Begini Cara Mengenali Potensi Diri Yang Terpendam dalam Dirmu

875 views

Setiap orang dianugerahi beberapa keistimewaan oleh yang maha kuasa. Keistimewaan ini sudah terdapat dalam diri kita semenjak kita dilahirkan. Jika kita belum tahu kelebihan apa yang kita miliki maka kita bisa mengetahuinya dengan cara mengenali potensi diri kita sendiri terlebih dahulu, lalu mengembangkannya dengan cara yang khusus. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi potensi dalam diri adalah dengan bertanya pada orang-orang dekat, tanyakan pada mereka jika anda punya bakat apa yang menurut mereka paling menonjol. Mengapa bertanya menjadi cara paling mudah untuk mengidentifikasi kekurangan atau kelebihan kita? Jawabannya karena kita selalu diawasi dan diperhatikan oleh orang lain dalam keseharian kita, sehingga otomatis orang lain tahu lebih banyak tentang kelebihan kita.

Secara umum otak manusia memiliki tingkat kecerdasan yang beragam. Seseorang mungkin merasa dirinya cerdas dalam bidang matematika, punya keahlian lebih dalam bidang kebahasaan,  atau mungkin juga cerdas dalam bidang olahraga. Itu semua ditentukan oleh bakat yang dimiliki tapi setelah dikenali bisa dikembangkan lebih dashsyat lagi. Maka dari itu kita harus mengenali potensi diri agar anda tidak merasa rendah diri, berani berkompetisi dan yang terpenting bisa berkontribusi pada lingkungan di mana anda tinggal.

Cara Menganali Potensi Diri

Yang Terpenting Adalah Dirimu dan Bukan Orang Lain

Mengenali potensi diri berarti anda harus sadar bahwa hal ini sama sekali tak ada hubungannya dengan orang lain. Maksudnya, potensi diri adalah segala hal yang terdapat dalam diri anda, kekuatan, bakat, dan keinginan-keinginan yang eksplorasinya belum digali secara sempurna. Seseorang belum tentu tahu apa saja potensi yang ada dalam dirinya. Tapi ketika ditanya tentang kekurangan, dengan cepat ia akan berkata bahwa kekurangan dirinya antara lain kurang tampan, kurang pinter, gak ada duitnya, dan sebagainya.

Apakah Hanya Orang-Orang Tertentu Saja Yang Punya Potensi Diri?

Semua individu sudah secara alami dilengkapi dengan potensi, hanya saja tak semua orang bisa memanfaatkan potensi dirinya dengan baik. Untuk mengembangkan potensi diri, terlebih dahulu harus dilakukan proses penggalian potensi melalui berbagai metode.

Semenjak Kapan dan Sampai Kapan Seseorang Bisa Mengenali Potensi Dirinya?

Proses ini berjalan tanpa henti dan hanya akan berhenti ketika seseorang menemui ajalnya. Proses pengenalan potensi diri merupakan sebuah proses dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang bersangkutan (personal mastery). Anda memerlukan inisiatif tinggi untuk betul-betul menemukan potensi diri hingga bisa cepat-cepat menyadari lalu mengembangkan diri hingga menjadi individu yang sukses.

Berbagai macam cara untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri sendiri bentuknya bermacam-macam, anda harus berani untuk mengidentifikasinya karena ini adalah modal anda menuju kesuksesan. Cara melakukannya antara lain dengan :

