Inilah Tips Mudah Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Sobat Yang Ingin Memulai Usaha

2972 views

Inilah Tips Mudah Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Sobat Yang Ingin Memulai Usaha – Sebuah bisnis maupun usaha perlu ditunjang oleh banyak faktor untuk meraih kesuksesan. Seperti masalah pemasaran, marketing, produksi, inovasi, sumber daya manusia, teknologi, peralatan canggih, dan permodalan serta lain sebagainya. Salah satu faktor penting dalam berwirausaha dan memulai sebuah usaha adalah mempersiapkan modal usaha. Walaupun sebuah usaha bisa berjalan tanpa modal uang sama sekali. Namun dengan mempunyai uang untuk modal usaha yang memadai membuat kita tenang jika usaha mengalami kendala dan hambatan tertentu di tengah jalan.

Inilah Tips Mudah Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Sobat Yang Ingin Memulai Usaha

Cara dapat modal via betabicara.com

Sekarang kita mengenyampingkan para pelaku usaha yang sukses tanpa modal uang sama sekali. Kini kita fokus pada memulai usaha yang membutuhkan uang untuk biaya operasional dan membuka usaha. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan modal usaha agar usaha yang akan kita jalani berjalan lancar. Berikut ini cara mendapatkan modal usaha yang bisa dilakukan oleh para calon pelaku usaha untuk memulai membuka bisnis sendiri :

1. Tabungan sendiri

Tabungan sendiri

Tabungan sendiri via edubuku.com

Ketika seseorang bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan dengan gaji tinggi maka sebagian gajinya mungkin ditabungkan di rekening tabungan. Hal ini baik sekali dilakukan oleh seorang karyawan sebagai dana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kelak seperti kecelakaan, sakit, dll yang memerlukan uang dalam jumlah besar. Kebiasaan menabung sangat baik dilakukan seorang karyawan. Namun karena kebutuhan hidup sehari-hari yang kian besar dan harga pangan terus melonjak naik membuat seorang karyawan sulit untuk menabung.

Cara menabung yang efektif seperti yang dilakukan oleh Safir Senduk adalah menabung dulu didepan setelah gajian. Tentu setelah sekian lama menjadi karyawan, saldo tabungan terus membesar. Nah jika sobat ingin berubah haluan menjadi pengusaha maka uang tabungan sendiri bisa dijadikan modal usaha untuk memulai suatu usaha

2. Mencari pinjaman uang untuk modal usaha ke anggota keluarga

modal usaha ke anggota keluarga

Pinjam modal usaha ke anggota keluarga via usaha2016.com

Sudah diketahui bersama bahwa anggota keluarga seperti ayah, ibu, paman, bibi, kakek, saudara, kakak, adik dan lain-lain adalah orang yang dekat dengan kita. Mereka secara rela dan ikhlas untuk membantu kita apabila kita sedang menghadapi masalah. Apabila sobat tidak mempunyai uang untuk modal usaha maka langkah bijak sekali jika meminjam uang untuk modal usaha ke anggota keluarga tercinta. Mungkin ada salah seorang kerabat atau anggota keluarga sobat yang kaya raya. Mereka pastinya dengan senang hati memberikan pinjaman uang untuk modal usaha sobat. Asalkan sobat jujur dalam usaha dan tepat waktu dalam pengembaliannya. Jika mereka mau tawarkanlah kerjasama usaha dengan pembagian prosentase keuntungan.

3. Mencari pinjaman uang untuk modal usaha ke teman, kenalan dan sahabat

Mencari pinjaman uang untuk modal usaha ke teman, kenalan dan sahabat

pinjaman uang untuk modal usaha ke teman via teropongbisnis.com

Teman, sahabat adalah orang yang care atau perhatian sekali terhadap sobat.

Baca juga : Cara Mengenali Sikap Sahabat Sejati.

Sahabat dan teman sangat respon terhadap keadaan kita. Mereka bersedia berbagi suka maupun duka. Jika teman dan sahabat sobat masih berada di sekitar sobat maka sobat bisa mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha kepada teman dan sahabat. Sudah pasti donk, mereka akan memberikan pinjaman uang untuk modal usaha apabila mereka sedang mempunyai uang. Tapi ada syaratnya ya, jangan sampai sahabat kalian di jadikan tempat untuk bergantung di saat ada masalah, karena sahabat kita juga punya keluarga yang lebih di utamakan.

