Macam-Macam Buah Tropis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

1687 views

Sahabatku semua para pembaca website malesnulis.com yang setia, tiada hari terlewati tanpa menyantap sepotong apel atau bahkan lebih dari satu selepas kita sarapan. Kombinasi antara sarapan dan buah-buahan adalah pilihan mantap sebelum kita mengarungi kesibukan seharian penuh yang melelahkan. Bicara soal buah, mungkin ada satu jenis buah-buahan yang difavoritkan, sebut saja markisa. Yang ini adalah buat favorit saya, termasuk buah-buahan tropis yang nikmat. Bagaimana dengan anda? Apakah macam buah tropis yang anda sukai dan sering dijadikan santapan harian?

Berbagai macam buah tropis dengan sejuta manfaat untuk tubuh manusia

Buah Kelapa

kelapa, manfaat dan macam buah tropis

Aduh sudah jam satu siang nich, tadi sehabis pulang shalat idul adha langsung bergabung menyembelih kambing bersama panitia DKM di masjid dan sekarang hari sedang panas-panasnya. Rasanya menyeruput segelas es kelapa muda dapat mengembalikan kondisi tubuh yang sedang kecapekan. Buah kelapa memang serba guna, tak hanya buah kelapanya saja yang bisa digunakan, hampir seluruh bagian pohon kelapanya juga kaya manfaat. Kelapa parut, air kepala, dan batok kelapa seluruhnya bisa digunakan, harga jualnya juga lumayan. So, orang yang berbisnis kelapa adalah orang cerdas, dia dapat untung sekaligus menyehatkan khalayak.

Maaf pembaca, saya sedang memegang segelas air kelapa muda dingin yang segar nich. Pasti anda tertarik untuk mencobanya! Coba yah saya teguk dulu sedikiiit saja, hmmm… sruputtt. Woow, sensasional rasanya tidak terkalahkan. Hmmm, saya sarankan anda mencobanya sekarang sambil membakar sate di halaman rumah. Pol buangett, rekk!

Buah Naga

buah-naga, macam buah tropis

Kita bahas buah sensasional lainnya yang berasal dari daerah tropis, ini adalah buah naga. Bentuknya mirip dengan kepala ular naga, berwarna merah keunguan atau kuning, dan isinya bisa berwarna putih atau ungu. Serius lho. Saya tak mengarang cerita, dari pendapat banyak orang, rasa buah naga ini memang tidak terlalu manis. Tapi tetap saja enak untuk dijadikan bahan campuran sop buah. Duhhh kebayang deh rasanya jadi merem melek nih lantaran buah naga ini campuran rasanya mixed banget antara asam dan manis.

Durian

durian, manfaat buah tropis

Alhamdulillah, saya masukkan durian di daftar ketiga buah tropis yang menakjubkan. Durian, buah berduri yang seukuran bola voli ini memang bercita rasa nikmat, sedikit berbau tajam tapi tak apalah kalau rasanya bisa membuat kita terbuai. Durian kolesterolnya tinggi lho, anda yang tensi darahnya sedang naik tidak disarankan untuk makan durian. Selain berbahaya, kadar alkoholnya yang agak tinggi bisa membuat kepala pusing. Tapi, sejelek apapun saya mengungkap fakta negatif tentang buah durian, toh tetap saja pengemarnya berjubel dan selalu menunggu musim durian tiba.

Nangka

nangka, manfaat dan macam buah tropis

Macam buah tropis lainnya yang enak dimakan adalah buah nangka. Harganya lumayan mahal sih hampir 100 ribu per buahnya. Saat memilih jangan sampai salah yah karena ada yang ukurannya sama tapi tingkat kematangannya jauh berbeda. Soal aroma pasti udah jempolan, nangka dan durian itu masih satu bangsa jadinya sama-sama beraroma harum memikat. Tak hanya saat sudah masak, buah nangka muda disukai ibu-ibu karena rasanya nikmat untuk dibikin gudeg. Jadilah nangka buah yang mendunia, bahkan olahan gudeg dari nangka muda kini sudah diproduksi dalam bentuk kalengan dan dieskpor ke manca negara.

