6 Bahan Herbal yang Bisa Membantumu Untuk Merawat Kulit!

945 views

Ingin cantik tapi takut mahal, duh gimana ya?

Wanita dan kecantikan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan. Meskipun “cantik” itu bersifat relatif, tapi sebagaimana setiap wanita, memang ditakdirkan untuk terlahir cantik dengan setiap keindahan yang ia miliki.

Nah, untuk itulah ladies, kamu yang terlahir sebagai perempuan berkewajiban nih, untuk menjaga kecantikan dan keindahan yang kamu miliki dengan cermat dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat!

Perawatan Wajah

Perawatan Wajah via www.perawatanku.com

Terkadang para wanita sering dibuat bingung dengan berbagai produk perawatan kecantikan yang sedang beredar saat ini. Apalagi kalau harganya murah, duh…! Kamu jadi makin bingung deh! Jadi galau untuk menentukan produk perawatan kecantikan yang pas dengan kondisi kulit.

Tapi, tenang saja ladies, ada 6 bahan herbal yang bisa kamu temukan dengan mudah, murah dan dijamin langsung sesuai dengan kondisi kulit kamu!

Kunyit Memiliki Sifat Antiseptik, Mampu Menghilangkan dan Mencegah Jerawat

menghilangkan jerawat dengan kunyit

Kunyit via manfaat.co.id/

Yups! Salah satu tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak saja ya ladies, tapi juga bisa sebagai bahan herbal alami untuk perawatan kulit kamu lho! Kunyit yang dikenal sebagai bahan rempah-rempah ini, masih satu keluarga lho dengan jahe dan laos.

Tapi kalau penggunaanya sebagai bahan perawatan kulit, kunyit adalah yang paling cocok untuk kamu karena harganya yang lumayan murah yaitu sekitar Rp 12.000/Kg.

Manfaat dari kunyit ini, yaitu bisa sebagai obat jerawat. Kandungan dalam kunyit yang memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri ini, mampu untuk menghilangkan jerawat, mencegah jerawat, juga mencegah pertumbukan bakteri atau kuman di wajahmu, ladies.

Selain untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, kunyit juga bisa membantumu untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan wajahmu akan tetap tampak segar.

Cara menggunakannya pun cukup mudah ladies, kamu bisa menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Yaitu dengan cara sebagai berikut.

  • Campurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana
  • Lalu tambahkan dengan jus lemon
  • Oleskan pada wajahmu selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat atau bersih

Kalau kamu ingin menghilangkan bekas jerawat, maka oleskan campuran kunyit dengan air pada area wajahmu di bagian bekas jerawat selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah kamu dengan air hangat.

Kulit Jeruk Mampu Menghaluskan Wajah Dan Mengecilkan Pori-Pori Lho

hilangkan komedo dengan kulit jeruk

Kulit Jeruk via cdn.klimg.com/

Hmm… Jeruk-jeruk, siapa yang mau?

Kamu pastinya sangat suka dengan buah yang memiliki rasa manis-manis kecut ini kan ladies? Nah, ketika kamu makan jeruk, coba deh untuk tidak membuang kulitnya lagi. Karena kulit jeruk ternyata memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit kamu, ladies! Jadi, jangan di buang lagi ya!

Buah jeruk yang terkenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin C ini, ternyata kulitnya juga menyimpan khasiat yang tidak kalah hebat dengan buahnya lho! Kulit jeruk ternyata memiliki khasiat untuk mengusir komedo, menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk menghaluskan wajah dengan kulit jeruk, caranya cukup mudah kok. Yuk, coba dipraktekin!

