5 Bahan Alami Ini Ternyata Memiliki Khasiat bagi Kecantikan!

933 views

Menggunakan berbagai jenis produk perawatan kecantikan memang akan menjadikan wajah dan kulit menjadi lebih indah. Tapi kita harus hati-hati lho, karena banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan bahan-bahan yang bersifat adiktif, sehingga menimbulkan sifat ketergantungan pada kulit. So girls, yuk go natural dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk jaga kecantikan dan kesehatan kulitmu.

Hilangkan kantung mata atau mata panda? Gunakan saja kentang

hilangkan kantung mata dengan Kentang

Kentang via superindo.co.id

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak memiliki variasi olahan. Mulai dari hanya digoreng seperti french fries hingga roti dan kue seperti donat misalnya. Tapi ternyata kentang tidak hanya nikmat untuk dimakan saja lho. Ada satu manfaat kentang yang mungkin masih jarang diketahui kita semua, yakni manfaat kentang untuk menghilangkan kantung mata dan mata panda. Hal tersebut karena di dalam kentang terkandung asam sitrat dan asam fosfat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Bagi kamu yang sering mengalami masalah kantung mata atau mata panda, bisa ikuti tips berikut.

Untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda dengan menggunakan kentang, yang harus kamu lakukan ialah mengupas dan mencuci kentang hingga bersih kemudian haluskan dengan diparut atau di-blender. Kemudian bungkus kentang yang telah hancur tadi dengan menggunakan kain tipis yang bertekstur halus dan kompreskan pada mata selama 25-30 menit. Bilas bekas kompresan tersebut dengan air hingga bersih.

Kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih simple, yaitu dengan mengiris tipis kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih. Irisan tersebut kemudian ditempelkan pada area di sekitar mata. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Masker anggur sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini

sumber gula darah yang baik dari Anggur

Anggur via rumahbuah.com

Buah berwarna ungu berbentuk bulat ini merupakan buah yang cukup banyak digemari. Bentuknya yang berukuran kecil serta rasanya yang manis dan segar menjadi salah satu faktor yang memikat. Namun ternyata anggur tidak hanya dapat dinikmati dengan cara dimakan lho. Anggur ternyata memiliki berbagai manfaat di balik rasa enaknya itu, karena di dalamnya terkandung berbagai macam zat gizi yang baik bagi tubuh. Meskipun kandungan gizi untuk setiap varietas anggur berbeda, namun secara umum anggur terdiri atas 70% air, 20% gula, dan 10% yang terdiri dari beberapa zat lain seperti asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, zat besi, kalsium, dan beberapa jenis vitamin.

Dengan kandungan gizinya tersebut, tak heran jika anggur memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai sumber gula darah yang baik, menjaga kesehatan jantung, memulihkan otot, dan lain-lain. Masker anggur sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit, di antaranya untuk mencegah penuaan, menghilangkan jerawat, dan mencerahkan wajah.

Untuk mencegah penuaan, masker dapat dibuat dengan mencampurkan 2 sendok makan anggur yang telah dibuat pasta, 1 sendok makan krim asam, 1 sendok makan tepung beras, dan 1 sendok makan jus wortel ke dalam mangkuk. Setelah bahan-bahan tersebut diaduk dan tercampur dengan rata, oleskan masker pada wajah dan leher dan tunggu selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa membuat masker dengan menghancurkan buah anggur menjadi pasta halus dan mengoleskannya pada daerah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bilas.

Untuk mencerahkan kulit, kamu bisa mencampurkan buah anggur yang telah dihancurkan menjadi pasta dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 20 menit, dan kemudian bilas.

Jus Jeruk selain rasanya enak dan menyegarkan, bisa juga untuk perawatan rambut

atasi gangguan pencernaan dengan jus jeruk

Jus jeruk via www.buatjus.com

Jeruk adalah buah yang terkenal akan kandungan vitamin C-nya. Vitamin C merupakan suatu zat yang sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun tidak hanya itu, vitamin C ternyata juga berperan dalam proses pembentukan kolagen, sehingga banyak digunakan untuk perawatan wajah. Selain vitamin C, kandungan lain dalam buah jeruk di antaranya adalah vitamin B1, folat, kalium, serat, limonin, serta asam sitrat, yang sangat baik untuk kesehatan.

