau kuliah harus basah kuyup karena kehujanan. Kalau sudah begitu, mood belajar sudah down dan ujung-ujungnya malas, kan?

Kalau hujannya siang, untuk kalian yang sudah punya rencana hang out bareng teman-teman, akhirnya tertunda hanya karena menghindari resiko pakaian kalian basah. Hmm, sedikit alay kalau contoh yang itu, tapi memang benar adanya. Pasti kesal kan kalau sudah begitu? Dan akhirnya kalian menyalahkan hujan.

Kok kita bahas hujan sih? Ya, karena hal yang akan saya bahas biasanya sangat membantu ketika hujan. Yup, saya akan membahas tentang mobil, alat transportasi yang sangat membantu pada musim hujan. Kalau diberi pilihan untuk membeli mobil mewah atau mobil irit bahan bakar, mungkin untuk para mahasiswa akan memilih yang irit bahan bakar.

Oke, mobil irit bahan bakar itu pada umumnya berukuran kecil alias mobil minimalis. Untuk mahasiswa cocok nih, apalagi dengan budget yang kalian miliki tidak begitu besar, pastilah ini membantu. Kok membantu? Karena mobil minimalis biasanya harganya lebih murah dan kalau irit bahan bakar, pengeluaran untuk membeli bensin akan lebih kecil.

Di Indonesia, ada beberapa macam atau merk atau jenis mobil yang irit bahan bakar. Seperti yang sudah saya katakan di atas, biasanya mobilnya berukuran kecil, tapi tidak mengecewakan. Saya akan memberikan beberapa mobil irit bahan bakar yang recommended dan bisalah jadi target kalian yang mau beli mobil.

Toyota Agya

Toyota Agya

Toyota Agya via nasmoco.co.id

Bertemu dengan mobil pertama, Toyota Agya. Mobil yang satu ini merupakan mobil murah paling irit untuk saat ini. Udah murah, irit pula. Cukup bensin 1 liter untuk menempuh jarak 19.3 km pada jalan yang lengang ya. Kalau macet, ya bukan salah saya. Tapi itu termasuk sangat irit, guys.

Toyota Agya menggunakan mesin bertipe 1KR DOHC 12 Valve dengan teknologi Electronic Full Injection yang secara otomatis mampu meningkatkan efesiensi BBM. Walaupun sangat irit, mobil yang satu ini kemampuan mesinnya jangan diremehkan. Power mesin ini mencapai 6000 rpm dan torsi 3600 rpm melalui mesin berkapasitas siliner 998 cc.

Kalau kalian tanya urusan harga, tenang, Toyota Agya merupakan mobil yang murah dengan kualitas oke. Harga yang diberikan mulai dari Rp109 Jutaan sampai yang paling mahal Rp132 Jutaan. Wah, kalau kata saya sih “sempurna”, udah murah, irit BBM pula.

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla via www.bandung-daihatsu.com

Toyota Agya masih terlalu mahal? Saya merekomendasikan mobil kecil yang satu ini, Daihatsu Ayla. Mobil ini dibanderol dengan harga super murah sekitar Rp84 Jutaan sampai yang paling mahal sekitar 120 Jutaan. Gimana? Lebih murah dari yang sebelumnya kan?

Walaupun harganya murah, keiritan bahan bakar dari mobil ini tidak perlu diragukan. Kalian cukup menggunakan 1 liter untuk menempuh jarak 19.5 km. Daihatsu Ayla menggunakan mesin bertipe D26F 1KR-DE dengan 3 silender yang mampu menghasilkan power mencapai 6000 rpm, dan torsi mencapai 3600 rpm. Mesin mobil ini berkapasitas 998 cc.

Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki Karimun Wagon R GS via suzukikalimalang.com

Selanjutnya ada mobil keluaran Suzuki nih. Mobil yang satu ini juga irit bahan bakar dan harganya yang murah sangat mendukung untuk dimiliki. Cocok untuk kalian yang suka jalan-jalan, butuh mobil, tapi yang murah dan irit bahan bakar. Ini mobil recommended.

Karimun Wagon R GS menggunakan mesin bertipe K10B, DOHC yang memiliki kapasitas silinder 998cc dan dilengkapi sistem pembakaran bahan bakar bertekenologi Multi-point Fuel Injection, sehingga menjamin pembakaran lebih sempurna. Itu dia mengapa salah satu mobil keluaran Suzuki ini sangat irit bahan bakar.

Kalau kalian memiliki mobil ini, kalian bisa menggunakan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 20.7 km. Lebih irit dari dua mobil yang sebelumnya saya bahas kan? Tapi, kalau sudah berada di jalanan yang padat kendaraan sampai mengalami kemacetan, kemungkinan penggunaan bahan bakar akan lebih boros.

