Lakukan 8 Hal Ini Agar Tidurmu Selalu Berkualitas!

596 views

Banyak orang yang bermasalah dengan jam tidurnya. Bahkan penyakit insomnia adalah penyakit susah tidur yang sering dialami orang-orang. Kita semua pasti tahu bahwa seharusnya kita memiliki jam tidur normal, sehingga jika jam tidur kita belum normal, ayo ubah! Lakukan hal-hal ini untuk mengubahnya.

Sadarilah mengapa tidur tepat waktu penting

Tidur tepat waktu

Tidur tepat waktu via www.preapps.com

Tidur tepat waktu sangatlah penting. Waktu yang disarankan untuk orang dewasa tidur adalah 7-8 jam sehari. Jika kamu kurang tidur, konsentrasimu akan berkurang, kamu juga akan mengantuk, bahkan kamu bisa jatuh sakit.

Ketika tidur, sel-sel dalam tubuh kamu akan melakukan berbagai perbaikan. Sel-sel kamu akan melakukan perbaikan yang optimal sekitar jam 10 malam sampai jam 5 pagi. Sehingga jika kamu masih terjaga di atas jam 10, kamu akan menyulitkan sel-selmu bekerja. Oleh sebab itu, kesadaran untuk tidur tepat waktu sangat penting!

Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang

Tidur siang via theweek.com

Tidur siang yang terlalu lama akan membuatmu susah tidur di malam hari. Tidur sianglah maksimal 1 jam. Dengan tidur 1 jam, tubuh kamu sudah cukup untuk melepas lelah dan kamu dapat melanjutkan aktivitas dengan segar kembali.

Jangan makan sejam sebelum tidur

Makan

Makan via www.efectividad.net

Makan satu jam sebelum tidur akan membuat tubuhmu sibuk membakar makananmu menjadi energi. Akibatnya tubuhmu tidak akan merasa kantuk. Ini akan membuatmu susah tidur, jadi hindari makan paling tidak satu jam sebelum tidur.

Jangan meletakan benda elektronik di dalam kamar

Televisi dalam kamar

Televisi dalam kamar via backhome.pw

Benda-benda elektronik seperti televisi, radio, komputer akan sangat mengganggu waktu tidurmu. Terkadang kamu tidak akan sadar sudah jam berapa saat itu, karena acara televisi yang kamu tonton. Jika memungkinkan, taruhlah barang-barang tersebut di ruangan lain. Namun jika terpaksa berada di kamarmu, matikan semua barang-barang itu menjelang waktu tidur.

Matikan lampu menjelang waktu tidur

Mematikan lampu

Mematikan lampu via www.digsdigs.com

Tubuh kita pada dasarnya akan beristirahat ketika tidak ada cahaya, seperti matahari, atau bahkan cahaya lampu. Mematikan lampu menjelang waktu tidur akan memacu rasa kantukmu.

Meskipun belum mengantuk, berbaringlah

Berbaring

Berbaring via www.fitproclientrecipes.co.uk

Jika kamu belum merasa mengantuk, posisikan dirimu untuk tidur. Berbaringlah agar tubuhmu pelan-pelan bisa menyesuaikan untuk segera tidur. Jika sudah terbiasa, tubuhmu akan otomatis merasa ngantuk di jam-jam tersebut.

Hindari memegang handphone sebelum tidur

Bermain handphone sebelum tidur

Bermain handphone sebelum tidur via numrush.nl

Memegang handphone di saat tidur akan membuatmu terjaga dan menghilangkan rasa kantukmu. Cahaya yang keluar dari handphone serta konten yang sedang kamu lihat membuatmu sulit untuk dapat tidur. Matikan handphone atau posisikan dalam mode getar.

Bersihkan tempat tidur dari buku dan barang yang membuatmu tidak nyaman

Tempat tidur berantakan

Tempat tidur berantakan via www.bloomberg.com

Tempat tidur yang bersih dan nyaman akan membuatmu enak untuk tidur. Untuk itu, sebelum tidur, bersihkan dulu ya tempat tidurmu. Pindahkan semua barang-barang kecuali bantal dan selimut.

Tidur yang nyaman dan tepat waktu akan sangat mendukung produktifitasmu di esok hari. Ini adalah kebiasaan baik yang harus ada dalam hidupmu!

cara tidur yang nyaman tips tidur berkualitas

No related post!

Leave a reply

four × 4 =