4. Mencari donatur atau investor

Mencari donatur atau investor

Mencari donatur atau investor via aseirou.dynu.com

Apabila sobat tidak mempunyai uang tabungan milik sendiri dalam jumlah besar di bank maka alternatif selanjutnya adalah mencari investor yang akan memodali usaha sobat. Misalnya membuat iklan bahwa sobat sedang mencari partner mitra kerjasama dalam suatu bidang usaha yang dipromosikan di berbagai media sosial. Lalu sobat bisa pula membuat proposal usaha dengan sangat gamblang mengenai prospek usaha, analisa usaha, perincian usaha, modal usaha yang dibutuhkan dan persentase pembagian keuntungan. Cara ini sebenernya agak sedikit beresiko sih, mengingat jarang sekali kita menemukan investor dengan kriteria Angel Investor yang sangat membantu sekali dalam perjalanan usaha/bisnis sobat. Apa itu Angel Investor ? Baca disini ya : cara jitu untuk mendanai bisnis startup mu

5. Mendapatkan modal usaha gratis dari lembaga pemerintah

modal usaha gratis dari lembaga pemerintah

modal usaha gratis dari lembaga pemerintah via banjirpelanggan.com

Mungkin sobat heran memang ada modal usaha gratis dari pemerintah?! Iya memang ada modal usaha gratis. Hal ini telah dilakukan banyak pelaku usaha untuk memodali usahanya. Misalnya di daerah penulis, ada kelompok peternak ikan yang mendapatkan bantuan benih ikan dari universitas negeri, kementerian perikanan, pertanian dan lain sebagainya. Modal usaha gratis bisa didapatkan dari lembaga-lembaga pemerintahan lainnya seperti kementerian sosial, kementerian transmigrasi dan tenaga kerja, kementerian koperasi dan usaha kecil, BUMN dan lembaga pemerintah lainnya. Karena lembaga tersebut dikenakan kewajiban oleh pemerintahan pusat untuk membantu masyarakat Indonesia dalam segi ekonomi dan usaha. Adapun untuk mengetahui informasi modal usaha dan dana hibah dari lembaga tersebut bisa mengakses website resminya.

6. Meminjam uang ke Bank

Meminjam ke Bank

Meminjam ke Bank via bisnisukm.id

Lembaga keuangan seperti bank dan koperasi merupakan sebuah badan resmi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengumpulkan uang dari masyarakat dan mendistribusikannya. Mengajukan pinjaman uang ke bank merupakan cara tradisional untuk mendapatkan uang sebagai modal usaha. Bank senang sekali jika ada seorang calon pelaku usaha yang mengajukan peminjaman uang ke bank dengan dalih hendak memulai membuka usaha. Sebab uang bisa berputar dan bank akan mendapatkan keuntungan uang dari bagi hasil usaha nasabahnya. Namun meminjam uang di bank untuk modal usaha akan dibebankan biaya beban bunga dan pembayaran tepat waktu.

7. Pinjaman modal usaha dari perusahaan swasta dan negeri

Pinjaman modal usaha dari perusahaan swasta

Pinjaman modal usaha dari perusahaan swasta via pengantarbisnis.com

Sesuai peraturan Kementerian BUMN bahwa setiap badan usaha milik pemerintah dikenakan kewajiban untuk membantu para pelaku usaha kecil dalam segi permodalan dan pemasaran usaha. Hal ini sebagai wujud kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, jika lokasi usaha sobat berdekatan dengan perusahaan swasta yang besar maupun usaha BUMN seperti PT Garuda Indonesia, PT LEN, Bio Farma, Telkom, Pertamina dll bisa mengajukan permohonan bantuan modal usaha. Biasanya modal usaha diberikan berupa pinjaman dengan bunga sangat rendah disertai pendampingan usaha.

Namun untuk meminjam uang di bank sebagai modal usaha membutuhkan beberapa persyaratan seperti fotocopy KTP, surat keterangan penghasilan usaha, jaminan, dan lain sebagainya. Selain itu, meminjam uang di bank akan dikenakan bunga yang di Indonesia timbul perbedaan pendapat mengenai bunga bank tersebut. Ada yang mengatakan bunga bank haram dan ada yang menyatakan bunga bank halal dan bukan riba. Namun untuk menjaga kehati-hatian lebih baik meminjam uang ke bank syariah dalam memodali usaha. Karena lebih aman, halal dan adil.

Yang perlu sobat hindari adalah meminjam uang untuk modal usaha ke rentenir. Karena itu riba dan haram menurut agama. Allah SWT berfirman : Allah mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli.

Demikianlah cara mendapatkan modal usaha yang bisa sobat lakukan untuk memodali usaha. Ternyata menjalankan usaha itu mudah walaupun tidak mempunyai uang dengan cara menggunakan tabungan milik sendiri, pinjam uang ke anggota keluarga, sahabat, teman dan mencari investor. Sebenarnya masih ada cara lainnya untuk memperoleh uang sebagai modal usaha. Namun semua yang diuraikan di atas sudah mencukupi. Akhir kata, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Tetaplah menyimak blog malesnulis.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Baca artikel terkait : Cara Menjadi Blogger Pemula Berpenghasilan Melebihi UMR

cara dapat modal cara dapat uang dana hibah gratis modal bisnis modal usaha gratis modal usaha kecil uang gratis

Baca Juga

Leave a reply

two − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.