Hayooo Siapa Mau Makan Ikan Bertampang Serem Ini. Idih Gak Mimpi, Iya kan?

857 views

Siapa Hayooo yang berani makan Ikan Bertampang Serem ini? Kalao saya ogah deh, gak kepikiran sama sekali buat dimakan tuh cuyyy, tampang ikannya aja kayak setan. Hehe, bukannya ngatain ikannya jelek loh, inget, ikan ini juga ciptaan tuhan. Mereka punya hak hidup yang sama seperti makhluk lainnya, dan pastinya punya peran penting dalam ekosistem lingkungan.  Ikan-ikan ini punya gigi runcing buat memotong-motong korbannya, bahaya banget tuh. Biasanya mereka tinggal di perairan dalam. Jadi kalo gak ngerasa yakin sebuah sungai itu aman atau enggak, udah deh, jangan maksain. Ntar malah berabe lagi, itu kaki kamu dimakan ikan. Gak mau kan??

Ikan Piranha

ikan-piranha

Ikan piranha berasal dari luar negeri, tepatnya dari sungai amazon. Mereka adalah ikan pemakan daging dan dikabarkan sering menimbulkan korban jiwa manusia. Ikan ini nafsu makannya tinggi banget, kalo mereka mencium bau darah, udah deh itu orang apes banget nasibnya. Tak hanya itu, dengan gigi setajam silet mereka akan menghabisi mangsanya secepat kilat. Ikan ini sangat agresif kepada mangsanya juga pada kawanannya sendiri. Betul banget, ikan ini doyan makan temen sendiri alias kanibal.

Meski makan daging, sesekali ikan ini makan rumput juga. Mungkin sebagai selingan dikala bosan. Kalo bangsa manusia, mungkin buat ngopinya gitu deh. Meski sesekali makan ikan kecil sebagai mangsanya, dalam kawanan besar ikan piranha bisa menghabisi lumba-lumba sungai dan buaya dalam sekejap saja. So siapa aja yang gak sadar nyemplungin kakinya ke dalam air harus siap menanggung akibatnya, kehilangan kaki dalam waktu beberapa menit saja. Iyyyyy, gak nyoba deh.

Anglerfish

anglerfish

Ikan-ikan ada yang rupanya manis, ada yang bentuknya unik dan ada yang super jelek. Salah satunya anglerfish ini yang ditilik dari sisi manapun rupanya ugly banget. Meski begitu ada juga keistimewaannya, yaitu mengeluarkan cahaya di kegelapan.Anglerfish tinggal di perairan yang sangat gelap dan dalam. Karena itulah mereka bisa mengeluarkan cahaya sendiri untuk berburu dan mempertahankan diri. Untuk berburu ikan ini menggunakan sejenis umbai panjang yan gmenempel di kepalanya. Umbai ini mengeluarkan cahaya yang kemudian digerakkannya sebagai umpan.

Ketika ada mangsa mendekat, mulut ikan ini akan terbuka dan menyambarnya secepat kilat lalu ditelan bulat-bulat. Kalau kamu nyari ikan ini susah nya minta ampun lantaran hanya bisa ditemukan pada kedalaman 6.600 kaki dibawah permukaan laut. O ya, panjang anglerfish ada yang mencapai 2 kaki. Hmm… ada yang mau makan ikan anglerfish buat sarapan??

Belut Moray

belut-moray

Yang doyan makan belut pasti bersorak-soray kalau saya kasih tahu bahwa belut moray bisa kamu pancing di kedalaman laut. Tapi tak seperti belut yang kita pancing di sawah-sawah, belut ini adalah belut yang tinggal di laut. Hidup di batu-batu karang  dan hanya bisa kamu temui kalau kamu punya keberanian untuk menemuinya. Guys, belut serem ini panjangnya bisa mencapai 5 meteran lho terus gigitannya ternyata beracun. Banyak juga tuh penyelam yang tangannya kena gigitan belut moray. Bukan Cuma gigitannya yang beracun, lendir yang melumuri tubuhnya juga beracun. Ciri khas dari belut moray adalah rahangnya yang bisa dibuka lebar juga gigi-giginya sangat tajam. Ketika menunggu mangsa ia akan diam dengan santai sebelum akhirnya menggigit mangsa secara tiba-tiba dan menelannya dengan cepat.

Tigerfish

tigerfish

Nah loh adalagi nich yang lebih serem, namanya tigerfish alias ikan harimau. Dengan moncong bergigi tajam ikan ini sukses bikin pengunjung restoran pada kabur. Gigi-giginya yang sangat tajam bakal bikin jari kamu bunting kalo sempat dia gigit. Bukan itu saja, ikan ini panjangnya bisa mencapai 2 meter. Sebuah ukuran yang sangat besar jika dibandingkan ikan jaer, mas dan ikan koki, hehe. Dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan ini bisa bergerak cepat dan lincah.

Tak jauh berbeda dengan sebuah tank bergerak cepat yang siap memangsa buruannya dengan selusin gigi tajam. Tigerfish hanya bisa didapat di sungai di benua afrika saja. Konon ikan ini pemberani karena sering menyerang ikan atau hewan lain yang ukurannya lebih besar.

Snakehead Fish (Ikan Berkepala Ular)

snakehead-fish

Ikan bentuknya macam-macam yah, salah satunya ada yang kayak gini. Ini memang ikan bertampang serem yang super serem. Paduan dari kepala ular tapi berbodi ikan. Seperti inilah tampangnya. Di beberapa sungai di asia tenggara, ikan jenis ini ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan berat puluhan kilogram. Di sungai ikan ini akan memangsa apa saja mulai dari katak, burung, sampai mamalia darat sering disantap. Bahkan ada laporan bahwa ikan ini pernah menyerang anak-anak yang lagi mandi di sungai.

Dari bukti arkeologi diketahui bahwa ikan snakehead sudah eksis sejak berpuluh juta tahun lalu. Ikan ini canggih banget karena bisa kabur dari air terus pindah ke perairan lain dengan merangkak. Rahasianya ada di alat penafasannya di mana dia bisa bernafas di udara terbuka.

Viperfish

viperfish

Ikan lainnya yang dianggap jelek banget dan sering memangsa ikan lain adalah Viperfish. Seperti ikan lain yang hidup di kedalaman laut, ikan ini sering mangkal di kedalaman 700 kaki dengan gigi tajam yang siap memangsa ikan kecil yang kebetulan lewat. Ikan viperfish panjang tubuhnya mencapai 2 meter, merupakan ikan yang tidak akur dengan jenis ikan lainnya.

Fangtooth Fish

fangtoot-fish

Sepertinya inilah Ikan Bertampang Serem terakhir dalam daftar kita kali ini. Lebih dari jelek, ikan ini tampangnya gak karuan. Hidup di kedalaman 5000 meter dibawah permukaan laut, punya gigi tajam yang kokoh dan rahang yang kuat. Gigi seperti ini tidak dipakai sebagai pemotong karena lebih berfungsi sebagai pengunyah. Ikan ini serem banget yah, hiyyyyy lari ah. Hehehehe.

Ikan bermuka jelek Ikan Bertampang Serem

No related post!

Leave a reply

five − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.