Ingin Memiliki Asuransi Motor? Pahami Dulu Manfaat Asuransi Motor Dan Beberapa Hal Ini

539 views

Memiliki sebuah kendaraan bermotor selain memberikan anda kemudahan, juga bisa memberikan anda beberapa resiko. Misalnya terjadinya kehilangan atau kecelakaan. Untuk dapat meminimalisasi resiko-resiko tersebut, beberapa orang memutuskan untuk memiliki asuransi motor.

manfaat asuransi motorNamun, apa sebenarnya manfaat asuransi motor yang bisa anda rasakan? Mengapa harus ikut asuransi motor jika anda bisa mengemudi dan menjaga motor anda dengan baik? Hingga saat ini juga, masih banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa dengan mengikuti asuransi, berarti anda mengundang sesuatu yang tidak baik datang pada kehidupan anda.

Untuk bisa memberikan anda pemahaman yang lebih mengenai manfaat asuransi motor, dan bukan hanya sekedar menginginkan hal buruk terjadi pada anda atau motor anda. Anda harus menyimak beberapa manfaat asuransi motor yang bisa langsung anda rasakan berikut ini :

  1. Menjanjikan Rasa Aman Yang Lebih

Bagi anda yang masih merasa was-was ketika sedang berkendara dengan motor, dengan mengikuti asuransi secara tidak langsung akan memberikan rasa aman. Percaya atau tidak, anda akan menjadi lebih percaya diri dalam berkendara ketika anda memiliki asuransi.

  1. Memberikan Perlindungan

Apapun bisa terjadi pada kendaraan anda. Misalnya motor anda tiba-tiba dicuri, ditabrak atau dirusak oleh orang lain. Anda tidak bisa memastikan hal tersebut tidak akan terjadi pada anda atau motor anda, namun dengan asuransi motor, anda bisa memastikan bahwa anda akan mendapatkan perlindungan yang lebih ketika hal-hal buruk tersebut terjadi.

  1. Berpengaruh Pada Keuangan

Bukan hal mengherankan jika tiba-tiba motor anda membutuhkan perbaikan, baik perbaikan dalam skala kecil maupun skala yang lumayan besar. Dengan mengikuti asuransi, anda bisa melakukan perbaikan tersebut tanpa harus mengeluarkan uang lagi, sehingga kondisi keuangan anda bisa lebih terjamin.

  1. Layanan Tambahan

Anda juga tidak boleh melupakan manfaat asuransi motor yang satu ini, dimana anda bisa mendapatkan layanan dan kelebihan lainnya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan penyedia asuransi yang memberikan fasilitas tambahan bagi para pelanggannya.

Seperti bantuan teknisi ketika anda mengalami masalah di jalan, hingga peminjaman kendaraan ketika kendaraan anda sedang dalam masa perbaikan.

beberapa manfaat asuransi motorDengan beberapa manfaat asuransi motor di atas, mungkin kini anda sudah mulai tertarik untuk mengikutinya. Namun, sebelum anda langsung memutuskan untuk mengikuti sebuah asuransi, anda juga sebaiknya mengenal jenis-jenis asuransi motor yang selama ini ada di Indonesia. Adapun jenis-jenis asuransi motor itu diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi motor pertama ini akan menanggung dan menjamin kerugian yang anda terima ketika anda mengalami kehilangan motor anda. tidak hanya itu saja, anda tetap bisa melakukan klaim asuransi jika anda mengalami kerusakan pada motor lebih dari 75% dari harga motor tersebut.

Jenis asuransi ini menjadi salah satu jenis asuransi motor yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Mengingat bahwa pencurian sepeda motor di Indonesia sangatlah besar jumlahnya.

  1. All Risk / Comprehensip

Sedangkan jenis asuransi motor kedua ini sering disebut sebagai asuransi yang paling lengkap. Perusahaan asuransi akan menjamin perbaikan motor anda, meskipun kerusakan yang dialami motor dalam kategori ringan hingga berat. Kehilangan juga ditanggung oleh jenis asuransi ini.

Karena lengkapnya jaminan, maka biasanya jumlah premi asuransi motor yang harus anda bayar pada jenis asuransi ini lebih besar daripada yang sebelumnya.

Untuk urusan premi asuransi motor, setiap perusahaan memiliki ketentuan sendiri pada premi yang dibebankannya. Misalnya, pada premi asuransi motor Honda, total premi yang dibebankan didapatkan dari OTR ditambah dengan biaya administrasi.

Misalnya sebuah sepeda motor memiliki nilai OTR 23.000.000 dengan rate asuransi 2.5% dan biaya administrasinya 35.000. maka total premi yang dibebankan ialah 610.000 rupiah. Dengan keterangan OTR merupakan On the road atau harga kendaraan ketika penutupan asuransi.

Premi asuransi motorCara pembayaran premi juga semakin ke sini semakin beragam saja, namun cara yang paling sering digunakan ialah langsung membayar pada kasir yang ada di dealer atau dengan melakukan transfer pada nomor rekening yang sudah ditentukan.

Karena besarnya jaminan yang diberikan untuk sebuah kerugian atau kejadian buruk yang terjadi, maka tidak sedikit orang yang sengaja membuat kesalahan untuk mendapatkan klaim asuransi. Ini juga sebabnya, untuk menerima klaim anda harus melewati beberapa prosedur.

Sebagai informasi tambahan bagi anda, prosedur atau persyaratan yang biasanya diberlakukan agar anda bisa menerima klaim adalah sebagai berikut :

  1. Adanya laporan kerugian
  2. Adanya Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Polsek dimana anda mengalami sebuah kerugian
  3. Fotocopi STNK dari motor anda juga akan diminta
  4. Fotocopi SIM pengendara atau pemilik motor
  5. Interview yang dilakukan oleh petugas atau staff perusahaan

Jika semua persyaratan dan prosedur tersebut telah terpenuhi, barulah anda bisa menerima klaim seperti yang seharusnya. Informasi mengenai manfaat asuransi motor hingga premi asuransi motor ini diharapkan bisa menjadi informasi yang berguna bagi anda.

asuransi motor dunia otomotif manfaat asuransi motor pecinta otomotif perlindungan motor premi asuransi

Related Post

Leave a reply

2 × 1 =