8 Olahraga Tradisional Ini Unik dan Seru Untuk Dimainkan! Penasaran?

790 views

Jaman dahulu ketika masih SD, permainan tradisional itu sudah tidak asing lagi karena sering bermain bersama teman-teman. Permainan tradisional ini benar-benar praktis dan murah. Bisa dilakukan di lapangan, di halaman, bahkan ketika Indonesia merayakan ulang tahunnya, olahraga tradisional ini tidak pernah ketinggalan sebagai ajang perlombaan.

Sebenarnya di Indonesia sendiri banyak sekali permainan olahraga tradisional yang cukup terkenal. Dari Sabang sampai Merauke, tiap daerah memiliki kekayaan permainan olahraga tradisionalnya sendiri-sendiri. Bahkan, ada permainan olahraga tradisional yang sudah sampai manca negara lho.

Nah, apa saja sih olahraga tradisional tersebut? Berikut macam-macamnya!

Olahraga Bakiak

Bakiak

Bakiak via satuharapan.com

Siapa yang tidak tahu atau bahkan belum pernah memainkan olahraga bakiak ini? Pasti kebanyakan sudah pernah bermain olahraga bakiak ini ya? Bakiak merupakan olahraga tradisional yang ada di Yogyakarta. Bakiak ini dahulu sering kita jumpai ketika Indonesia sedang merayakan hari ulang tahunnya. Iya, bakiak inilah biasanya yang mewarnai lomba pada hari kemerdekaan Indonesia. Dalam permainan bakiak ini terdiri dari beberapa orang dalam setiap regunya. Biasanya terdiri dari lima orang setiap regunya.

Cara memainkannya cukup mudah, tinggal ayunkan kaki secara serempak. Kanan-kiri, kanan-kiri, kanan-kiri, begitulah cara memainkan olahraga bakiak supaya bisa berjalan dengan cepat. Butuh kekompakan dalam olahraga bakiak ini. Keseimbangan juga penting dalam olahraga bakiak ini. Karena tidak bisa menyeimbangkan sedikit saja bisa terjatuh. Seru kan ya?

Olahraga Egrang

Egrang

Egrang via photo.sindonews.com

Pernah gak kalian melihat badut sirkus yang tingginya sampai menjulang? Iya, badut tersebut memakai egrang sehingga tingginya bisa melebihi orang pada umumnya. Nah, ternyata egrang ini juga merupakan olahraga tradisional juga lho. Egrang ini merupakan olahrag yang turun temurun dari nenek moyang kita dahulu. Egrang bisa juga dimainkan oleh dua orang dalam tiap regunya. Namun, pada umumnya egrang dimainkan satu orang saja.

Egrang di Yogyakarta sendiri sudah masuk kedalam FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) lho. Wah, keren ya?

Olahraga Lompat Tali

Lompat Tali

Lompat Tali via sistempemerintahan-indonesia.blogspot.co.id

Nah permainan ini merupakan permainan yang disukai kaum hawa. Karena biasanya para pemain lompat tali kebanyakan kaum hawa. Untuk membuat permainan talinya sangat mudah. Tinggal siapkan beberapa karet gelang, untuk jumlahnya bisa disesuikan dengan kebutuhan kita. Tinggal kita kaitkkan saja tali yang satu ke tali yang lainnya hingga berbentuk memanjang seperti pada gambar di atas.

Setelah itu untuk memainkannya kamu memilih dua orang temanmu untuk memegang sisi kanan dan kiri tali karet tersebut. Nah, giliran kamu untuk bisa melompati tali tersebut. Permainan olahraga lompat tali ini biasanya diawali dengan ketinggian dasar sekitar betis. Hingga akhirnya sampai pada kepala. Untuk tingkatan yang tinggi kamu bisa menggunakan gaya koprol untuk melewatinya.

Olahraga Gobak Sodor

Gobak Sodor

Gobak Sodor via tradisionalpermainan.wordpress.com

Permainan olahraga gobak sodor ini merupakan olahraga yang membutuhkan strategi untuk bermain. Gobak sodor atau galah asin merupakan permainan grup yang terdiri dari dua grup di mana setiap grupnya terdiri dari 3-5 orang per grup. Permainan ini bisa dimainkan di lapangan bulu tangkis karena sudah terdapat garis-garis penentunya. Namun, jika ingin bermain di lapangan bisa saja, kamu hanya perlu membuat garis-garis penentunya dari kapur.

Kamu tinggal membuat persegi empat yang nantinya dibagi menjadi 6 bagian. Mudah bukan? Permainan olahraga gobak sodor ini menghadang lawan supaya tidak lolos melewati baris hingga akhir dan berbalik lagi.

