Jangan Cuek, Jembatan Terindah di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Memuji Keindahannya

511 views

Permukaan bumi tidak diciptakan dengan permukaan yang rata, kontur bumi berbeda-beda tingginya. Inilah yang membuat manusia kesulitan untuk menyebrang dari satu tempat ke tempat lainnya, khususnya jika ingin menyebrangi sungai dalam dan lebar. Kali ini sengaja kita membahas Jembatan Terindah di Dunia yang didesain tahan gempa, indah strukturnya dan tahan lama. Jembatan-jembatan ini diciptakan dengan anggaran super mahal, pengerjaan yang lama dan teknik paling canggih. Jembatan-jembatan ini begitu indah, terutama ketika dilihat di waktu lama. Lampu-lampu yang menyala membuat pemandangan dari jembatan ini sangat cantik dan romantis. Oleh sebab itu, jembatan indah yang dengan biaya pembuata jutaan dollar ini menjadi daya pikat bagi turis dari seluruh dunia.

Jembatan Oaklay Bay di San Fransisco

01-san-francisco-oakland-bay-bridge

Jembatan yang dikenal dengan nama Oakley bay ini sangat terkenal. Setiap harinya dilewati oleh ratusan ribu kendaraan, menghubungkan antara Oakland dan San Fransisco. Jembatan ini dikatakan sebagai salah satu yang terpanjang di Amerika Serikat. Pernah terjadi dek atas dari jembatan ini runtuh ke dek bawah ketika terjdi gempa Loma Prieta di tahun 1989. Karenanya jembatan ini sempat diututup selama satu bulan.

Baru di tahun 2013 kemudian bagian timur dari jembatan ini kembali dibuka untuk lalu lintas. Bagian dek yang runtuh saat ini dalam proses perbaikan dan menurut perkiraan akan selesai di tahun 2016 dengan biaya mencapai Rp. 75 trilliun. Karena mahalnya biaya pembuatan dan panjangnya, Guinness world Records menyatakan jembatan Oaklay Bay sebagai salah satu yang paling luas di dunia.

Jembatan Great Belt Fixed Link

2-great-belt-fixed-link

Bicara soal jembatan eksotis nan cantik, pasti jembatan Great Belt Fixed Link ini membuatmu terpukau. Great Belt Fixed Link terdapat di Denmark dan menghubungkan funen di Denmark dan pulau di Zealand. Pengerjaanya selesai di tahun 1997 dan sukses mempensiunkan kapal feri di sana. Biaya pembuatan jembatan ini menelan Rp. 52 Trilliun dengan waktu pengerjaan selama 10 tahun.

Sebelumnya orang Denmark butuh waktu sampai 1 jam untuk melintas dengan kapal feri tapi kini jauh lebih cepat lagi. Hanya perlu 10 menit saja untuk mencapai sisi pulau lainnya dengan mobil. Di luar asia, jembatan great belt fixed link menjadi yang terpanjang karena rentangnya mencapai 7 km. Bagaimana, cantik kan?

Jembatan Verrazano

3

Ada beberapa jembatan mahal yang dibangun di kota New York, salah satunya adalah the Verrazano bridge. Nama jembatan ini diambil dari nama orang pertama pendiri kota New York di tahun 1524, dia adalah Giovanni da Verrazano. Jembatan mahal ini dibuka pertama kali di tahun 1964. Dengan bentang sepanjang 2,6 km, jembatan ini menjadi yang terpanjang di Amerika. Berfungsi untuk menghubungkan staten island dan Brooklyn. Dahulu, ketika pertamakali selesai dibangun jembatan ini menjadi yang terpanjang di dunia. Pengerjaannya rampung dalam waktu 5 tahun 7 bulan dengan biaya pembuatan sebesar Rp. 28,5 Trilliun.

Jembatan Yeongjong di Korea Selatan

4-yeongjong-grand-bridge

Jembatan Yeongjong yang berlokasi di korea selatan adalah salah satu yang termahal di asia. Meskipun usianya masih begitu muda, kepopulerannya sudah dikenal dunia. Jembatan Yeongjong dibuka tahun 2000 dengan biaya pembuatan sebesar Rp. 22 Triliun. Perlu sekitar 5 tahun bagi korea selatan untuk menyelesaikan pembuatan jembatan yang menghubungkan korea selatan dengan pulau yeongjong ini. Dengan panjang mencapai 4,42 km, jembatan yeongjong menjadi bagian dari Incheon International Airport Expressway.

