Kisah Penghianatan Paling Besar Yang Dikenang Oleh Dunia

418 views

Cerita penghianatan mungkin tak banyak dikenal orang, alasannya karena informasinya seringkali ditutup-tutupi pihak tertentu yang tak ingin cerita ini menyebar luas. Tapi kisah penghianatan paling besar di dunia ini punya hal yang sangat menarik untuk diikuti. Sebagian cerita tentang penghianatan berasal dari wilayah penuh konflik atau di daerah yang dilanda perang. Lalu tahukah kamu hukuman apa yang dijatuhkan kepada seorang penghianat?? Yah, hukumannya adalah eksekusi mati. Bukan eksekusi biasa lho, tapi dilakukan dengan cara mengerikan dan tidak manusiawi. Ini dia ulasan lengkapnya.

Guy Fawkes, Penghianat Inggris

guy-fawkes_3096129c

Inggris adalah gudangnya cerita spionase. Sudah kental dalam ingatan betapa kerennya agen 007 saat melakukan aksi penyamaran dengan menyusup ke daerah musuh dan menghancurkan mereka dari dalam. Tak lupa digunakan mesin-mesin canggih berharga milyaran dolar untuk menyelamatkan kepentingan inggris di negara-negara yang dikuasai musuh. Tapi itu sih jaman sekarang, tentu berbeda dengan masa lalu ketika teknologi masih sangat terbatas dan persenjataan masih berupa bubuk mesiu dengan proyektil sebesar kelereng.

Ini dia pengkhianat Inggris paling dikenang dalam sejarah. Namanya Guy Fawkes, seorang ekstremis katolik roma yang menentang pemerinaan Raja Inggris, King James I dengan cara meledakkan gedung parlemen Inggris dengan bubuk mesiu yang ditumpuk di bawah gedung tersebut. Rencananya aksi gila itu akan dilakukan pada tanggal 5 November 1605. Sayang sungguh beribu sayang rencana ini akhirnya terbongkar dan Fawkes ditangkap. Hukumannya adalah disiksa sampai mati. Tapi sebelum eksekusi dilaksanakan, Fawkes lebih memilih bunuh diri dengan loncat dari jembatan.

Wang Jingwei, Penghianat Cina

jingwei

Di negara manapun yang sedang dikuasai oleh penjajah, jika ditemukan seseorang menghianati negaranya pasti orang itu akan dijadikan musuh negara nomor satu. Seperti itulah sosok Wang Jingwei yang menjilat orang jepang demi jabatan berduit sampai harus menghianati bangsanya sendiri yang dijajah oleh Jepang. Pada awalnya Wang adalah pejuang revolusioner dan anggota kelompok Kuomintang, sebuah partai nasionalis Cina ketika Cina berubah menjadi negara republik. Wang adalah sahabat dekat Dr. Sun Yat Sen, pejuang terbesar cina baik di cina daratan maupun di Taiwan.

Ceritanya Wang menggunakan berbagai cara untuk menguasai Kuomintang melalui kerjasamanya dengan Chiangkaisek tapi usahanya tidak berhasil. Di tahun 1937 ketika Tiongkok diserbu oleh Jepang, Wang ditawari untuk menjadi kepala pemerintahan negara bentukan jepang sampai meninggal sebelum PD II berakhir. Karena hal ini, dia menjadi sosok paling dibenci dalam sejarah Cina modern.

Edward Snowden

snowden_twitter_wide.0.0

Edward Snowden mungkin bisa dikatakan sebagai seorang penghianat juga seorang pahlawan. Sebabnya karena ia membocorkan dokumen-dokumen NSA kepada publik dengan alasan bahwa negara tidak seharusnya memata-matai kegiatan warganya. Dulunya Snowden berprofesi sebagai kontraktor teknik Amerika Serikat dan karyawan dari CIA (Central Intelligence Agency). Tapi karena membocorkan rahasia negara, Snowden akhirnya dipecat dan dicap sebagai penghianat negara.

Karena aksinya ini, hubungan luar negeri Amerika dengan beberapa negara sekutunya menjadi rusak. Untuk menghindari hukuman dari pihak pemerintah, Snowden akhirnya melarikan diri dari Amerika dan menetap di Rusia berkat suaka yang diterimanya. Nah bagaimana menurutmu sob tentang kisah penghianatan terbesar yang di lakukan orang Amerika ini? Tak layak untuk di contoh ya guys.