Olahraga Balap Karung

Balap Karung

Balap Karung via kabardigital.com

Lomba balap karung juga tak kalah ketinggalan untuk mewarnai Hari Kemerdekaan Indonesia. Biasanya masyarakat Indonesia banyak yang mengadakan olahraga balap karung ini ketika 17 Agustus. Olahraga ini sangat mengasyikkan. Karena di olahraga ini kita dilatih untuk melompat dengan cepat namun dibatasi dengan sebuah karung yang tebal. Ini merupakan olahraga yang menantang dengan mengandalkan kecepatan.

Olahraga balap karung ini juga harus mempunyai keseimbangan. Jika tidak bisa terjatuh ke depan bahkan ke belakang. Setiap peserta olahraga balap karung terdiri dari satu orang untuk mengisi satu karungnya. Nah, kamu pernah memainkan olahraga ini?

Olahraga Panahan Tradisional Mataraman.

Panahan tradisional

Panahan tradisional via analisadaily.com

Jika pada umumnya kita sudah sering melihat lomba panahan di SEA GAMES. Biasanya lomba panahan dilakukan dengan berdiri dan alatnya pun sudah modern. Namun, lain halnya di kota Yogyakarta yang berada di Kampung Karangnongko RT 09 RW 13 Maguwoharjo, Depok, Sleman. Panahan ini sangat berbeda pada umumnya karena dilakukan dengan duduk bersila dan memakai baju adat jogja. Dengan beralaskan tikar, para pelomba panahan ini duduk dengan rapi.

Uniknya lagi, ternyata busur dan anak panahnya terbuat dari bambu petung lho. Bambu petung ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi saja. Itulah keunikan dan keistimewaannya. Peserta boleh laki-laki bahkan ada pula yang perempuan. Untuk laki-laki juga sama halnya dengan wanita, duduk bersila dan memakai baju adat jogja beserta blangkon di kepala.

Olahraga Engkleng

Engkleng

Engkleng via foto.tempo.com

Dulu semasa kecil, kita sangat menyukai sekali bermain engkleng. Permainan olahraga engkleng inipun tidak perlu jauh-jauh dan mahal untuk memainkannya. Cukup sediakan kapur putih untuk menggambar garis-garisnya di lantai. Bisa juga kamu membuat garis-garisnya di tanah menggunakan kerikil dengan syarat tanah yang rata. Setelah kamu membuat garis-garisnya tinggal mainkan saja dengan teman-temanmu.

Nah, praktis dan mudah kan? Untuk bermain engkleng ini setiap orang harus mempunyai ‘gacuk’. Gacuk di sini maksudnya seperti batu atau benda untuk penanda sampai di mana langkah engkleng kamu. Dan setiap pemain harus mempunyai gacuk yang berbeda ya agar mudah untuk dibedakan.

Olahraga Egrang Batok Kelapa

Egrang batok

Egrang batok via bogorgate.com

Nah ada juga permainan olahraga egrang batok. Engrang batok ini terbuat dari batok kelapa yang sudah kering. Kamu bisa membuat engrang batok sendiri lho. Pilih kelapa yang sudah tua lalu dibelah menjadi dua setelah itu dibuang kelapanya. Lalu batok yang sudah pisah dari kelapa tadi pada tengahnya dilubangi. Setelah itu tali dimasukkan pada lubang batok tadi dan diikat kencang di dalam batoknya. Nah , begitu pula untuk batok yang satunya. Batok sudah siap dan tinggal dimainkan!

Namun, seiringnya berkembangnya teknologi dan sains yang serba cepat juga canggih menjadikan kehidupan manusia serba praktis. Bahkan karena gadget yang canggih itulah banyak yang anti-sosial. Dengan anti-sosial itulah jarang orang mau bertegur sapa. Terlebih anak-anak kecil jaman sekarang yang lebih disibukkan pada gadget.

Akibatnya, olahraga tradisional ini sudah sangat jarang ditemui karena kurang peminat dan telah tergeser oleh gadget. Jangan sampai permainan tradisional ini hilang karena tergesernya budaya barat.

Nah, itu tadi beberapa permainan olahraga tradisional peninggalan nenek moyang kita yang harus kita jaga dan lestarikan. Kamu bisa mengajak saudara, adik, atau teman kamu untuk mencoba permainan ini. Tidak ada salahnya kan walaupun jaman sudah berkembang pesat.

dunia olahraga olahraga sederhana Olahraga tradisional indonesia olahraga unik Permainan tradisional

Baca Juga

Leave a reply

four + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.