Jembatan Tsing Ma

5-tsing-ma-bridge

Hongkong memiliki gedung-gedung pencakar langit yang megah dengan desain yang indah. Jembatan Tsing Ma yang dibangun untuk melintasi channel Ma Wan ini menyempurnakan kehebatan itu. Jembatan Tsing Ma pembangunannya selesai pada tahun 1997 dan diresmikan oleh Margaret Thatcher, Perdana Menteri Inggris. Banyak sekali biaya yang digelontorkan untuk pembuatan jembatan ini, takkurang dari Rp. 11 Trilliun.

Ketika seleai dibangun, jembatan Tsing Ma pernah mencatat rekor sebagai jembatan kedua di seluruh dunia, yang terpanjang. Lintasan jembatan ini membentang sepanjang 1,37 km dengan dua deck yang diperuntukan bagi jalan raya dan satunya lagi untuk rel. secara fisik tingi jembatan ini 206 meter dengan rentang seluas 1,377 meter.

Jembatan San Fransisco Oakland Bay

6-san-francisco-oakland-bay-bridge

Jembatan Terindah di Dunia berikutnya adalah San Fransisco Oakland Bay Bridge yang menyebrangi teluk san fransisco. Usul pembangunan jembatan ini telah diinisiasi sejak awal abad ke 20. Tapi jembatan ini baru selesai tahun 1936. Diperlukan 3 tahun 7 bulan untuk menyelesaikan pembuatan jembatan ini. Panjangnya sendiri begitu fantastis karena mencapai 8 km lebih. Tak heran jika jembatan indah ini pernah menjadi yang terpanjang di seluruh dunia. Untuk membangun jembatan panjang ini Amerika mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15 Trilliun.

Jembatan George Washington

7-george-washington-bridge

Kota New York termasuk salah satu kota tersibuk di Amerika dan sering dilanda kemacetan parah. Untuk terbebas dari kemacetan ini anda bisa masuk ke jembatan George Washington untuk melintasi sungai Hudson. Silakan gunakan jembatan George Washington jika anda ingin pergi ke new jersey atau Manhattan. Jembatan ini adalah salah satu yang tersibuk di Amerika karena sangat sering dilalui kendaraan. Untuk membuat jembatan ini diperlukan biaya sebear Rp. 13 trilliun dengan penyelesaian selama 4 tahun. Hmm.. ada yang pernah lewat jembatan ini?

Jembatan Cooper River

8-cooper-river-bridge

Sebagai penghubung Mount Pleasant dan Charleston, dibangunlah jembatan Cooper River yang namanya dikutip dari politisi partai republik, Arthur Ravenel Jr. Jembatan jangkung ini dikerjakan oleh perusahaan rekayasa multinasional yang terletak di Kota New York, Parsons Brickerjoff. Jembatan ini dibuka pada tahun 2005 setelah menelan hampir Rp. 9 Trilliun untuk menyelesaikannya. Upaya pencarian dana dilakukan oleh Arthur Ravenel Jr dengan melobi senat dan akhirnya terkumpullah dana untuk pembuatan jembatan ini.

Jembatan Tacoma Narrows

9-tacoma-narrows-bridge

Masyarakat di daerah Tacoma sangat bersyukur atas keberadaan jembatan Tacoma Narows karena sangat bermanfaat untuk menunjang segala aktivitas mereka. Awal pembanguannya dilakukan pada tahun 1950 tapi kemudian runtuh karena terhempas angin. Baru setelah satu dekade berlalu, pembangunan jembatan in kembali dilanjutkan. Menurut perancangnya, jembatan ini didesain untuk dilalui 60.000 kendaraan dalam sehari. Biaya pembuatannya lumayan mahal sekitar Rp. 10 Trilliun.

Itulah kompilasi jembatan terindah di dunia yang berhasil kami kumpulkan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

 

Jembatan terindah di dunia jembatan terluas di dunia Jembatan terpanjang di dunia

No related post!

Leave a reply

four × 2 =