Banyak sekali manfaat jeruk bagi tubuh, mulai dari mengatasi gangguan pencernaan, sebagai antikolesterol, menyembuhkan flu, hingga mencegah kanker. Untuk perawatan kecantikan pada khususnya, jus jeruk menjadi salah satu sarana yang digunakan. Manfaat just jerus ini di antaranya yakni untuk mengecilkan pori-pori kulit dan untuk perawatan rambut.

Untuk mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa mengoleskan secara rutin jus jeruk segar pada wajah dan mendiamkannya selama 15 menit, dan membilasnya dengan air dingin.

Untuk perawatan rambut, kamu bisa campurkan jus jeruk dengan air dan madu. Campuran ini kemudian dioleskan pada rambut dengan sedikit pijatan-pijatan halus. Setelah didiamkan sejenak, bilas rambut dengan air dingin. Pemakaian teratur kondisioner alami ini akan membuat rambut menjadi lebih halus dan mengkilap.

Rajin cuci muka dengan air beras bisa mengecilkan pori-pori wajah lho!

mengecilkan pori-pori wajah dengan air beras

Air beras via thebigneez.wordpress.com

Kata siapa untuk merawat wajah harus menggunakan bahan yang mahal? Bagi kamu yang setiap hari memasak nasi, mungkin kamu tidak menyadari bahwa ternyata air bekas cucian memiliki khasiat bagi wajah. Air beras memiliki kandungan zat yang disebut oryzanol yang berguna bagi kecantikan. Oryzanol ini berkhasiat untuk menangkal sinar ultraviolet sehingga baik bagi kesehatan kulit. Kandungan mineral, antioksidan, dan vitamin di dalamnya juga dapat menyegarkan kulit.

Beberapa manfaat lain air beras bagi kecantikan yakni untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menyembuhkan jerawat. Air beras dapat digunakan dalam bentuk toner kulit, masker wajah, dan air cuci muka. Selain untuk wajah, air beras juga dapat menjaga kesehatan rambut dengan menjadikannya sebagai masker rambut.

Untuk mencuci muka dengan air beras, langkah-langkah yang dapat kamu lakukan yakni dengan mencuci 1 cangkir beras sebentar untuk menghilangkan debu dan kotoran, dan buang airnya. Tambahkan lagi air bersih pada beras yang telah dicuci tadi dan diamkan selama 30 menit. Hal tersebut agar nutrisi yang terkandung dalam beras masuk ke air. Kemudian pisahkan air dan beras tersebut ke tempat yang berbeda. Gunakan air untuk membasuh wajah dengan disertai pijatan-pijatan lembut selama 6 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk sambil ditepuk-tepuk lembut.

Mencuci muka dengan air beras secara teratur akan membuat kulit sedikit demi sedikit menjadi lebih cerah dan flek hitam pun semakin memudar.

Ternyata keju mampu menghilangkan bekas luka

membuat masker keju

Keju via www.mindsatwork.com.au

Keju merupakan makanan yang cukup digemari oleh banyak orang. Rasanya yang gurih sangat cocok dimakan baik sebagai sajian gurih maupun sajian manis. Kandungan yang terkenal dalam keju yakni kandungan lemaknya. Namun ternyata selain mengandung lemak, keju juga mengandung vitamin K yang sangat baik bagi kulit.

Beberapa manfaat keju bagi kecantikan di antaranya adalah untuk menjaga elastisitas kulit, menghilangkan bekas luka, menyamarkan lingkar hitam pada mata, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan masker keju untuk membuat wajah menjadi semakin cerah lho.

Cara membuat masker keju yakni dengan mencampurkan masing-masing 1 sendok teh keju, oatmeal, dan madu dengan menggunakan blender hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Tuangkan campuran tersebut ke dalam sebuah wadah. Sebelum mengoleskan masker tersebut pada wajah, terlebih dahulu bersihkan wajah dan keringkan. Kemudian kamu dapat mengoleskan masker keju tadi ke wajah secara merata. Tunggu selama 10-20 menit. Bilas wajah dengan air hingga wajah benar-benar bersih dan keringkan wajah dengan kain lembut.

Semoga tips-tips di atas tadi bermanfaat ya, girls!

bahan alami untuk kulit cantik cantik dengan bahan alami merawat kecantikan wajah cantik alami

Baca Juga

Leave a reply

four × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.