3 Filosofi Air Terjun yang Harusnya Kita Teladani Bersama

3153 views

Di dunia, terdapat banyak tanda-tanda kebesaran tuhan yang bisa kita cermati. Salah satunya, Air terjun. Seperti yang kita tau, air terjun merupakan fenomena yang sangat unik dan cukup jarang ditemukan di sebagian negara. Karna itulah, sebagai penduduk negri yang memiliki banyak objek wisata air terjun kita harus bersyukur.

Seperti objek alam lainya, air terjun memiliki keunikan dan filosofi yang cukup menarik. Tak sekedar menarik, filosofinya yang mengingatkan kita akan sifat kesahajaan amatlah menginspirasi kehidupan kita sebagai mahluk social. Bagaimanakah ulasanya? Simak sejenak yuk.

1. Air terjun melambangkan kesahajaan

Filosofi Air Terjun Kesahajaan

Filosofi Air Terjun Kesahajaan via triptrus.com

Seperti yang kita tau, sudah menjadi sifat alami air jika ia senantiasa mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Tak peduli dari mana asalnya, sekaya apa kandungan mineralnya, ia selalu bermuara ke lautan. Namun dalam perjalananya, airpun memiliki alur perjalanan yang cukup menegangkan. Dan air terjun adalah salah satu jalur yang masuk ke kategori menegangkan.

Betapa tidak? Pada mulanya, air yang mengalir dengan konsisten tiba-tiba harus jatuh dari ketinggian dan harus bertemu dengan arus air yang baru. Tak peduli yang dibawah lebih kotor atau tidak, lebih jernih atau tidak, air di spot air terjun tak merasa ragu serta tidak menghindar sama sekali. Berkat kesahajaan ini, tempat yang dituju air terjun selalu medapatkan asupan air. Selain itu, air juga bisa melanjutkan perjalananya ke lautan.

Hal semacam ini tentunya amat menginspirasi. Bayangkan jika manusia memiliki sifat kesahajaan yang merata. Tentunya, banyak permasalahan yang bisa dicegah dan bisa teratasi. Walaupun membutuhkan waktu, kita mesti berlatih sedikit demi sedikit agar memiliki sifat kesahajaan.

2. Air terjun melambangkan keindahan

Filosofi Air Terjun Keindahan

Filosofi Air Terjun Keindahan via aripitstop.com

Fenomena air terjun memiliki keunikan yang indah. Tak jarang, kita bisa menemukan pelangi di lokasi air terjun yang sedang kita kunjungi. Walaupun keindahanya tak terlalu cantik untuk sebagian orang, air terjun tetap memancarkan pesonanya dengan konsisten. Tak peduli siang ataupun malam, selama masih ada air yang siap melintas, air terjun selalu memancarkan keindahanya dengan konsisten.

Tentunya, ini mengajarkan kepada kita akan sesuatu. Yakni, untuk senantiasa memancarkan keindahan dimana saja secara konsisten. Bila filosofi keindahan ini mampu dimengerti dan dipraktekan oleh banyak orang, dunia akan terlihat lebih cantik dan lebih indah.

3. Air terjun mengajarkan sifat konsisten

Filosofi Air Terjun Konsisten

Filosofi Air Terjun Konsisten via turdibali.wordpress.com

Jauh sebelum ditemukan para penjelajah alam, air terjun sudah terlebih dahulu mengalirkan jutaan liter airnya dengan konsisten. Selama ada air yang melintas di atas, air terjun akan selalu menyalurkanya ke bawah sehingga air bisa terjun dengan bebas.

Bila tidak konsisten, mungkin air terjun tak akan seindah itu. Selain itu, bila tidak terdapatnya pola kerja yang konsisten, air terjun tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini dapat dijadikan pelajaran agar manusia memiliki sifat yang konsisten.

Selama itu bermanfaat dan tidak mendatangkan bahaya bagi siapapun, sifat konsisten akan sangat berguna di kehidupan sosial, terlebih lagi di pekerjaanya. Tanpa sifat konsisten, mustahil bagi seseorang untuk fokus terhadap pekerjaanya.

Oke guys, itulah tadi artikel singkat kami tentang filosofi air terjun yang bisa menginspirasi kita semua. Semoga bermanfaat ya. See you next post!

Air Terjun Filosofi teladan hidup

Baca Juga

Leave a reply

5 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.