5 Kiat Menata Kamar Kos Sederhana Biar Makin Nyaman Ditinggali

493 views

Menata kamar kos sederhana tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kita. Terutama untuk para mahasiswa yang dikenal sangat akrab dengan tipe kos sempit nan sederhana. Mengingat budget dan kemampuan mahasiswa yang masih belum bisa dibilang profesional dan masih meminta orang tua, walaupun tidak semua begitu. Namun pada dasarnya mahasiswa lebih memilih tempat kos sederhana yang nyaman ditinggali daripada kamar kos mewah yang menguras kantong.

Menata kamar kos sederhana pun tidak butuh keahlian mendalam dan waktu yang lama. Cukup inspirasi-inspirasi yang mudah diterapkan untuk setiap sudut ruang dalam kamar kos tersebut. Tidak perlu juga perabot mewah dengan segala kecanggihannya dalam merampingkan luas ruangan supaya terlihat lebih luas. Tidak pula dengan menyewa jasa interior untuk menyulap kamar kos kamu menjadi lebih nyaman ditinggali bak rumah sendiri.

Namun dari itu semua kita butuh kiat untuk menata kamar kos sederhana supaya tetap nyaman dan aman. Kiat-kiat ini telah kami rangkum dengan singkat dan lugas, serta tanpa penjelasan panjang lebar asal pembaca sudah tau maknanya. Nah, kira-kira apa saja ya kiat-kiatnya? Langsung simak aja yuk, ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Menata kamar kos sederhana: Tentukan posisi perabot

menata kamar kos sederhana

via images.google.com

Langkah pertama yang harus ditempuh ialah dengan menetukan posisi dimana perabot kamu ditempatkan. Menempatkan perabot bukan sembarangan, tetapi butuh teknik dan feeling yang bisa menambah kerapian dalam ruangan. Perabot utama yang ada di kamar biasanya terdiri atas tempat tidur, almari, meja belajar, dan beberapa perabot pendukung seperti dispenser, rice cooker, dan sebagainya. Nah, kamu harus jeli dalam menatanya, dengan menyisakan ruang seluas mungkin untuk mobilisasi.

2. Pisahkan barang-barang kamu

menata kamar kos sederhana

via images.google.com

Tips yang kedua adalah dengan memisahkan barang-barang yang ada di dalam kamar kos kamu. Pisahkan antara barang yang sering kamu pakai dengan barang yang jarang kamu pakai. Letakkan barang yang sering kamu pakai di tempat yang mudah dijangkau dengan mobilisasi yang mudah pula. Jangan terlalu banyak menggunakan alat elektronik karena sumber colokan sangat terbatas dalam kamar kos kamu. Kecuali memang kamu sengaja memasang colokan listrik tambahan berupa kabel stop kontak.

3. Cat ulang kamar kos kamu

menata kamar kos sederhana

via images.google.com

Apabila warna cat dalam kamar kos kamu terasa sangat sempit dan tidak melegakan, maka tips ketiga ialah dengan mengecat ulang dinding kamar kos. Cat warna terang ialah solusi yang paling direkomendasikan. Warna terang diyakini mampu memberikan kesan luas dalam ruangan sehingga mood kamu bisa terbangun ketika membuka pintu kamar kos. Warna-warna rekomendasi yang bisa kamu terapkan ialah biru laut, putih, krem, hingga light grey. Pilih sesuai dengan kesukaan kamu tentunya.

4. Manfaatkan area dinding yang kosong

menata kamar kos sederhana

via images.google.com

Sebuah kesalahan besar apabila kamu membiarkan dinding kamar kamu kosong momplong tanpa ada aksi selanjutnya. Cobalah untuk memanfaatkannya menjadi tempat penyimpanan. Dengan cara menempatkan rak dinding yang digantung di sudut ruang, atau bisa juga di tengah-tengah. Rak dinding ini bisa kamu jadikan sebagai penyimpanan barang ataupun buku mata kuliah. Buku-buku akan lebih rapih jika diletakkan dalam rak dinding gantung, dan akan lebih mudah diambil disaat kita membutuhkannya.

5. Jaga sirkulasi udara dan cahaya dalam kamar kos kamu

menata kamar kos sederhana

via images.google.com

Tips menata kamar kos sederhana yang terakhir ialah dengan menjaga sirkulasi udara dan cahaya dalam kamar kos kamu. Sirkulasi ini sangat penting untuk memperlancar alur pernapasan kita saat menghirup oksigen dan mengeluarkannya menjadi karbon dioksida. Begitu pula untuk pencahayaan, mata kita juga tidak lepas dari gangguan apabila terlalu sering memandang hal yang terlalu gelap. Maka dari itu usahakan di pagi hari untuk membuka jendela lebar-lebar, dan sore hari juga demikian.

Nah, itulah tadi sederet tips menata kamar kos sederhana supaya tetap nyaman ditinggali dan tidak merasa sumpek ketika sedang berada di dalam kamar. Kamar bisa jadi tujuan utama dan ingin segara pulang kala sedang menempuh studi di kampus. Kamar pun juga bisa jadi tempat berkarya sekaligus belajar untuk hal-hal baru. Bisa juga jadi tempat menyelesaikan tugas yang paling nyaman, supaya tugas demi tugas bisa rampung sesuai tenggat waktu dengan hasil yang maksimal pula.

menata kamar kos sederhana

No related post!

Leave a reply

one × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.