Ayo Siapa Yang Kenal Sama Setan Lokal Ini?? Pasti Belum Kenal Kan?

707 views

Guys kamu pasti kenal betul sama pocong dan kuntil anak, mereka adalah selebritisnya bangsa setan. Di mana pun di Indonesia ini pasti banyak deh yang udah ketemu sama mereka. Namanya setan, kalau ketemu pasti bikin manusia lari seribu langkah. Ketemu setan jelas bikin ill feel, pergi kemana-mana jadi takut, bahkan rasa takutnya lebih serem dari bertemu dengan teroris. Saya berani jamin, seserem apapun teroris di dunia ini, kalau ketemu kuntil anak pasti langsung BAB di tempat. Suer deh.

Dalam postingan kali ini sengaja saya membawa isu tentang setan, tepatnya setan lokal. Setan-setan yang saya bawakan kali ini profil nya enggak beken, mereka gak begitu dikenal karena jarang nongol. Mereka adalah setan-setan yang low profile, jarang menunjukkan diri dan lebih sering ngadem aja di tempat-tempat sepi. Kita bangsa manusia jangan cari masalah, jangan suka ngomong sompral atau buang sampah ke tempat sepi soale ada yang lagi nongkrongnya di situ. Gak percaya? Coba aja sendiri, saya kasih tahu yah, mereka itu ada lho. Kalau kamu gak bisa ngelihat mereka, itu tidak berarti mereka enggak ada. So becareful where ever you are, oke!

hantu-kurang-terkenal

Oke, kompilasi setan lokal yang pertama kita bahas adalah setan gonggo.

Setan Gonggo

Setan Gonggo adalah setan yang jarang sekali nongol untuk nakut-nakutin orang. Bisa dibilang mereka ini bangsa setan yang gak gaul. Tempat tinggal mereka di bawah jembatan atau di dalam got yang bau. Idih, kok mau yah tinggal di tempat kayak gitu. Hmmm… mau gimana lagi boys, namanya juga setan, hehe. Jadi begini, kebiasaan setan gonggo ini diem di bawah jembatan. Biasanya mereka gak pernah bikin masalah sama bangsa manusia. Tapi sekalinya ada orang yang mesra-mesraan di atas jembatan, setan ini bakal langsung penasaran lantas cipak-cipukin air di got untuk bikin penasaran orang di atas.

Sekali ketahuan, orang di atas jembatan langsung kepo lantas nongolin mukanya ke bawah jembatan. Lalu apakah yang terjadi??? Wewww, anak muda yang liat ke bawah jembatan langsung aja ngeliat ada makhluk bau banget yang seluruh tubuhnya hitam legam, matanya merah dan mulutnya bertaring. Ini setan lantas senyum. Seperti biasa pasangan yang sedang dimabuk cinta itu langsung kabur dengan langkah seribu. Byurrr, setan gonggo nya masuk lagi ke air dan nongkrong lagi seperti sebelumnya.

Jurig Samak

Generasi kakek sama nenek kita yang pernah ngalamin sungai masih berair jernih pasti pernah cerita tentang jurig samak. Jurig samak itu sama dengan setan tikar. Mereka doyan banget mengambang di atas air sungai, dengan santai mereka menunggu aa aa atau teteh-teteh yang penasaran kenapa ada samak ngambang di sungai, pas dideketin terus ditarik samak (tikar) ini malah menarik si korban sampai tenggelam lalu mati kehabisan nafas.

Seiring berjalannya waktu, jurig samak tak pernah terdengar lagi beritanya. Mungkin saat ini sungai-sungai di negara kita sudah demikian tercemar dan bikin para setan enggan tinggal di sana lagi. Sebagai setan lokal yang mulai terlupakan, jurig ini bisa dipastikan sudah pensiun dari dunia persetanan. So good bye deh om jurig, see you again.

