Hey, Banyak Hal Yang Kamu Yakini Betul Ternyata Salah, Ini Alasannya

379 views

Hello guys, apa kabar nich? Semoga semua sehat tak kurang satu apapun. Oke deh guys untuk menambah semarak suasana mari kita membahas hal-hal menarik di sekitar kita. Banyak sekali hal unik serta mitos sains yang kita yakini sebagai kebenaran ternyata hanya sebuah persepsi saja karena setelah diteliti secara ilmiah malah terbukti salah. Misalnya saja tentang langit yang berwarna biru, betul kan kamu yakin kalau warna langit itu biru? Sebetulnya langit atau atmosfer bumi tidak berwarna biru, tapi penjelasannya akan disampaikan nanti di bagian pembahasan.

Kamu Yakin Sekali Kalau Warna Matahari Itu Kuning

apa warna matahari?Ini adalah keyakinan yang ditekankan oleh orang tua kita di rumah juga guru-guru di sekolah. Seringkali kita melihat ke cakrawala sambil mengamati bulatan matahari nun jauh di sana. Jika dilihat selintas memang betul warna matahari itu sedikit agak kuning kemerah-merahan tapi sebetulnya tidak. Warna yang disemburkan oleh matahari hanya putih saja tetapi ketika cahanya sampai ke permukaan bumi, di atmosfer mengalami pembelokan dalam sebuah efek yang disebut hamburan Rayleigh. Diduga efek ini juga yang menjadikan langit terlihat berwarna biru dan matahari terlihat berwarna kuning kemerahan ketika tenggelam.

Kamu Percaya Bahwa Gurun Terluas di Dunia Adalah Sahara

Gurun Terluas di DuniaJangan dulu percaya dengan apa yang disebutkan dalam buku atau apa yang kamu dengar dari orang lain. Jika sebelumnya kamu percaya gurun terluas itu gurun sahara, kamu sudah salah besar. Yang disebut gurun itu bukan hanya gurun pasir saja lho karena padang es di kutub dengan luas ribuan kilometer dan tak berpenghuni juga bisa disebut gurun. Saat ini gurun dengan luas terbesar di dunia adalah antartika dengan luas sebesar 5,4 juta mil persegi sedangkan sahara yang dipercaya sebagai yang terluas hanya memiliki luas 3,6 juta mil persegi saja.

Kamu percaya dengan Ramalan Bintang

Ramalan BintangDi majalah-mahalah remaja sering dibahas tentang zodiak, tapi percayakah kamu dengan ramalan bintang ini? Kamu selama ini sudah terbodohi habis-habisan karena sebetulnya tidak ada hubungan sama sekali antara ilmu astrologi dengan zodiak. Ramalan bintang diciptakan hanya untuk bersenang-senang belaka. hahaha..

Kamu Percaya Kalo Sinyal Handphone Itu Memantul Ke Satelit

Sinyal HandphoneBapak saya bilang kalo sinyal handphone itu memancar dari antene handphone kemudian naik ke langit menuju satelit lantas memantul menuju nomor handphone yang dituju. Guys, percaya pada hal ini adalah sebuah kekeliruan besar karena ketika kamu melakukan panggilan menggunakan telepon seluler, sinyalnya tidak pernah memancar ke satelit tapi di-relay ke BTS terdekat. Jadi gak pernah terjadi itu yang namanya memantul ke satelit dan dari satelit. Oke!!!

Kamu Percaya Bahwa Satu-Satunya Objek Yang Visibel dari Luar Angkasa adalah Tembok Besar Cina

Tembok Besar CinaBarangkali kamu pernah dengar bahwa satu-satunya benda bikinan manusia yang bisa terlihat dari langit adalah tembok besar cina. Kamu gak boleh percaya lagi karena anggapan ini ternyata salah. Kalau kamu coba naik ke langit terus nerawang ke permukaan bumi, bukan Cuma tembok besar cina saja yang bisa dilihat dari atas. Masih terdapat banyak benda yang bisa dilihat dengan mudah dari langit, khususnya dari stasiun luar angkasa internasional, dan semua itu buatan manusia. Naik lagi sedikit lebih jauh ke arah bulan. Dari bulan tak banyak yang bisa dilihat di permukaan bumi selain cahaya redup dari lampu-lampu di perkotaan.

