10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini, Bisa Bikin Hidupmu Lebih Produktif

879 views

Hidup luntang-lantung tanpa ada tujuan bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Coba bayangkan saja, apa arti hidup ini jika hidup tak ada tujuan. Kadang-kadang jika segala hal sudah terasa sempurna, rasa malas menjadi musuh terselubung yang begitu menghancurkan. Karena kemalasan, banyak hal bisa hancur, maka dari itu diperlukan strategi jitu sebagai cara untuk menghilangkan rasa malas agar hidup kamu jadi lebih terpola, tahu mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dikebelakangkan. Ingat sahabat, terlalu malas akan membuat hidup kamu terhambat, dan sukses bakal jauh dari jangkauan kamu. Jangankan sukses, untuk bertahan hidup saja kamu belum tentu bisa.

baca-dulu-10-cara-untuk-menghilangkan-rasa-malas-ini-agar-hidupmu-lebih-produktif

Ada beberapa trik yang bisa diandalkan sebagai cara untuk menghilangkan rasa malas, diantaranya sebagai berikut :

Menata Hidup

Kemalasan hanya berasal dari dalam diri seorang individu, biasanya hal ini berkembang melalui kebiasaan yang dijalani sedari masih kecil. Di lingkungan orang-orang pemalas, dengan cepat sifat ini akan terpatri dalam diri kita hingga akhirnya terbawa sampai kita dewasa. Lihatlah bagaimana seorang pemalas bekerja di kantornya, pasti anda akan melihat banyak barang tercecer di sana-sini, dokumen-dokumen pun berantakan dan tidak tertata rapi. Jika dibiarkan anda akan terbenam dalam sebuah kemalasan akut hingga akhirnya hidup anda berantakan.

Susah lho menata lagi hidup ke jalur yang benar jika diri anda saja tidak punya keinginan untuk melakukannya. Tapi sayangnya justru ini yang harus dilakukan. Agar hidup kembali orderly alias baik-baik saja, anda harus mengatur ulang segalanya. Ternyata cara menghilangkan rasa malas bisa dilakukan dengan membuat semacam jadwal harian yang detil. Pastikan untuk melaksanakan aktivitas anda sesuai apa yang telah dijadwalkan.

Lakukan Hal Sulit di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu di mana anda memulai segalanya dari awal. Di pagi hari berusahalah untuk berkonsentrasi agar semangat hidup bisa lebih berkobar lagi. Sebelum sarapan, ada baiknya mandi pagi dulu dengan air dingin agar badan anda segar. Susul dengan sarapan dan kemudian lakukan apa saja yang menurut anda sulit. Lakukan hal itu sampai selesai dan jangan ditunda sampai larut malam.

Ingat sahabat, menunda sesuatu hanya akan membuat pekerjaan anda menumpuk dan berkahir pada stress. Kalau sudah begini rasa malas bisa saja kembali menghantui hidup. Nah mulai berpikir untuk mengerjakan sesuatu yang penting di pagi hari, oke!!

Jangan Mencoba Untuk Berbaring Sebelum Waktu Istirahat

Poin yang ketiga ini sangat penting untuk dicatat karena di lingkungan tempat kerja, bila anda ketahuan sering berbaring atau tiduran sebelum jam istirahat maka semua orang akan tahu bahwa anda seorang pemalas. Jangan sampai terjadi karena ini memungkinkan pihak atasan untuk memecat anda. Ia akan berpikir untuk apa gunanya mempekerjakan seorang pemalas yang hanya akan merugikan perusahaan. Untuk menghindarinya, tidurlah dengan durasi 8 jam sehari agar anda tidak cepat lelah saat ada di tempat kerja.

Motivasi Ulang Diri Anda

Ini dia cara menghilangkan rasa malas yang jarang disadari banyak orang. Saat anda merasa malas untuk melakukan pekerjaan, mungkin diri anda sudah kehilangan motivasi tertentu. Bisa saja di lingkungan tempat tinggal anda merasa enggan untuk bergaul karena merasa kurang dihargai, atau anda malas untuk menyelesaikan sebuah proyek karena reward dari proyek tersebut nilainya kurang. Di sinilah pentingnya memotivasi ulang diri anda hingga anda kembali bersemangat untuk melakukan segalanya.

