Manjakan Rambut Anda dengan Cara Alami Berikut Ini

748 views

Rambut adalah mahkota untuk seorang wanita, tak jarang, dengan rambut yang tertata rapi dan indah seseorang akan terlihat cantik, anggun, dan mempesona. Untuk memiliki rambut dengan helai yang indah anda harus memberi perawatan ekstra. Hal ini menjadi sebuah keharusan, khususnya bagi anda yang berkarir di dunia kerja. Saya sudah mengumpulkan 10 cara alami yang bisa anda lakukan untuk mentreatment rambut anda. Silakan dibaca sampai tuntas dan sesudah selesai dibaca jangan lupa untuk mempraktekkannya di rumah.

Jangan Terlalu Sering memblow dry rambut

blow dry

Ketika anda berkeramas dan harus sudah on the way ke tempat kerja, keluhan yang dihadapi biasanya rambut yang masih basah dan memerlukan penataan. Untuk ini biasanya solusi yang diandalkan adalah mem-blow dry rambut. Hasilnya memang bagus dan cepat kering tapi jika terlalu sering dilakukan efeknya malah bisa merusak rambut. Rambut akan cepat kering dan hilang kelembabannya. Sebagai akibat, rambut jadi cepat rontok dan patah-patah.

Kami merekomendasikan cara sederhana dengan diangin-anginkan di udara bebas. Cara ini memang butuh sedikit waktu tapi setidaknya tidak menjadikan rambut anda cepat rusak. Harap dicamkan karena hair dryer tidak hanya merusak rambut tapi juga kulit kepala.

Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin B

vitamin bvitamin b

Vitamin B terdiri dari 3 tipe berbeda yaitu B1, B2, dan B3. Tubuh anda memerlukan vitamin B untuk rambut yang sehat, panjang dan hitam berkilau. Vitamin B dengan konsentrasi yang tinggi bisa diperoleh dalam pisang dan merica. Pada mulanya para ahli hanya mendapati satu jenis vitamin B saja, tapi setelah diteliti lebih jauh ternyata vitamin B terdiri dari beberapa komposisi kimia berbeda. Vitamin B terdiri dari beberapa vitamin yang larut dalam air dan berperan besar dalam membantu metabolisme sel.

Minyak Zaitun

lisah zaitun

Minyak zaitun memang sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun silam karena manfaatnya yang sangat besar. Ternyata oh ternyata, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa produk shampo terkenal ada juga lho yang berbahan campuran minyak zaitun, itu karena nutrisi yang terdapat dalam minyak zaitun memang baik untuk pertumbuhan rambut. Untuk dimanfaatkan sebagai penutrisi rambut, anda hanya perlu meneteskan sebanyak 5 tetes minyak zaitun ke kulit kepala lalu diberi pijatan lembut dan dibiarkan hingga pagi berikutnya.

Teh Hijau

teh hijau

Minum teh adalah kebiasaan yang baik. Tidak hanya menyehatkan, minum teh memberi banyak manfaat terhadap kesehatan misalnya dengan menghaluskan kulit, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, mengatasi problem mata bengkak, dan sebagainya. Untuk memperoleh manfaat lebih dari teh untuk rambut anda, silakan ambil sedikit teh hijau lalu seduh menggunakan air hangat. Setelah teh larut dalam air kemudian disiramkan ke rambut dan beri pijatan sedikit-sedikit. Terus pijat sampai 30 menit lalu bilas rambut dengan air.

Santan

santan

Tak hanya ibu rumah tangga di rumah yang memanfaatkan santan untuk kesehatan rambut. Kini remaja wanita sudah mulai menggunakannya karena tahu bahwa santan memang berkhasiat untuk memanjangkan rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, anda hanya cukup mengoleskan 300 ml air santan pada kulit kepala lalu kepala ditutup dengan handuk hangat. Biarkan hingga 20 menit kemudian bersihkan rambut menggunakan air dingin.

Kulit Apel

kulit apel

Apel adalah buah-buahan yang populer dijadikan hidangan pencuci mulut. Apel bisa dikonsumsi dengan cara yang beragam mulai dari dimakan mentah, dijadikan jus, hingga dijadikan sop buah. Apel punya nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Dengan buah apel rambut tidak akan cepat rontok tapi sebaliknya akan cepat panjang. Untuk memperoleh semua manfaat apel untuk kecantikan rambut anda, anda tinggal mengkonsumsinya seperti biasa.

Bukan hanya daging apel saja yang bisa dimanfaatkan, kulit apel yang dianggap sepele dan sering dibuang begitu saja justru memiliki manfaat paling besar. Silakan blender kulit apel yang sudah dihaluskan untuk kemudian hasil blenderannya dioleskan ke seluruh permukaan rambut. Biarkan selama 20 menit kemudian dicuci hingga bersih. Agar hasilnya lebih maksimal lakukan 3 kali seminggu secara rutin.

Minum Air putih Yang Banyak

minum air putih

Tubuh manusia sepertiganya terdiri atas air. Jika jumlah ini berkurang karena anda tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan air, anda akan mengalami dehidrasi parah. Salah satu gejala yang dirasakan jika tubuh kekurangan air adalah rambut yang berbau dan mudah patah. Oleh sebab itu disarankan agar anda minum air sekurang-kurangnya 1-2 liter per hari. Dengan asupan air yang memadai sel-sel di rambut akan kembali aktif. Jika sel-sel di rambut tercukupi kebutuhan cairannya, dengan sendirinya rambut di kepala tumbuh lebih cepat, kuat dan tidak rontoh.

Menambah Asupan Protein

asupann protein

Sebanyak 97% jaringan yang ada di rambut terdiri atas protein, jika asupan protein anda kurang rambut anda akan bermasalah. So agar rambut lebih kuat, sehat dan tak mudah rusak maka anda disarankan untuk menambah konsumsi makanan berprotein. Anda bisa menambah pasokan protein dari makanan seperti telur, kacang-kacangan, susu, daging, ikan, dan ayam.

Putih Telur

putih telur

Bahan alami lainnya yang dikenal baik untuk pertumbuhan rambut adalah telur. Bagian yang dimanfaatkan dari telur bukan kuning telurnya melainkan bagian putih telur. Putih telur memiliki banyak zat yang berkhasiat untuk memanjangkan rambut anda. Untuk menggunakannya cukup mudah, cukup sediakan tiga butir telur untuk kemudian di ambil putih telurnya. Pisahkan ke sebuah mangkuk lantas dikocok hingga merata. Hasil kocokan kemudian dioleskan ke kulit kepala dengan disertai pijatan lembut. Terus lakukan hingga 10 menit. Kalau sudah selesai bilas rambut dengan air bersih.

Perbaiki Pola tidur Anda

kurang tidur

Jika waktu tidur anda tidak tetap, kadang tidur jam 9 lalu besoknya jam 1 pagi, waspadalah karena kesehatan anda menjadi jaminannya. Tak hanya rambut yang akan bermasalah, bagian tubuh yang lain seperti kuku dan kulit juga akan terkena imbasnya. So perbaiki jam tidur anda, jauhi hal-hal yang berpotensi merugikan diri sendiri

 

 

Memanjakan Rambut Merawat rambut Perawatan rambut Tips Rambut Sehat

No related post!

Leave a reply

one + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.