Buat Bekalmu Lebih Menarik dengan Bento Ala Jepang!

Masih sering bawa bekal makan siang ke sekolah atau kantor? Mulai sekarang gunakan bekal ala-ala Jepang, yuk! Orang Jepang menyebut bekal makanan dengan istilah Bento. Dijamin, kamu tidak akan bosan dengan bekal ala Jepang ini!

Bento Ala Jepang

Bento via www.ceriwis.com

Bekal makanan tersebut berupa nasi beserta lauk pauk yang ditata rapi. Banyak masyarakat Jepang memakan Bento mereka pada jam makan siang, atau bahkan bekal saat piknik. Penyajian Bento yang unik, pasti akan menambah selera makanmu.

Hal ini dimanfaatkan oleh para ibu yang memiliki anak yang masih bersekolah di taman kanak-kanak atau sekolah dasar agar anak mereka mau makan dengan lahap tanpa menyisakannya. Karena itu ibu-ibu mengeksplorasi kreativitasnya dalam bentuk bekal makan ini. Beragam jenis karakter yang disukai anak-anak diaplikasikan dalam menata dan menghias Bento ini.

Bento tak hanya menonjolkan sisi menarik dan kreatif saja. Dalam membuat Bento kita tidak boleh melupakan prinsip dasarnya. Prinsip dasar Bento adalah makanan yang seimbang, empat sehat lima sempurna. Jadi, membuat Bento harus memerhatikan kebutuhan gizi seperti sumber karbohidrat, protein serta vitamin yang ada di makanan.

Lalu bagaimana cara membuat Bento itu? Membuat Bento memang membutuhkan ketelatenan khusus. Secara tidak langsung saat seorang ibu membuat Bento, ia juga mencurahkan kasih sayang terhadapa anaknya melalui Bento tersebut sehingga Bento yang dihasilkan pasti berhasil dan enak. Yuk, simak lima cara membuat Bento yang lucu!

A. Monokuro Boo Bentou

Monokuro Boo Bento

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

Salah satu Bento tersederhana. Tidak memerlukan banyak alat namun bisa membentuk karakter yang lucu. Yuk, simak bagaimana cara membuat bento monokurobo!

Bahan:

  • Nasi secukupnya
  • Ikan salmon atau ayam ataupun abon dapat dijadikan isi untuk onigiri, dapat diganti sesuai selera.
  • Dua lembar rumput laut nori
  • Satu iris keju
  • Seperempat wortel
  • Satu butir telur rebus
  • Dua lembar Ham
  • Edamame secukupnya
  • Brokoli secukupnya
  • Dua cherry tomat

Peralatan:

  • Pisau kecil
  • Gunting kecil
  • Sedotan
  • Pencetak kue bentuk bunga

Steb by step membuat monokurobo bento:

1. Buat Onigiri (rice balls)

Gunakan sarung tangan plastik sebelum memulai membuat. Atau jika tidak ingin menggunakan plastik, kamu bisa membuat onigiri dengan tangan kosong tapi jangan lupa untuk cuci tangan dulu sebelumnya!

Langkah pertama, ambil nasi hangat secukupnya. Lalu pipihkan nasi tersebut sebagai tempat untuk isinya. Tambahkan salmon atau isi sesuai selera anda yang sudah matang di atas nasi yang telah dipipihkan tadi.

Buat Onigiri (rice balls)

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

Selanjutnya tambahkan nasi secukupnya di atas isi untuk menutupinya. Kepalkan nasi tersebut setengah padat, pastikan semua isi sudah tercover dengan nasi. Selanjutnya, tekan bola nasi tersebutsehingga membentuk persegi datar. Lalu tekan dua bagian atas dan bawah untu mendapatkan bentuk dua kaki dan dua telinga. Ulangi lagi cara yang sama untuk membentuk momokurobo yang kedua.

Buat Onigiri (rice balls) 2

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

2. Membuat babi hitam

Setelah berhasil membentuk karakter monokuroboo, kini kita akan membuatnya berwarna hitam. Ambil satu lembar nori, lalu potong menjadi segitiga. Jika nasi sudah mulai dingin, hangatkan kembali di dalam microwave selama sepuluh detik untuk memudahkan saat kita membungkusnya dengan nori.

Membuat babi hitam

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

Letakkan nori yang sudah dipotong segitiga di permukaan yang datar. Tempatkan onigiri (nasi kepal) diatas nori. Kemudian bungkus onigiri terebut menggunakan nori. Selipkan bagian atas ke bawah, tekan sedikit nori untuk membentuk kaki dan telinga.

bagian belakang                               bagian depan

Membuat babi hitam 2

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

Lalu tempatkan onigiri yang dibungkus nori dan onigiri yang putih ke dalam kotak bento.

Membuat babi hitam 3

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

3. Membuat Mata dan Hidung

Bagian mata, untuk monokurobo hitam ambil sepotong keju. Lalu potong menjadi dua lingkaran kecil menggunakan sedotan. Sedangkan monokurobo putih, ambil selembar nori. Gunting nori menjadi dua lingkaran kecil mengggunakan gunting kecil.

