Hati-hati! Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Otak Lemot dan Gampang Lupa

90 views

Otak menjadi bagian paling penting dalam tubuh manusia. Tanpa otak, seluruh sistem di dalam tubuh tidak mampu bekerja dengan baik. Maka ketika otak mengalami gangguan, orang yang menderitanya akan sangat merasa kesulitan.

Di sisi lain, otak juga sangat erat hubungannya dengan kemampuan mengolah informasi dan juga mengingat sesuatu. Beberapa orang dengan daya ingat luar biasa bahkan bisa mengolah informasi secara cepat dan tepat. Seperti seorang anak SD di Cina yang bisa mengalikan jumlah bilangan secara cepat dan tepat. Kehilangan atau menurunnya daya proses otak akan sangat mengganggu aktivitas. Begitu pun dengan memori. Seseorang dengan daya ingat yang rendah akan menjadi seseorang yang mudah lupa.

Nah, jika anda merasa akhir-akhir ini menjadi seseorang yang mudah lupa ataupun susah memproses informasi yang masuk, maka mungkin beberapa kebiasaan anda di bawah ini mempengaruhinya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi daya kerja otak, entah dari segi makanan yang dikonsumsi ataupun aktivitas buruk yang sering dilakukan. Inilah beberapa kebiasaan buruk yang bikin otak lemot dan gampang lupa.

Terlalu Banyak Mi Instan

Mi Instan

Mi Instan via: huffingtonpost.in

Anda mungkin saja sangat menyukai makanan yang satu ini. Namun anda perlu tahu jika mengonsumsi mi instan terlalu banyak bisa menyebabkan otak anda lemot. Hal ini disebabkan kurangnya kandungan vitamin yang ada di dalam mi instan. Selain itu, sebuah penelitian mengindikasikan adanya senyawa lilin yang terkandung di dalam mi instan. Lilin inilah yang membuat mi instan tidak lengket ketika di masak. Kandungan lilin tersebut juga disinyalir bisa menyebabkan kanker pada usus karena dibutuhkan paling tidak selang 3 hari untuk membersihkannya dalam tubuh.

Konsumsi Sate yang Berlebihan

Konsumsi Sate yang Berlebihan

Sate via: xuehua.us

Sate merupakan makanan yang dibakar dengan arang untuk membuatnya matang. Sayangnya, arang hasil pembakaran yang sering kali menempel pada sate disinyalir dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Selain itu, karbon hasil pembakaran pada sate juga dapat menyebabkan sel-sel pada otak tidak berkembang. Itulah mengapa jika anda mengonsumsi sate berlebihan, anda akan sangat sulit berkosentrasi.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan Merokok

Merokok via: news.yahoo.co.jp

Kebiasaan buruk yang bikin otak lemot dan gampang lupa selanjutnya adalah merokok. Mungkin sudah banyak kampanye tentang bahaya merokok yang bisa anda saksikan, namun nyatanya, perokok tetaplah perokok. Memang, efek samping dari merokok tidak bisa seketika dirasakan. Pecandu rokok hanya merasakan efek nikotin dan zat lain yang membuat tenang. Zat yang terdapat pada rokok juga bisa membuat otak berhenti berkembang. Namun efek jangka panjangnya, anda bisa saja terkena kanker dan berbagai macam penyakit lainnya.

Menunda Sarapan

Menunda Sarapan

Menunda Sarapan via: obsev.com

Jangan sepelekan masalah sarapan. Sarapan berguna untuk menyuplai gula dalam darah. Jika anda sering menghindari sarapan dan memilih langsung makan siang, maka kadar gula di dalam tubuh akan naik. Efeknya, otak menjadi kurang mendapat asupan nutrisi. Otak akan menjadi kurang sehat dan anda akan susah untuk berkosentrasi.

Kurang Tidur

kurang tidur

kurang tidur via: qualityservices.sg

Kesehatan otak akan terjaga bila anda memberinya waktu istirahat. Tidur adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan otak anda setelah seharian bekerja. Jika anda terbiasa bergadang dan tidur di pagi harinya, maka otak akan kelelahan dan ritmenya menjadi kacau. Sebaliknya, terlalu banyak tidur juga membuat otak kurang aktif bekerja. Hal ini akan memicu rasa malas pada anda.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bikin otak lemot dan gampang lupa. Jika anda sayang kepada otak anda, mulailah hidup sehat dan jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas.

kebiasaan buruk otak lemot pelupa

No related post!

Leave a reply

18 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.