Kamu Percaya bahwa Pasang dan Surutnya Air Laut Dipengaruhi oleh Gravitasi Bulan

Pasang dan Surutnya Air LautYakinilah mulai sekarang bahwa gravitasi bulan tidak sepenuhnya berpengaruh pada pasang dan surutnya air laut. Naik dan turunnya air laut lebih disebabkan oleh inersia air dari perputaran bumi. Ketika bumi berputar pada kecepatan 1.040 mph, ada volume air laut yang dihempaskan dengan arah berlawanan oleh bumi sehingga di sebagian tempat di bumi terjadi penurunan tinggi air laut (surut) sementara di tempat lainnya terjadi kenaikan permukaan air laut (pasang). Dengan demikian gravitasi bulan hanya sedikit berpengaruh pada pasang dan surutnya air laut.

Kamu Percaya Bahwa Bentuk Bumi Itu Bulat Sempurna

Bentuk Bumi Itu Bulat SempurnaBumi adalah planet yang berputar pada porosnya dan melakukan revolusi terhadap matahari. Dengan kecepatan putaran sebesar 1.040 mph, menjadikan kutub bumi sedikit agak pipih dan menonjol di daerah khatulistiwa. Para ilmuwan berspekulasi bahwa pada ribuan tahun mendatang bentuk bumi akan semakin memipih sebagai efek dari cairnya gletser dan pemanasan global.

Kamu Percaya Bahwa Puncak Tertinggi di Bumi Adalah Everest

Puncak Tertinggi di Bumi Adalah EverestPuncak gunung everest memang menjadi yang tertinggi jika pengukurannya dilakukan dari permukaan laut. Tapi jika pengukuran dilakukan dari dasar sampai ke puncak, maka kamu sudah keliru besar karena puncak yang tertinggi adalah gunung Kea di Hawaii. Berdasarkan pengukuran dari permukaan laut, puncak tertinggi Everest hanya 29.035 kaki sementara Gunung Kea tingginya sekitar 13.796 kaki. Meskipun demikian Gunung Kea punya bagian dasar yang terus memanjang ke bawah samudera pasifik sejauh 19.700 kaki. Jadi jika ditambahkan secara keseluruhan tinggi Gunung Kea mencapai 33.500 kaki.

Kamu Percaya Air Adalah Penghantar Listrik Yang Baik

Air Adalah Penghantar Listrik Yang BaikTak selalu begitu, meskipun pada kondisi tertentu air menjadi penghantar listrik yang sempurna, sebetulnya hal itu dipengaruhi oleh kondisi air tersebut. Jika terdapat kontaminan lain pada air tersebut seperti kotoran, mineral dan sebagainya, bisa jadi air tersebut menjadi sebuah super kondukter. Tapi sekali lagi, tidak murni air nya yah, tapi lebih ke kontaminan lain yang ada di air itu.

Kamu Percaya Bahwa Batubara dan Berlian adalah Benda Yang Sama

Batubara dan Berlian adalah Benda Yang SamaTidak benar jika ada orang mengatakan bahwa berlian merupakan bagian dari batu bara. Lihat saja pada kedalaman seperti apa batubara dan berlian ditambang. Batubara hanya terdapat pada kedalaman 2 mil di bawah permukaan bumi sedangkan berlian pembentukannya terjadi pada kedalaman 90 mil di bawah bumi. Maka dari itu batu bara dan berlian adalah dua benda yang jauh berbeda.

Anggapan yang diyakini sebagai sebuah kebenaran mutlak ternyata hanya sebuah kesalahan besar. Semua harus dibuktikan melalui penelitian mendalam hingga studi ilmiah. Setelah kebenaran diperoleh, baru kamu bisa meyakininya sebagai kebenaran mutlak. Nah menarik bukan??

dunia sains fakta sains fakta unik Menguji kebenaran sesuatu Merevisi sebuah kebenaran sains mitos sains

Related Post

Leave a reply

10 − 2 =