Bagian hidung,untuk monokurobo hitam potong keju menjadi bentuk oval. Sedangkan untuk monokurobo putih, gunakan nori yang telah di gunting menjadi bentuk oval. Dan untuk lubang hidungnya, potong nori menjadi empat bentuk oval kecil dengan menggunakan gunting. Lubang hidung harus lebih kecil dari mata.

Membuat Mata dan Hidung

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

4. Membuat Wajah

Untuk Monokurobo hitam, letakkan keju yang telah dipotong tadi di tempatnya masing-masing. Mata di letakkan dimata, hidung diletakkan di hidung. Kemudian letakkan juga nori hitam untuk lubang hidung di atas hidung.

Sedangkan Monokurobo putih, letakkan potongan nori mata di tempatnya. Lalu taruh hidung nori ke monokurobo putih. Lipat hidung sedikit dan gunting dibagian tengahnya untuk membuat lubang agar hidung dapat terbentuk seperti cincin oval. Lalu letakkan di hidung monokurobo putih, beserta lubang hidungnya.

Membuat Wajah

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

5. Menghias Bento

Sekarang waktunya mendekor! Gunakan sayur mayur yang warna-warni untuk menghias bento ini. Tambahkan brokoli, tomat, ham dan telur yang digulung ke dalam kotak bekal.

Selanjutnya tambah dengan potongan-potongan kecil wortel, telur dan keju  yang dibentuk dengan cetakkan kue berbentuk bunga untuk menambahkan kesan lebih berwarna. Dan bento Monokurobo pun selesai di buat! Nah mudah dibuat, kan?

Menghias Bento

Sumber gambar: byunardi.blogspot.com

B. Bento Bentuk Pesawat

Bento Bentuk Pesawat

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Jika anak anda tidak ingin bentuk yang lucu-lucu, bento dengan bentuk pesawat ini bisa menjadi pilihan. Bentuknya sederhana dan menarik. Ini dia cara untuk membuat bentou bentuk pesawat:

Siapkan alat yang akan digunakan:

  • Pinset
  • Cetakan pesawat
pinset dan pesawat

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Nasi secukupnya. Setengahnya akan diwarnai biru. Gunakan Decofuri atau pewarna nasi jepang. Atau bisa menggunakan pewarna makanan yang biasa digunakan untuk membuat kue.  Air rebusan bunga Talang juga bisa menjadi alternatif pewarna alami.
  • Nugget, otak-otak, tahu dsb.
  • Kacang polong, wortel, dll.
  • Mie goreng
  • Satu lembar nori
Bento Bentuk Pesawat 2

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Hiasan pendamping, boleh ditambahkan boleh juga tidak:

  • Susu UHT
  • Permen
  • Jelly
Hiasan pendamping bento

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Step by step membuat bentou bentuk pesawat:

1. Membuat nasi bentuk pesawat

Ambil cetakan bentuk pesawat. Basahi cetakan terlebih dahulu agar nasi dapat dikeluarkan dengan mudah. Atau bisa menggunakan Plastik Cling Wrap agar nasi tidak menempel lekat di cetakan.

Membuat nasi bentuk pesawat

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Agar dapat membuat pesawat dengan dua warna, masukkan nasi terlebih dahulu ke cetakan. Biarkan bagian sayap dan ekor pesawat kosong dulu. Isi bagian tengah atau badan pesawat saja kemudian padatkan.

Setelah lumayan padat, masukkan nasi warna biru ke daerah yang masih kosong. Pastikan nasi warna biru lebih banyak daripada nasi putih untuk menimbulkan kesan gradasi. Letakkan di bagian sayap dan ekor, lalu padatkan.

Membuat nasi bentuk pesawat 2

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

2. Membentuk jendela

Ambil satu lembar kertas kosong. Gambar setengah lingkaran dengan diameter lima senti dan tinggi 3 senti. Gambar lingkaran lagi dengan tinggi 2 sentimeter.

Bagian yang tersisa satu sentimeter ini akan digunakan untuk jendela. Bagi menjadi empat bagian sama panjang. Pola ini akan dijiplak di nori untuk menjadi jendela pesawat.

Membentuk jendela 1

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Membentuk jendela 2

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Ambil nori, kemudian potong sesuai pola yang telah dibuat. Selanjutnya, gunakan pinset untuk meletakkan nori di nasi yang sudah dibentuk pesawat tadi. Jangan terlalu keras saat menekan nori, karena bisa jadi akan merusak bentuk nasi pesawat tadi.

Membentuk jendela 3

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

3. Menghias Bento

Letakkan mie sebagai dasar untuk nasi bentuk pesawat. Kemudian letakkan asi pesawat diatasnya. Atur lauk-pauk sesuai selera anda. Dan jadilah, bentou sederhana bentuk pesawat!

Menghias Bento 2

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Nah, masih berpikir kalau membuat bekal ala Jepang itu susah? Yuk, segera mencoba bikin bento mu sendiri. Dan jangan lupa untuk salurkan kreatifitas dan kasih sayangmu ke dalam bento!

bekal ala jepang bikin bento sendiri cara membuat bento ide membuat bento

No related post!

Leave a reply

eighteen − 16 =