Marcus Julis Brutus

bf0a532d93e82bba2148804a75443bed

Tak hanya di zaman modern saja seorang penghianat bisa ditemukan. Dalam sejarah masa lalu, tercatat nama beberapa orang penghianat yang tega membunuh orang yang sudah membesarkannya dengan cara yang keji. Inilah yang dilakukan oleh Marcus Julius Brutus, orang kepercayaan Julius Caesar yang dikenal dalam sejarah romawi kuno sebagai orang yang merencanakan plot jahat terhadap Julius Caesar bersama beberapa orang penjahat lainnya.

Semua orang di masa itu tak ada yang percaya jika Brutus tega mencelakai orang yang begitu menyayanginya. Semua kesalahan Brutus yang sempat diperbuatnya kepada Caesar selalu dimaafkannya. Tapi tak ada yang percaya jika ia sampai berani membunuh Caesar.

Rupa-rupanya ini adalah sebuah persekongkolan dan diketahui pula bahwa Brutus melakukan kejahatan keji ini karena hasutan dari Cassius. Berkat kejahatannya yang bejad itu, Brutus disamakan dengan Judas Iskariot, murid Yesus yang berkhianat dan membelot kepada Romawi hingga menyebabkan Yesus terbunuh di tiang salib.

Benedict Arnold

benedict arnold

Benedict Arnold adalah seorang pejuang revolusi Amerika yang berjuang bersama George Washington. Lahir di tahun 1741 di daerah Connecticut dan tumbuh besar dalam berbagai keterbatasan. Menurut cerita, Arnold dan keluarga hidup dalam kemiskinan dan berbagai kekurangan. Semua orang mengenalnya sebagai sosok yang bermasalah.

Cerita berubah ketika dia berkarir di militer dan prestasinya begitu menonjol. Jika awalnya ia seorang patriot sejati bangsa Amerika, dalam perjalanannya ia berubah menjadi seorang penghianat negara dengan menyerahkan salah satu benteng Amerika di West Point, New York kepada Inggris. Sayang sekali rencananya ini berantakan karena sudah duluan ketahuan.

Akhirnya nasib mujur tidak lagi menyertainya di mana ia dipukul mundur sampai harus bertahan mati-matian di daerah pantai. Alhasil ia terusir dari Amerika dan di Inggris pun ia tidak diterima karena orang-orang benci dengan orang yang bisa mengkhianati negaranya sendiri dengan begitu mudah. Benedict Arnold mati sebagai orang yang terusir dan jatuh miskin di akhir hidupnya.

Judas Iscariot

judas

Para penggemar cerita Yesus pasti sudah tahu di luar kepala dengan tokoh penghianat yang satu ini. Ia adalah Judas Iscariot, seorang murid kesayangan Yesus yang tega mengkhianati gurunya sendiri hanya demi imbalan beberapa koin emas.

Dalam sebuah kesempatan Judas membocorkan keberadaan Yesus kepada orang Yahudi dan Romawi. Yesus pun akhirnya digerebek di waktu malam dan semua orang yang bersamanya ditangkap. Tapi bagi orang muslim, Yesus atau Nabi Isa tidaklah ditangkap, tapi dilarikan ke tempat aman oleh Allah. Sedangkan orang yang serupa dengan Yesus menurut Al-Quran adalah Judas Iscariot sendiri yang harus menyesali perbuatannya karena rupanya dirubah dan dimiripkan seperti Yesus dan menemui ajal di tiang salib dengan penderitaan yang sangat menyakitkan.

Jane Fonda

jane-fonda-solo

Jane Fonda adalah seorang artis kenamaan Hollywood yang terkenal di masa-masa perang Vietnam. Ia tumbuh dalam kemewahan dan bisa masuk dunia perfilman Hollywood dengan sangat mudah. Jane tidak hanya berkarir di dunia film saja, ia pun aktif menjadi aktivis perang yang cukup dikenal. Hanya saja ia lebih berpihak kepada musuh ketimbang bangsanya sendiri hingga berpose bersama senapan anti pesawat mereka.

Saat berkunjung ke camp-camp tentara Amerika di Vietnam, ia tak mempercayai apa yang disampaikan oleh mereka. Ia lebih memihak kepada vietkong yang licik dan bersekutu dengan cina. Karena tingkahnya ini ia lantas dicap sebagai penghianat bangsa Amerika.

Itulah sedikit kisah penghianatan paling besar di dunia yang bisa kami rangkum dengan bahasa yang mudah kalian cerna. Coba dilihat, para pengkhianat ada yang terbuang dari bangsanya sendiri dan hidup terlunta-lunta hingga meninggal. Sedih sekali sih, tapi begitulah adanya. Bagaimana menarik bukan? Silakan dishare yah.

fakta unik penghianat negara penghianatan terbesar di dunia Pengkhianat bangsa sendiri Pengkhianat dunia

Related Post

Leave a reply

18 + 19 =