Hal Unik Yang Tak Terlupakan dari Handphone/HP Jadul

884 views

Teknologi selalu berkembang dari konsep sederhana. Misalnya perkembangan teknologi telepon seluler yang berkembang dari keinginan manusia untuk bisa berkomunikasi menggunakan telepon tanpa kabel. Ini adalah sebuah impian besar yang memerlukan teknologi tinggi khususnya penggunaan baterai yang bisa bertahan dalam waktu yang panjang. Teknologi telepon seluler sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1970an, yang pertama dikembangan oleh Motorola dengan ukuran yang sangat besar dan bikin repot karena hanya bisa diaplikasikan di mobil-mobil saja.

Di Indonesia, telepon seluler mulai masuk sejak tahun 1990an. Waktu itu produk yang terlaris adalah yang dibuat oleh Nokia. Nah, kamu pasti udah pernah pake HP jadul kan? Pasti deh punya pengalaman menarik yang tak terlupakan ketika kamu memakai handphone jadulmu itu. Mungkin seperti inilah yang pernah kamu alami dulu dengan hape kamu yang penuh kenangan itu.

HP Jadul Bisa Ganti Casing Dengan Mudah

gonta-ganti-casing-800-min

Salah satu keistimewaan dari hp jadul khususnya yang dibuat oleh Nokia adalah mudah diganti casing-nya. Biasanya penyakit yang muncul pada hape jadul adalah keypad yang cepat rusak karena kita sangat doyan SMS-an. Kalau enggak buru-buru diganti otomatis kita bakal susah ngetik donk. Alasan berikutnya yang membuat kita pengen ganti casing adalah karena ingin hape kita terlihat keren. Casing baru punya desain yang oke, warna yang mentereng dengan gambar yang bervariasi. Pas diganti casing orang-orang pada bilang, “wow hape nya bagus banget tuh tong, “ beli dimana tuh casing-nya?”.

So untuk menghasilkan kekerenan berkelanjutan biasanya kita akan nyimpen beberapa casing untuk dipakai setiap minggu. Dengan begitu handphone kita jadi terlihat baru setiap hari. Biasanya kita sangat mementingkan casing ini dan tak berpikir untuk mengganti layar meskipun layar hape kita tergores. Gak apa-apa deh yang penting masih bisa ngetik yang enak, hehehe.

Game Snake Sangat Menyenangkan Untuk Dimainkan

images

Snake adalah game HP Nokia yang terlaris. Game ini terdapat di semua handphone lansiran Nokia. Tentu kamu masih ingat dengan game snake, Bounce, dan Space Impact bukan? Itulah game terlaris yang masih bisa kamu mainkan hingga saat ini. Bahkan kini ada versi android-nya loh yang bisa kamu download di playstore.

Meskipun sangat sederhana, game ini sangat menyenangkan untuk dimainkan. Ular yang dimainkan adalah sosok penting dalam game ini dan ia akan mencari mangsa. Ekor ular akan tumbuh semakin panjang begitu ia menemukan mangsa.

Jika saat ini kamu memiliki smartphone android, kamu bisa coba men-download game Snake Rewind yang merupakan versi kustom dari game snake yang kita mainkan sejak zaman kuliah dulu. Game ini grafisnya lebih oke dibanding pendahulunya.

Mengetik Pake Sebelah Tangan

sms-satu-tangan-800-min

Salah satu kelebihan dari handphone jadul adalah ukurannya yang lumayan kecil sehingga memudahkan pengguna saat mengetik. So, bukan hal aneh di zaman dulu kalau kamu sering melihat seorang pengendara motor mengetik sambil naik motor. Memang asyik sih hape jadul dulu, saya sendiri suka keranjingan ngetik sambil berjalan kaki di jalan.