Beri Diri Sendiri Sebuah Hadiah

Yang satu ini memerlukan keyakinan bahwa suatu hari nanti cita-cita anda akan tercapai. Ketika anda bisa menyelesaikan sesuatu, tanamkan dalam diri anda bahwa sesuatu akan dihadiahkan pada diri sendiri begitu sesuatu berhasil diselesaikan. Niatkan “Bila saya sanggup menyelesaikan pekerjaan ini, ada reward sebagai hadiah untuk saya.”

Rutin Berolahraga

Malas dan malas, akibatnya apa coba? Hmmm… begini, seorang pemalas dalam kesehariannya hanya akan duduk lesu di sudut sofa sambil makan cemilan tanpa henti hingga punya tubuh obesitas yang mengancam kesehatan. Kondisi ini sangat buruk karena seorang penderita obesitas sangat rentan terhadap serangan penyakit berbahaya. Solusinya anda harus sering-sering berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan minum air putih.

Hindari kebosanan dengan berolahraga di sela-sela waktu senggang anda. Sempatkan paling tidak 20 menit dalam sehari atau 3x seminggu untuk berolahraga. Banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan antara lain senam, renang, main futsal, atau melakukan olahraga menyenangkan yang lain.

Berantas Rasa Malas Dengan Belajar

Cara mengatasi rasa malas yang paling mudah adalah dengan belajar. Banyak sekali hal baru yang bisa dipelajari setiap hari, media untuk belajar pun semakin banyak dan bervariasi. Saat belajar cobalah untuk berkonsentrasi pada satu tema ilmu pengetahuan dan kaji lebih mendalam. Manfaatkan internet untuk memperdalam kajian ilmu tersebut. Tidak perlu khawatir, anda tak harus terlibat dalam sebuah studi ilmiah, cukup belajar saja sendiri di rumah dengan mengkaji hal-hal menarik yang terjadi di dunia ini.

Malas Karena Ngantuk

Yaps, kurang tidur akan membuat anda malas dan susah berkonsentrasi. Akibatnya anda hanya akan menguap dan menguap lagi tanpa satu pun pekerjaan yang bisa diselesaikan. Tapi kalau sudah kepalang dalam kondisi ini, saya sarankan anda untuk pergi ke kamar mandi lalu membasuh muka dengan air dingin agar wajah kembali segar.

Mengganti Posisi Duduk

Ruangan dengan posisi lama yang sudah sering anda gunakan akan terasa membosankan jika posisinya tidak dirubah. Duduk dalam posisi yang sama setiap hari, apalagi selama berjam-jam akan membangkitkan rasa bosan. Untuk mengatasinya anda bisa pindah ke ruang tamu, ke kamar tidur agar bisa belajar sambil rebahan. Tapi jangan pindah ke dapur yah, salah-salah anda malah makan sampai kenyang dan lupa kalau anda harus memperpanjang sesi belajar. Ayo bersemangat, sukses hanya menanti mereka yang mau berusaha keras dan terus belajar.

Relaksasi

Bila otak anda diforsir untuk berpikir keras maka lama-lama anda bisa jadi orang gila. Meskipun tidak dalam artian sesungguhnya, anda akan merasakan efeknya dalam jangka panjang. Hey, otak perlu waktu untuk ditenangkan, persis seperti sebuah komputer yang harus di shutdown untuk dimatikan agar kinerjanya tidak terbebani hingga cepat rusak. Dengar sobat, anda perlu relaksasi dengan jalan-jalan ke tempat berudara sejuk, bermain di pantai, atau mendengarkan musik klasik yang menyenangkan.

Nah sobat semua, itulah beberapa cara yang menurut saya sangat efektif untuk menghilangkan rasa malas. Saya percaya setiap orang punya formula sendiri-sendiri untuk memberantas kemalasan. Silakan aplikasikan ke 10 hal di atas, semoga anda sukses yah..

HIdup Lebih Produktif mengatasi rasa malas Menghilangkan Rasa Malas

Related Post

Leave a reply

sixteen + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.