Mangga

buah-mangga, manfaat dan macam buah tropis

Semua buah tropis rasanya sangat enak, tak terkecuali dengan buah mangga. Buah mangga jenisnya beda-beda, ada varietas golek, indramayu, petruk, dan harum manis. Setiap varietas memiliki rasa tersendiri, namun biarpun antar varietas satu dengan yang lain berbeda tingkat manis dan harumnya, buah mangga tetap nikmat untuk di santap. Mangga bisa dimakan langsung dengan dikupas tanpa perlu pengolahan lebih panjang. Tapi jika ingin memvariasikannya lagi, anda bebas lho untuk bereksplorasi. Misalnya saja, di kota garut dan indramayu sudah dikembangkan sejenis dodol berbahan dasar buah mangga. Ingin yang lebih ekstrim lagi, kini ada keripik buah mangga yang bisa disantap sebagai cemilan saat anda sedang santai di rumah.

Nah bicara soal harga, tentu harus keluar duit lebih banyak karena buah mangga ini telah melalui pengolahan lanjutan. Anda tak perlu heran mengapa stok buah mangga di pulau jawa seperti tak pernah habis. Mau tahu? Jawabannya karena wilayah-wilayah pensuplai buah mangga selalu panen ribuan ton per tahunnya. Anda tahu kan kawasan pantura? Di situ terdapat daerah-daerah penghasil buah mangga yang jempolan.

Nanas

nanas, manfaat dan macam buah tropis

Macam buah tropis berikutnya yang saya suka adalah buah nanas. Buah nanas adalah buah favorit saya berikutnya, enak disantap bersama keluarga, khususnya di sore hari saat sedang menonton tv bersama. Hmmm… nanas rasanya manis, dingin dan segar.. harganya tak begitu mahal lho. Cukup dengan harga sekitar Rp. 8.000 an saja anda sudah bisa membeli sebutir buah nanas yang ranum dan segar. Hmm… jangan Cuma dipelototin saja, segera ambil pisau lalu kupas kulitnya dan cium aroma menyengat tapi menyegarkan dari buah tropis ini.

Nanas memang sedikit ribet saat sedang dikupas. Anda harus berurusan dengan duri-duri yang tajam, belum lagi teknik mengupasnya bikin pusing karena harus dilakukan secara miring. Gak mau ribet, udah ada lho buah nanas yang dikupas dan siap disantap setelah dibayar maharnya. Langsung deh buka kemasannya, lalu gigit dan nikmati rasanya yang ambooooyyy,,,, sedapnyaa!!!

Rambutan

rambutan, manfaat dan macam buah tropis

Punya pohon rambutan di halaman rumah? Selamat anda beruntung, hari ini harga buah rambutan sedang mahal-mahalnya. Dengan makan buah rambutan, anda akan merasa lebih fit dan langsung bisa kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Rambutan ada yang warnanya merah, kuning, dan ada yang hijau, saran saya pilih saja rambutan yang daging kulitnya tidak melekat di biji saat ditarik. Yang ini rasanya paling nikmat, mengupasnya gampang dan rasanya menakjubkan.

Jangan dulu bangga bisa mencicipi jeruk impor, anda belum tahu sih kalau pengemasan buah impor itu tidak sehat dan harus melalui waktu berminggu-minggu untuk sampai di negara tujuan. Masalah-masalah seperti lapisan lilin di kulit buah impor adalah contohnya. Ini adalah lapisan pelindung untuk membuat kulit buah tetap terlihat menarik dan segar. Daripada beli jeruk impor, mending beli jeruk Pontianak saja yukk, rasanya…. Wahhhhh, nikmat dan yahudd, terus harganya?… jelas jauh lebih murah dooong.

Buah Tropis yang lezat Macam Buah Tropis

No related post!

Leave a reply

4 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.