Composer

xomposer-800-min

Fitut lainnya yang membuat hari-hari semakin asyik yang ada pada sebuah HP jadul adalah composer yang memungkinkan pengguna membuat beberapa musik monophonic. Yah lumayan lah untuk sekedar menghibur mah, biar hari-hari gak suntuk aja sih. Untuk mengkompos sebuah lagu biasanya bisa ditemukan contoh-contohnya di majalah dan tabloid. Disitu sering terdapat rubrik yang membahas kunci-kunci untuk membuat sendiri musik monophonic. Lumayan keren juga untuk dijadikan nada dering atau nada sms.

Pulsa SMS

sms-800-min

Meskipun gadget hape jadulku terhitung paling canggih di zaman dulu, kalau gak ada pulsanya sih percuma ajah. Dulu kan harga satu SMS itu sekitar Rp. 350,- dan terhitung boros, karena kalau kita cuma punya pulsa 1000 rupiah kita cuma bisa kirim 2 sms doang. Akhirnya banyak orang berpikir untuk mencari provider paket sms yang memang lebih hemat dan menguntungkan. Dan untungnya dulu sudah ada beberapa provider yang menyediakan layanan ini, kalau enggak bisa miskin kita karena untuk pulsa goceng aja kita cuma bisa kirim 10 sampai 12 SMS doang. Aduh mahal banget yah.

Tapi teknologi selalu berevolusi dan sekarang sudah ada teknologi smartphone dengan kecanggihan tak terbantahkan. Hari ini kita hampir tak perlu lagi menggunakan paket SMS atau paket telepon karena sudah ada aplikasi pesan instan seperti WeChat, Line, dan Whatsapp.

Body Handphone Jadul Anti Banting

crack-800-min

Pernah ngalamin gak sesekali hape jadulmu secara tak sengaja jatuh ke lantai? Dan … beng, casing-nya copot tapi setelah diamati bodi handphone tetap utuh seperti semula. Ini memang kelebihan dari handphone jadul karena bodinya di desain kuat banget bahkan ketika masuk ke dalam air pun jarang mengalami kerusakan. Dulu kalau ada hape masuk ke dalam air, tindakan penyelamatan yang bisa dlakukan adalah dengan memasukkannya ke dalam beras, lantas jreeeeeng… hapenya udah bagus lagi seperti gak pernah kenapa-kenapa.

Kalau pas jatuh ada keypad yang ilang lantaran benturan kita harus bagaimana? Gak usah mikir susah-susah deh, kamu bisa pake ujung pulpen buat mencet keypad nya yang hilang. Asli deh bener-bener anti banting. Haha…

Hape Jadul Baterainya Awet Banget

baterai-awet-800-min

Kalau baterai smartphone-mu yang sekarang ini cepat terkuras otomatis kamu harus bawa-bawa charger kemanapun kamu pergi. Betul kan? So, gak mengherankan kalau charger harus selalu tersedia di tas ranselmu setiap hari. Smartphone baterainya cepat habis karena selalu terkoneksi ke internet setiap waktu. Tapi coba deh diingat-ingat lagi… zaman dulu kita hampir gak perlu bawa-bawa charger segala karena baterai HP jadul itu kuat banget bahkan ada yang bisa on terus hampir seminggu. So kalau ditanya bawa charger atau eggak pasti deh jawabannya enggak karena baterai yang awet membuatmu enggan bawa-bawa charger segala.

Dulu fungsi sebuah handphone betul-betul sebagai alat komunikasi doang seperti untuk kirim SMS atau menelepon aja. Kamu cukup isi baterai seminggu sekali atau sekali per tiga hari. Kekuatan baterai hape jadul betul-betul mumpuni karena sangat kuat.

Nah dari semua kelebihan HP jadul di atas, mungkin yang paling hebring adalah bodinya yang tahan banting. Inilah yang kini kita inginkan dari sebuah bodi smartphone. So, bagaimana menurut kamu, handphone jadul tuh asyik banget kan? Kalau masih ada hal asyik lainnya yang belum penulis masukkan di sini, boleh dong kamu beritahu saya. Please tulis yah di bagian komentar, thank you.

fakta handphone jadul handphone jadul Hape Jadul hp jadul Keistimewaan hape jadul keunggulan hp jadul

Related Post

Leave a reply

eleven − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.