  1. Anda pasti punya sebuah bidang yang sangat anda sukai, sesuatu di mana anda betul-betul bergairah dalam melakukannya, sesuatu yang anda lakukan tanpa diminta atau disuruh oleh orang lain. Ya, anda pasti punya hobi. Banyak sekali hobi yang bila disalurkan dengan baik akan berkembang bahkan dijadikan modal bisnis yang potensial. Jika anda punya ketertarikan di bidang agrikultur, anda mungkin suka dengan tanaman, banyak membaca hal-hal tentang budidaya tanaman hingga akhirnya memutuskan untuk terjun di bidang pertanian. Bukan hanya sebagai ajang coba-coba saja, anda memutuskan untuk terjun secara profesional di bidang ini. Ketahuilah apa yang anda sukai harus anda lakukan, baru kemudian uang akan menyusul.
  2. Bertanya pada orang-orang di sekitar anda. Semua orang di sekeliling anda tahu anda ini macam apa orangnya, tahu apa saja yang anda sukai dan hal lainnya. Sejak kecil anda tumbuh bersama adik, kakak, dan orang tua anda. Anda bisa meminta bantuan mereka untuk menyadarkan diri sebetulnya anda ini punya kelebihan apa saja sih.
  3. Mencoba hal-hal yang menantang. Di dunia ini ada banyak hal yang pasti belum pernah anda lakukan. Beberapa dari hal ini sangat menantang untuk dicoba. Maka dari itu anda tidak boleh membatasi diri dengan mengekang diri untuk tidak bergaul, banyak membaca dan lain-lain. Pergaulan adalah kunci menuju dunia luar.
  4. Sering-sering membaca. Cara mengenali dan mengembangkan potensi Diri berikutnya yang mudah dilakukan adalah dengan banyak membaca. Dengan memperbanyak informasi dan pengetahuan, wawasan anda akan bertambah. Saat ini banyak sekali penemuan yang dalam bidang teknologi, salah satunya mungkin akan kenarik keingintahuan anda dan anda bisa menjadikannya bidang kajian keilmuan untuk anda selidiki.

Oke, singkat kata, kini anda sudah tahu potensi apa saja yang anda miliki dalam diri anda, kini langkah selanjutnya adalah melakukan pengembangan agar potensi yang dimiliki bisa diaplikasikan dan mendatangkan banyak manfaat baik untuk anda maupun orang-orang di sekitar anda.

  1. Kenali dulu diri anda
  2. Kenali kekuatan terselubung dalam diri anda
  3. Berinteraksilah dengan orang lain, termasuk lingkungan di mana anda tinggal
  4. Terbukalah pada kritikan dan berusahalah memberi kritikan
  5. Biasakanlah untuk berpikir kritis dalam menghadapi sebuah persoalan
  6. Bertindaklah dengan kontrol diri
  7. Mempunyai tujuan hidup
  8. Tidak meniru pribadi orang lain
  9. Lebih banyak menyapa, Mengucapkan Salam, Senyum, Sopan, dan Santun

Seorang individu yang tahu apa potensi yang terdapat dirinya tidak akan merasa sombong atau rendah diri. Ia harus merasa percaya diri dan yakin bahwa apa yang sudah diamanatkan oleh tuhan kepada dirinya bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Adalah sebuah kebanggaan jika hasil pemikiran kita, ide orisinil yang berasal dari otak sendiri, hingga produk hasil kreasi kita mendatangkan manfaat yang tidak sedikit untuk banyak orang.

Cara Menganali Potensi Diri 2

Untuk mengenali potensi diri dapat di gali dengan berbagai banyak macam cara, yang menjadi persoalan adalah komunikasi. Bila anda tidak ingin berkomunikasi, mana bisa anda mengidentifikasi bakat dan kelebihan lainnya yang anda miliki. Sama halnya dengan bumi ini, ketika bangsa kita merasa iri dengan sumber daya minyak yang dimiliki oleh negara lain, kita mengirim sejumlah tim ke luar negeri untuk belajar cara mengeksplorasi kekayaan alam seperti ini.

Baru sesudah kita tahu bahwa bumi kita dianugerahi dengan minyak dan gas alam yang berlimpah, kita sadar dengan potensi ini kemudian melakukan langkah-langkah semestinya untuk melakukan eksplorasi. Seperti inilah kiranya cara mengenali potensi diri yang dapat kita lakukan, semua ada pola dan langkah-langkahnya. Ingat kawan, potensi dirimu tak terbatas pada satu hal yang sudah kamu tahu saja, pasti ada bakat lainnya yang berharga untuk diasah dan dikembangkan hingga mendatangkan banyak manfaat untuk hidupmu, salah satunya adalah uang.

Semoga apa yang saya share di sini turut memberi masukan berarti untuk anda semua, khususnya bagi anda yang merasa kurang percaya diri bahwa diri anda pun punya potensi yang harus dibanggakan. Bersikaplah terbuka, banyak bergaul, dan yakini bahwa hidup ini adalah anugerah yang harus disyukuri.

Cara mengenali potensi diri mengembangkan potensi diri Potensi diri

No related post!

Leave a reply

1 × five =