5 Makanan Ekstra Pedas Ini Bakal Bikin Lidah Menari Disko!

682 views

Makanan ekstra pedas membuat para pecinta masakan pedas semakin ketagihan untuk mencicipi sekaligus melahapnya. Rasa pedas memang membuat adrenalin dalam otak kita terpacu sehingga ada rasa ingin dan ingin lagi untuk memakan makanan pedas. Pedas menjadi sebuah budaya dalam masyarakat Indonesia, yang kalau sebuah makanan tidak pedas, maka tidak ada rasanya. Hal ini mungkin tidak berlaku bagi sebagian orang yang memang tidak menyukai rasa pedas karena alasan-alasan tertentu.

Makanan ekstra pedas kini juga menjadi tren di kalangan anak muda. Banyak warung makan menyediakan menu utama ekstra pedas untuk menarik minat mereka. Kafe-kafe modern pun tidak kalah semangatnya untuk menggembar-gemborkan menu makanan ekstra pedas yang satu ini. Dan terbukti, memang makanan pedas memiliki basis penggemar yang begitu besar jumlahnya. Hingga menjadi andalan sebuah warung makan hingga restoran mewah dalam menyajikan menu utama mereka.

Nah, kira-kira nih, makanan ekstra pada mana saja ya, yang masuk dalam daftar kali ini? Apakah akan muncul makanan pedas kesukaanmu? Kita lihat saja dalam ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Makanan ekstra pedas: Asam padeh ikan tongkol

makanan ekstra pedas

via images.google.com

Makanan pertama yakni asam padeh ikan tongkol, yang merupakan makanan dari Kota Padang, Sumatera Barat. Selain masyarakat Padang, orang-orang Melayu kebanyakan juga mengidolakan masakan yang satu ini. Bahan baku utama untuk makanan ini terdiri atas beberapa ikan laut, seperti cumi-cumi, tuna, kakap, hingga ikan tongkol. Bahan ini kemudian dipadukan dengan ramuan bumbu rempah-rempah, cabai rawit, dan asam jawa.

2. Mie Aceh

makanan ekstra pedas

via images.google.com

Makanan yang memiliki cita rasa pedas yang kedua adalah mie aceh. Mie aceh bisa disajikan dalam dua tipe, yakni kering dan basah. Mie aceh memiliki ciri khas mie-nya yang tebal dan besar. Mie aceh pun memiliki cita rasa yang sangat pedas, cocok buat para pecinta kuliner pedas di tanah air. Mie aceh bisa dinikmati dengan perpaduan daging kambing atau sapi, kepiting, udang, hingga cumi. Selain pedas, cita rasa dalam mie aceh juga terdapat rasa gurih yang nagih.

3. Pempek Palembang

makanan ekstra pedas

via images.google.com

Selanjutnya datang dari Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang menawarkan makanan ekstra pedas berupa Pempek Palembang. Pempek ini memiliki rasa yang gurih, dipadukan dengan saus cuko yang terasa pedas dan nendang. Saus cuko ini sendiri terdiri atas beberapa bahan, yakni air perasa jeruk nipis, cabai rawit, dan gula merah. Selain bercita rasa pedas, rasa lain yang akan menyentuh lidah kamu saat menyantapnya ialah segar dan nendang!

4. Balado

makanan ekstra pedas

via images.google.com

Makanan selanjutnya ialah balado yang merupakan makanan asli Padang, Sumatera Barat. Balado ini tentu memiliki rasa yang sangat pedas dengan tumisan cabai giling beserta bumbu-bumbu lain seperti jeruk nipis, bawang putih, dan bawang merah. Ada banyak macam kreasi makanan balado yang bisa dicoba. Yakni terdiri atas balado ikan, balado ayam, balado udang, hingga balado dengdeng. Bagaimana dengan rasanya? Jangan diragukan! Pedas dan nagih!

5. Seblak Bandung

makanan ekstra pedas

via images.google.com

Makanan ekstra pedas yang terakhir datang dari tanah Barat. Seblak Bandung, namanya. Makanan yang satu ini merupakan perpaduan dari kerupuk basah yang dicampur dengan sayuran dan telur. Atau juga bisa dengan olahan daging atau ayam, seperti sosis dan bakso. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih serta pedas, membuat siapa saja yang mencobanya pasti ketagihan. Makanan ini tidak hanya ada di Bandung, tetapi telah ada di berbagai daerah di Indonesia.

Itulah tadi sederet makanan ekstra pedas yang bakal menggoyang lidah kamu lebih asik lagi. Makanan-makanan tadi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, sebab kalau berlebihan maka akan mengganggu kesehatan tubuh terutama bagian lambung. Karena itulah, tetap pada porsinya, dan selalu berkecukupan dalam segala hal. Karena apapun itu bentuknya, sikap berlebihan memang sangat merugikan. So, selamat berburu sekaligus menikmati makanan-makanan tadi ya!

makanan ekstra pedas

No related post!

Leave a reply

11 − 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.