Datsun Go+

Datsun Go+

Datsun Go+ via hermansusilo.com

Perkenalkan, Datsun Go+, mobil yang dibuat oleh anak perusahaan Nissan. Mobil ini merupakan bukti kebijakan pemerintah tentang Low Cost Green Car. Mobil ini murah tapi tetap irit bahan bakar, guys. Kemampuan mesin mobil ini pun juga tidak kalah dengan 3 mobil yang saya rekomendasikan di atas.

Mesin yang digunakan Datsun Go+ bertipe Petrol Engine yang memiliki kapasitas silinder 1,198 cc dan dilengkapi dengan 3 silinder. Mobil ini mampu menempuh jarak 19.7 km dengan bensin 1 liter. Harga dari mobil ini dibanderol dekitar Rp85 Jutaan sampai yang paling mahal Rp102 Jutaan. Hmm, murah ya, guys.

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya via www.mobilhondabanten.com

Mobil ini adalah mobil incaran saya sejak diluncurkan ke pasaran. Bentuknya yang menarik membuat saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Walaupun mungil seperti itu, harganya pun tidak sulit untuk dijangkau, hanya perlu menabung lebih banyak saja. Mobil ini merupakan mobil LCGC terbaik tahun 2015.

Desain mesin yang digunakan adalah mesin 1.2 Liter SOHC silinder segaris dengan 16 katup i-VTEC + DBW. Mobil ini mampu menempuh jarak 21.2 km dengan bensin 1 liter. Terbukti sangat irit ya. Kalau ditanya harganya, mobil keluaran honda ini dibanderol harga Rp114 Jutaan sampai Rp125 Jutaan.

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage via www.carside.in.th

Mitsubishi Mirage sepertinya merupakan mobil yang irit bahan bakar, tetapi tidak masuk golongan murah. Harga yang diberikan untuk mobil ini sekitar Rp156 Jutaan sampai Rp178 Jutaan. Dibandingkan dengan lima mobil di atas, ternyata harga mobil ini termasuk mahal.

Mesin berteknologi DOHC MIVEC dengan mesin mencapai 1.193 cc. Selain itu, didalamnya juga dilengkapi fitur ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) yang membuatnya hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 22.4 km. Lebih irit dari lima mobil sebelumnya, ya?

Nissan March

Nissan March

Nissan March via www.tokopedia.com

Nissan March ini merupakan salah satu mobil irit bahan bakar keluaran Nissan. Dengan bensin 1 liter, mobil ini mampu menempuh jarak 21 km. Cukup irit ya, guys. Tapi sangat disayangkan, mobil ini tidak masuk LCGC. Harga yang dibanderol terlalu tinggi yaitu sekitar Rp149 Jutaan sampai Rp191 Jutaan.

Mesin yang digunakan Nissan March bertipe HR15DE dengan kapasitas silinder sebesar 1198 cc. Dilengkapi teknologi Continously Variable-Valve Timing Control (CVTC) yang mampu meningkatkan performa mesin dan membuatnya lebih hemat bahan bakar. Kemampuan mesin Nissan March memang tidak perlu diragukan lagi.

Kia Picanto

Kia Picanto

Kia Picanto via indianautosblog.com

Ini yang terakhir, Kia Picanto. Mobil ini menurut saya cukup kecil tapi nyaman untuk digunakan sendiri. Mobil keluaran pabrik asal Jepang ini irit bahan bakar tapi tidak irit harga barangnya alias harga mobilnya. Harga Kia Picanto dibanderol mulai dari Rp171 Jutaan. Cukup menguras dompet ya, guys.

Kia Picanto mampu menempuh jarak sekitar 19 km dengan bensin 1 liter. Itu semua didukung dengan mesin bertipe Kappa 1.2 MPI Engine Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter dan memiliki kapasitas silinder 1200 cc. Kia Picanto telah dilengkapi fitur Eco Mode yang memberikan informasi mengenai pemakaian bahan bakar.

Nah, itu dia 8 mobil yang murah dan irit bahan bakar. Jadi, mulai sekarang menabunglah kalian wahai mahasiswa atau pelajar SMA yang sudah 17 tahun ke atas, yang membutuhkan mobil sebagai alat transportasinya. Lebih bangga kalau bisa beli dengan uang sendiri, kan daripada merengek kepada orang tua. Semangat menabung!

dunia otomotif Mobil Murah Irit BBM mobil paling irit

Related Post

Leave a reply

fifteen − 4 =