Idih, Terjebak Macet Ratusan KM Kaya Gini Siapa Sih Yang Mau?

752 views

Mobil adalah alat transportasi darat yang terbilang nyaman, apalagi kalau mobil itu keluaran terbaru, rasanya pasti sangat asik untuk dikendarai. Saat ini mobil banyak dipilih karena terbilang efektif, mengurangi rasa lelah, dan teknologi di dalamnya lumayan canggih. Kemanapun kita pergi pasti deh banyak mobil berseliweran di sana-sini, termasuk saat Terjebak Macet, pasti mobil pribadi deh yang disalahkan. Dengan jumlah produksi mobil mencapai ribuan unit per bulan, pabrikan mobil asing di Indonesia mendulang untung trilyunan per tahun. Yang patut disayangkan, angka pertambahan mobil tak sebanding dengan pertambahan luas jalan raya. Hasilnya, di jam kerja dan waktu produktif lainnya, sering terjadi kemacetan parah hingga ratusan KM jauhnya. Wow bukan main, macetnya ratusan km loh. Jaraknya bisa dari kota Jakarta hingga ke Bandung dan terus-terusan macet tanpa henti. Jangan heran kalau dalam kondisi seperti ini ada saja yang tewas di perjalanan karena dehidrasi atau terpanggang karena kepanasan di dalam mobil. Serem banget yah.

Macet Sampai 135 KM di Jepang

kemacetan-di-jepang

Jepang adalah negara kecil dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di dunia. Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi membuat warga negaranya hidup makmur, tak perlu deh kita sebutkan kendaraan seperti apa yang dipakai orang Jepang. Semua merk kendaraan mewah yang kita dapati di Indonesia, pasti ada kembarannya di Jepang. Pernah tercatat sebuah kasus kemacetan sejauh 135 km yang terjadi pada tanggal 12 Agustus 1990. Macet parah terjadi karena orang-orang banyak yang pergi dari tempat asal mereka di beberapa kota di Jepang yang terkena Taifun Winona. Ditambah lagi dengan banyaknya orang yang pulang dari liburan musim panas nya.

Hasilnya terjadilah kemacetan panjang sejauh 135 km. Menurut kabar ada sebuah keluarga yang seluruhnya tewas karena kelelahan dalam perjalanan. Pada dasarnya Tokyo termasuk kota dengan kemacetan terparah di dunia, tapi kali ini jumlah kendaraan yang masuk ke jalanan terlalu banyak hingga meluber ke badan jalan dan tak tertampung lagi semuanya.

Macet Bikin Pusing di Houston Utara Sejauh 160 KM

kemacetan-houston-utara

Kemacetan di jalan raya bisa terjadi karena berbagai hal, salah satu yang paling ditakutkan adalah untuk menghindari bencana alam. Dengan kecanggihan teknologi, peristiwa-peristiwa alam bisa diprediksi dengan mudah dan memungkinkan banyak nyawa untuk terselamatkan. Tapi karena mode transportasi yang digunakan berbasis darat, jadinya terjadi penumpukan jumlah kendaraan di jalanan. Alhasil di Houston utara terjadi kemacetan hingga 160 KM karena orang-orang ingin menyelamatkan diri dari serangan badai rita.

Ini adalah kemacetan terburuk dalam sejarah Amerika Serikat, dalam kejadian ini puluhan ribu orang turun ke jalan raya dengan kendaraan mereka, 48 jam kemudian terjadi kemacetan panjang sejauh 160 KM pada tanggal 21 September 2005.

Untuk mengusir stress orang-orang banyak yang keluar dari mobil mereka dan tiduran di kap mobil, sebagian lagi selonjoran di tepi jalan. Banyak juga yang mobilnya kehabisan bensin sampai harus dibantu oleh petugas polisi yang seliweran membawa BBM cadangan.

Macet Parah di Lyon, perancis, Sejauh 175 KM

kemacetan-lyon-perancis

Coba katakan kepada saya, apa yang akan terjadi ketika ribuan orang pulang dari liburan murah mereka di waktu yang bersamaan. Ini pernah terjadi lho, tepatnya di Kota Lyon, di perancis. Saking parahnya, kemacetan ini dimasukkan ke dalam Guinness World of Records karena begitu panjang. Kemacetan ini bermula dari Kota Lyon ke paris di tanggal 16 Februari 1980. Catatan menyebutkan bahwa kemacetan ini disebabkan oleh cuaca buruk dan jalan raya yang sumpek oleh mobil.

Semua pasti tahu rasa frustasi yang dirasakan para pengemudi karena hanya bisa melaju perlahan saja dalam jarak 175 KM. Ini sangat lama dan membosankan. Hal seperti ini banyak dirasakan oleh orang Indonesia ketika musim mudik tiba. Betul kan??

Macet Panjang Sejauh 201 KM di Rusia

kemacetan-rusia

Rusia dengan wilayah yang sangat luas pun tak lepas dari masalah kemacetan. Di rusia pernah terjadi kemacetan sepanjang 201 KM yang membuat orang-orang terjebak hingga 3 hari di mobil mereka. Kemacetan ini terjadi antara kot Moskow dan St. Petersburg. Macet yang sudah parah dibikin tambah ruwet dengan turunnya salju tebal di tol M-10 yang menjadi penghubung kedua kota. Menurut surat kabar the Huffington Post, kemacetan ini memerlukan 13,5 jam untuk terurai dan kembali normal. Wuih lama banget yah…

Macet Panjang & Lama di Brazilsejauh 293 KM

kemacetan-brazil

Salah satu kota terpadat di Brazil yang dihuni 11 juta jiwa adalah kota Sao Paulo. Di sini pernah terjadi macet parah pada tanggal 11 Juni 2009, tercatat kemacetan ini jaraknya mencapai 293 KM. Sekalipun kemacetan sudah dianggap wajar, kali ini macetnya dianggap keterlaluan. Jika kemacetan biasa terjadi di akhir pekan dan hari kerja, kali ini kemacetan terjadi secara konstan dalam waktu lama. Semua orang bisa memaklumi bahwa orang Brazil, khususnya warga Sau Paulo sudah meningkat taraf ekonominya sehingga gaya hidup mereka naik dan bisa memiliki kendaraan. Menurut catatan lebih dari 1000 unit mobil terjual setiap hari di beberapa dealer mobil di sana.

Nah bagaiamana pembaca semua, tidakkah menyedihkan jika anda harus terjebak macet sepanjang ratusan KM. kita tak pernah tahu kapan kita akan terjebak dalam kondisi seperti ini. Tapi jika dibayangkan betapa frustasinya mereka yang terjebak dalam kemacetan seperti ini. Bukan hanya cuaca yang turut menyumbang stress, bahan bakar kendaraan kemungkinan akan habis di perjalanan karena mobil hanya bisa bergerak perlahan dalam jarak ratusan KM. Wah kebayang deh, stress banget, iya kan sob??

 

Macet ratusan KM Terjebak Macet

No related post!

Leave a reply

12 + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.