Hantu Kapuk Kamalintong

Nama ini pasti masih asing di telinga kalian semua. Tapi soal wujud, rupanya gak beda jauh sama mas pocong. Aksi dan tindak tanduknya juga sama, setan ini sering nyamperin orang lagi santai di rumah untuk minta dibukain tali pocongnya. Iyyy serem dech. Tak berbeda dengan setan lainnya di republic tercinta ini, hantu kapuk juga eksis di malam hari. Buat kamu yang kerja di waktu malam, hati-hati deh, jangan mau kalau sama si bos disuruh beli nasgor di tempat sepi, salah-salah tukang nasgornya malah hantu kapuk ini, hiyyyy syeremmm.

Hantu Jurig Lauk

Ada-ada aja yah kerjaan bangsa setan, meskipun tampangnya serem, kadang-kadang mereka bikin kita pengen ketawa. Entah ada manajemen nya atau tidak, setan-setan itu sepertinya tahu bener tempat yang bisa bikin manusia ketakutan. Salah satunya di kolam ikan. Menurut yang pernah ngeliat langsung, hantu ini dipanggil jurig lauk karena daerah operasinya di kolam-kolam ikan.

Biar orang mancing pada takut, jurig lauk ini akan memperlihatkan diri dalam bentuk api yang melayang di atas kolam. Menurut paranormal, jurig lauk adalah roh dari ikan-ikan yang terpancing lalu mati di kolam itu. Sebagai bentuk balas dendam, roh para ikan itu akan muncul dan mewudukan diri dalam bentuk ikan yang super gede, lebih gede dari monas. Wuaduh, kebayang kan gede banget itu ikan.

Meski zaman sudah berganti, jurig lauk dikatakan masih suka nongol di sekitar waduk saguling. Mereka muncul di malam hari untuk jahilin orang yang mancing di sini. Makanya mancing jangan malem-malem, ngapain juga sih!!!

Oreng Pote

Setan Lokal yang gak banyak dikenal orang ini asalnya dari pulau bawean, sebuah pulau yang tak begitu besar di sebelah utara Gresik. Meskipun kecil, Bawean ditempati oleh banyak suku bangsa yang bahkan ada orang Australianya, Vietnam, Hingga Singapura. Bawean itu pantainya bagus-bagus lho tapi banyak setannya Di sini kamu berkesempatan untuk kenalan sama orang pote, meta mera, matianak, hingga pancong, ,,, eh pocong. Khusus untuk orang ponte adalah setan asli daerah sini yang kalau dilihat orang menjadi tanda bahwa orang itu bakal terkena musibah.

Dilihat dari segi tampilan, orang ponte tak jauh dengan kuntil anak. Wajahnya putih pucat mirip orang sudah mati. Kalau sudah bertemu dengan setan ini harap hati-hati deh karena bisa saja kamu atau orang-orang di sekitarmu akan terkena musibah.

Antu Banyu

Dilihat dari namanya sudah pasti setan ini ada kaitannya dengan air. Yah betul, Antu Bayu biasa tinggal di periaran, tepatnya di perairan sungai musi dan muara dua. Sosoknya sendiri berbentuk cewek cakep dengan rambut panjang dan bodi bahenol. Kalian yang berani main sampan sendirian di sungai-sungai Palembang yah, lantaran si antu banyu ini bisa samperin kamu di perahu lantas minta izin untuk numpang padahal hantu ini berat banget dan bikin perahunya terbalik. Kalau sudah terbalik, udah deh orang itu bernasib apes. Dia bakal jadi cemilan lezat untuk si antu banyu.

Guys setan itu banyak macemnya, persis seperti manusia yang terdiri dari beragam suku bangsa. Mereka ini punya satu tujuan sama, dari zaman nabi adam sampai kiamat nanti, semua setan bakal bikin manusia jadi tukang serabi, hehe, maksudnya jadi tukang ngibul biar pada masuk neraka bareng para setan lokal ini.

 

Seran lokal Setan low profile

No related post!

Leave a reply

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.