5 Filosofi Bunga Mawar Hitam yang Jauh dari Kata Romantis

17 views

Bunga mawar sering diartikan sebagai tanda cinta dan kasih sayang. Acap kali orang-orang menggunakannya sebagai hadiah untuk pasangan supaya lebih terkesan romantis dan susah dilupakan. Filosofi bunga mawar hitam pun demikian, memiliki arti sebagai tanda kisah romantis namun tak selamanya berjalan mulus.

Sebab apa? Duri dalam bunga mawar lah yang membuatnya tidak selamanya bahagia. Duri ditandakan sebagai hambatan atau rintangan yang kadang harus dilalui dengan susah payah atau bahkan pengorbanan. Maka dari itu, bunga mawar tidak selamanya tentang cinta dan cinta. Kadang juga tentang perjuangan yang berdarah-darah.

Nah, kira-kira, filosofi bunga mawar hitam apa lagi ya, yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari? Langsung simak aja yuk!

1. Berani melawan merupakan simbol yang erat kaitannya dengan bunga mawar hitam

filosofi bunga mawar hitam

Berani melawan via zellox.com

Keberanian untuk melawan memang sudah melekat dalam bunga mawar hitam ini. Dahulu kala, saat Irlandia memutuskan perang melawan Inggris, mereka menjadikan bunga mawar hitam sebagai simbol kegigihan dan keberanian dalam perang. Maka tak ayal, kalau sampai saat ini, bunga mawar hitam bisa diartikan sebagai keberanian untuk melawan.

2. Memendam kebencian dan dendam juga terukir dalam filosofi bunga mawar hitam

filosofi bunga mawar hitam

Benci dan dendam via blogspot.com

Warnanya yang hitam pekat dan seakan tidak ada kesan romantisnya sedikitpun, membuat bunga mawar hitam juga sering diartikan sebagai simbol kebencian dan dendam yang mendalam. Perasaan dendam ketika disakiti oleh teman, sahabat, atau bahkan pasangan, membuat bunga mawar hitam seolah-olah menjadi lambang yang pas dalam merepresentasikan perasaan itu.

3. Tidak melulu soal kebencian, berani, atau dendam. Bunga mawar hitam juga melambangkan kesetiaan

filosofi bunga mawar hitam

Kesetiaan via gedubar.com

Jika poin nomor satu dan dua tadi terkesan jauh dari kata romantis, maka kali ini sebaliknya. Bunga mawar hitam juga melambangkan tentang kesetiaan. Hal ini erat kaitannya dengan perjuangan seseorang dalam memperebutkan cinta seseorang yang lainnya. Namun naasnya, perjuangan tersebut hanya berujung kesetiaan yang tragis tanpa ada balasan sedikitpun dari orang yang dicintainya.

4. Selain kesetiaan, tragedi percintaan juga digambarkan jelas oleh bunga ini

filosofi bunga mawar hitam

via lintas-populer.blogspot.com

Cinta yang tragis sangatlah cocok jika disandingkan dengan bunga mawar hitam. Seolah-olah cinta yang diberikan itu tidak ada balasan sedikitpun, atau bahkan dibalas dengan kebencian. Ini bukan saja soal hubungan, tetapi bisa tentang karier seseorang. Semisal kerja kita sudah sekeras mungkin, tapi justru dianggap remeh oleh atasan atau orang lain. Itu menyakitkan bukan?

5. Namun tidak elok jika kita terus-terusan di bawah, kini saatnya bangkit dan semangat untuk berubah

filosofi bunga mawar hitam

Kebangkitan via caratanam.com

Tidak selamanya yang di bawah akan terus di bawah, itulah yang coba disampaikan oleh bunga mawar hitam. Kebangkitan menjadi salah satu makna yang bisa kita lihat dari bunga mawar hitam. Warna hitam bisa pula melambangkan sebagai suasana yang baru, untuk awal yang baru, untuk lahir kembali menjadi sesuatu yang baru lagi. Bunga mawar warna hitam melambangkan akhir dari sebuah era, untuk kemudian dilanjutkan dengan era yang baru dan harapan yang baru.

Nah itulah tadi sederet ulasan tentang filosofi bunga mawar hitam. Dimana bunga ini mengandung dua makna umum, yakni jalinan cinta kasih dan pengorbanan cinta yang tak kunjung reda. Semoga kamu tidak seperti mereka yang berjuang tanpa ada balasan, ya. Semoga bermanfaat!

Bunga Filosofi Mawar Hitam

Related Post

Leave a reply

4 − one =