Bicara Soal Dehidrasi, Ini Bahayanya Untuk Tubuh

816 views

large-haus

Manusia adalah makhluk pecinta air, coba saja lihat betapa senangnya anak-anak bermain air, dan kita sangat senang jalan-jalan ke pantai untuk bermain air. Tubuh manusia juga 2/3 nya terdiri dari air, karena itu kita tidak bisa hidup bila dalam tubuh kekurangan air. Kondisi di mana tubuh manusia kekurangan air disebut Dehidrasi. Efek dehidrasi tidak main-main, saat dehidrasi, banyak cairan tubuh terbuang dan tidak diperoleh lagi gantinya. Saat dehidrasi terasa, gejala umum yang dialami adalah mulut kering, kepala pusing, dan haus. Jika sampai tidak minum secepatnya anda bisa kolaps alias pingsan. Dehidrasi gejalanya tak sebatas itu saja, efek buruknya lebih mengerikan lagi. Silakan baca selengkapnya.

Nafas Berbau Tidak Sedap

Aktivitas yang begitu banyak, dari pagi hingga sore membuat anda lupa untuk sekedar minum. Meskipun ada selang waktu untuk beristirahat, anda tidak menyengajakan untuk minum hingga pulang kerja. Ini tidak boleh dibiarkan, konsekuensinya mulut anda akan berbau tidak sedap. Aroma busuk yang keluar dari mulut disebabkan oleh hilangnya cairan di mulut karena mongering. Yah, air liur yang tadinya berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri kini hilang dan membuat bakteri bisa berkembang biak lebih leluasa. Inilah yang membuat mulut anda berbau kurang enak.

Ingin Menambah Konsumsi Gula

Dehidrasi membuat anda ingin makan makanan yang rasanya manis. Kondisi ini terutama sekali muncul ketika anda sedang berolahraga. Aktivitas berat yang membuat tubuh berkeringat membuat glikogen tubuh dimanfaatkan habis-habisan untuk energi. Karena itu ketika selesai berolahraga anda akan merasa sangat lapar karena tubuh perlu tambahan glikogen jika ingin terus berolahraga.

Kapasitas Latihan Turun

Jika biasanya anda seorang yang aktif dengan berbagai kegiatan fisik, kini anda menjadi loyo dan tak tahan beraktivitas dalam waktu lama. Contoh sebelumnya anda terbiasa berlari sejauh 5 km, tapi sekarang kok belum sampai 3 km saja anda sudah buru-buru berhenti karena kelelahan ekstrim. Ini tandanya anda dehidrasi dan tubuh perlu diisi cairan untuk menambah tenaga.

Otot Jadi Kram

Fungsi tubuh akan terhambat jika aliran darah mengalami gangguan. Karena darah berbentuk cair, otomatis otot menjadi kaku jika aliran darah terhambat. Ray Casciari, MD, Direktur dari LA Amistad Family Health Center di Orange, California menegaskan bahwa banyak organ tubuh yang vital dilindungi dengan seksama oleh tubuh, jika stok cairan dalam tubuh berkurang, sisa yang ada akan dipindahkan ke organ vital itu untuk melindungi fungsinya. Karena hal ini otot menjadi kaku dan terasa kram. Coba saja sentuh, otot terasa kerasbukan? Kurangnya natrium dan kalium menyebabkan keringat keluar berlebihan dan menghasilkan kram otot.

Mudah Lelah

Meski sering dianggap sepele, dehidrasi berakibat serius pada tubuh kita. Kekurangan cairan membuat anda tidak bisa berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu, badan cepat capek dan tekanan darah turun. Karena ini, banyak pekerjaan tidak bisa diselesaikan sampai tuntas karena anda keburu lelah.

Kulit Mengering

Kulit terasa kenyal dan halus adalah tanda kulit anda dalam kondisi normal. Jika dehidrasi terjadi, yang dirasakan adalah kebalikan dari itu. Kulit terasa kering dan tidak sehat. Untuk mengantisipasi hal ini disarankan untuk minum air putih 8 gelas per hari. Bukan itu saja, jika anda tipe orang yang sering bergadang dan minum banyak kafein, anda harus minum banyak air putih di siang harinya untuk mempertahankan suplai cairan di tubuh.

Berkendara Serasa Tak Aman

Adalah keputusan bodoh jika kita membiarkan tubuh kekurangan cairan, khususnya ketika akan bepergian memakai kendaraan. Mungkin di antara anda ada yang memilih tidak minum air ketika hendak berkendara padahal keputusan ini salah. Ada yang berpendapat lebih baik jangan minum karena akan bikin kebelet dan susah cari toilet karena sedang nyetir mobil atau motor. Mungkin anda menggap hal ini baik padahal tidak seperti itu. Menurut Dr. Podesta yang melaporkan temuannya dalam Journal of Nutrition, ia mengetes mood beserta konsentrasi dari 25 partisipan masih muda dalam kondisi dehidrasi dan cukup cairan. Semua partisipan ini diperintahkan untuk olahraga dan kemudian buang air kecil. Ketika orang-orang ini dehidrasi, banyak dari mereka yang sulit berkonsentrasi dan moodnya naik turun, plus merasakan sakit kepala.

Badan Menggigil

Dehidrasi membuat tubuh terasa dingin hingga anda menggigil. Alasannya karena tubuh membatasi pasokan darah ke kulit. Tak hanya itu, kurangnya cairan membuat tubuh kesulitan mengontrol suhu hingga membuat anda kedinginan kendati anda tak sedang berada di tempat bersuhu dingin.

Terserang Sakit Kepala Hebat

Dehidrasi berlebihan membuat serotonin terhambat dan berdampak pada sakit kepala hebat. Bukan sakit kepala biasa tapi ini luar biasa. Ketika dehidrasi, arteri darah yang ada di otak memberi respons super cepat. Untuk mencegah terjadinya keadaan ini disarankan untuk minum dua gelas air secepatnya agar derita sakit kepala anda berkurang. Tak hanya itu, disarankan juga untuk makan buah-buahan dengan kadar air tinggi jika anda susah mendapat air.

Sembelit

Karena pencernaan bekerja normal ketika pasokan air di tubuh dalam kondisi ideal, saat air di tubuh berkurang, kinerja pencernaan akan mengalami hambatan. Akibatnya sembelit pun menyerang dan menjadikan feses berbentuk keras dan susah dikeluarkan. Tapi berbeda jika anda minum cukup air karena akan terbebas dari sembelit dan hal lainnya yang membuat tubuh menderita karena kekurangan air.

Mood Naik Turun

Bagaimana perasaan anda saat ini? Apakah mood anda sedang enak ataukah kurang enak? Mungkin perubahan mood ini disebabkan anda mengalami dehidrasi. Coba tanya sopir angkot atau tukang parkir yang sedang sibuk mengatur mobil yang hendak diparkirkan, meskipun pertanyaan itu sederhana, mereka menjawabnya dengan emosi. Betul kan? Itu karena mereka sedang dalam kondisi dehidrasi dan lupa minum. Seperti itulah kiranya perubahan mood yang naik dan turun. Jika ingin perasaan tidak berubah-ubah, minum cukup air adalah kuncinya.

Sampaikan hal ini kepada mereka yang anda cintai karena kekuranga cairan bisa memicu hal-hal yang tak diinginkan. Jauhi dehidrasi dan hidup sehat dengan perasaan yang bahagia.

akibat dehidrasi Efek dehidrasi kekurangan cairan

No related post!

Leave a reply

16 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.