4 Filosofi Daun Semanggi yang Menyimpan Banyak Cinta dan Rahasia

545 views

Filosofi daun semanggi sangatlah erat dengan situasi dan kondisi kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya melalui daun semanggi ini. Daun mungil yang identik dengan empat bagian cantik nan imut, membuat sesiapa yang melihatnya menjadi bahagia walau hanya sementara. Paling tidak, daun semanggi bisa menjadi pemandangan lucu di sela-sela kesibukan kita.

Bagi kita, mungkin daun semanggi merupakan daun yang biasa-biasa saja, sama halnya dengan daun-daun lainnya. Namun tidak bagi masyarakat Irlandia, yang memandang bahwa daun semanggi merupakan daun pembawa keberuntungan. Siapa saja yang berhasil memegangnya, atau sekadar melihat dan menemukannya, maka orang tersebut akan dihiasi keberuntungan di hari itu.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, yang jelas kita harus tetap percaya pada pendirian kita, bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini ialah atas izin Tuhan Yang Maha Esa. Namun, sekedar untuk pembelajaran, maka sah-sah saja apabila kita mempelajari filosofi daun semanggi.

Kira-kira, apa saja hal yang bisa kita pelajari dari daun semanggi ini? Langsung simak saja yuk!

1. Filosofi daun semanggi: Bagian pertama ialah cinta

Filosofi daun semanggi

Filosofi daun semanggi via images.google.com

Daun semanggi memiliki empat bagian, dan bagian pertama sering diartikan sebagai lambang cinta. Lambang yang erat dikaitkan dengan bunga mawar ini, ternyata juga dimiliki oleh daun semanggi. Cinta yang harmonis antara sepasang kekasih, sahabat, teman, hingga keluarga tercinta di rumah. Tak lupa, cinta ini juga terpancar pada sikap mencintai diri sendiri yang sudah jarang dilakukan orang saat ini.

2. Usia yang panjang merupakan buah dari benih menjaga kesehatan

Filosofi daun semanggi

Filosofi daun semanggi via images.google.com

Pentingnya menjaga kesehatan tentu sudah banyak kita dengar dari berbagai arah. Entah dari dokter, teman, atau bahkan keluarga kita sendiri. Menjaga kesehatan memang sangat fundamental, termasuk kesehatan mental yang susah dan kadang tidak disadari oleh orang-orang. Selalu olahraga, menjaga pola makan, berusaha berpikir positif, tidak berprasangka, ialah bentuk ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan yang dilambangkan oleh daun semanggi ini.

3. Daun semanggi juga melambangkan kemenangan dan kejayaan

Filosofi daun semanggi

Filosofi daun semanggi via images.google.com

Dalam hidup, tentu kita memiliki sebuah misi terpendam untuk diwujudkan nanti. Misi ini berbeda-beda untuk masing-masing orang, dan biasanya berhubungan dengan cinta diri sendiri akan sesuatu hal atau kondisi. Rasa cinta ini kemudian mendorong orang tersebut untuk melakukan apapun yang harus dilakukan demi berhasil meraih apa yang dicita-citakan. Pada akhirnya, daun semanggi melambangkan kemenangan dan kejayaan bagi orang-orang yang pantang menyerah.

4. Kekayaan ialah bonus dari perjuangan yang melelahkan

Filosofi daun semanggi

Filosofi daun semanggi via images.google.com

Meski bukan jadi tujuan utama, kekayaan merupakan hak bagi mereka yang berjuang mati-matian, tidak peduli apa kata orang, dan terus melangkah mencapai impian. Orang-orang seperti ini akan lebih mudah menghargai setiap jerih payah orang lain. Sehingga, ia akan lebih mudah menyisihkan kekayaannya untuk dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Kekayaan inilah yang dilambangkan oleh daun semanggi dalam hal mengarungi kehidupan yang berliku ini.

Nah, itulah tadi sederet hal yang bisa kita ambil pelajaran dari filosofi daun semanggi. Kita hidup di dunia yang sementara, maka untuk memaknainya, kita butuh belajar banyak hal dari banyak sudut pandang. Termasuk mempelajari kehidupan dari daun semanggi yang awalnya terlihat remeh, namun menyimpan makna yang mendalam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya!

Daun Semanggi Filosofi

Related Post

Leave a reply

eleven − 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.