  • Celupkan sepotong kapas ke dalam air, lalu peras
  • Tetesi kapas dengan beberapa tetes air jeruk
  • Olesakan merata pada wajah
  • Tunggu hingga kering
  • Bilas dengan air dingin

Kalau kamu ingin mengecilkan pori-pori wajahmu, caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Potong kecil-kecil kulit jeruk
  • Diamkan dalam rendam kulit jeruk tersebut dengan air hangat selama semalam
  • Besoknya gunakan rendaman air kulit jeruk itu untuk membasuh wajah

Ketimun Dapat Diandalkan Untuk Menghilangkan Mata Panda

hilangkan mata panda dengan ketimun

Ketimun via wisatakuliner.com/

Begadang jangan begadang,

   Kalau tiada artinya

Untuk kamu yang hobi begadang, kurang tidur atau terlalu lelah, pastinya akan tampak lingkaran hitam pada mata kamu, yang biasa dikenal dengan “mata panda”. Pastinya mata panda ini menggangu penampilan wajahmu ya ladies? Maka, untuk menghilangkan mata panda itu, kamu bisa mengandalkan ketimun.

Dengan kandungan asam Askorbat dan asam caffeic dalam ketimun, ini bisa mengurangi lingkar hitam di sekitar mata mu Ladies.

Untuk menghilangkan mata panda ini, kamu bisa gunakan ketimun dengan cara sebagai berikut :

  • Cuci bersih ketimu dengan air bersih
  • Iris  tipis dan bulat-bulat ketimun
  • Tempelkan pada kedua mata
  • Diamkan selama 15 menit, lalu angkat

dan setelah itu, kamu akan merasakan kesegaran kembali pada area matamu.

Kandungan lain pada ketimun seperti Vitamin E dan kalium yang terkandung dalam bijinya, ternyata juga mampu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan loh ladies. Seperti mengurangi noda hitam pada wajah, mengurangi garis halus, dan keriput.

Lidah Buaya Sangat Penting Untuk Merawat Kulit, Karena Mampu Mencerahkan Kulit Secara Alami

perawatan rambut dengan lidah buaya

Lidah Buaya via tokoherbalacemaxs.com/

Lidah buaya biasanya di gunakan pada produk shampoo untuk merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi tebal. Tapi sebenarnya, lidah buaya juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting untuk perawatan kulit kamu lho! Lidah buaya ternyata memiliki manfaat untuk memutihkan kulit kamu ladies! Wow!

Nah, untuk kamu yang ingin kulit wajahnya tampak cerah, maka gunakanlah lidah buaya! Kandungan vitamin E dan Vitamin C dalam lidah buaya, ternyata bisa membantu menjaga kebersihan kulit wajah dan dan juga mencerahkan secara alami.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Caranya seperti ini nih ladies!

  • Cuci bersih lidah buaya dengan air bersih
  • Hilangkan bagian yang berduri dengan memotongnya
  • Kerok gel lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel lidah buaya sebagai masker
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bersihkan wajah dengan air hangat atau dingin

Jika kamu melakukannya secara rutin, bukan hal yang tidak mungkin bagi mu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Wajahmu akan tampak bersih dan cerah sesuai harapan kamu.

Selain bisa memutihkan wajah, lidah buaya juga bisa sebagai pelembab alami nih! Butiran gel dalam lidah buaya, bisa memberikan kesejukan di wajahmu ladies. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang memiliki kondisi kulit wajah kering. Kamu juga akan terjaga dari paparan sinar ultraviolet yang bisa membahayakan wajahmu, sehingga kamu bisa terus tampak awet muda.

Selain Lezat Rasanya, Alpukat Bisa Dibuat Masker Untuk Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

masker wajah alpukat

Alpukat via ibu-hamil.id/

Siapa sih yang tidak suka buah yang satu ini? Selain enak dan juga bikin kenyang, ternyata alpukat juga bisa digunakan sebagai masker wajah nih. Yap! Masker alpukat! Ternyata masker ini mampu untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu lho! Ini tentu saja didukung dengan kandungan nutrisi pada alpukat yang begitu tinggi.

Masker alpukat bisa digunakan tanpa menimbulkan efek samping, bila dibandingkan dengan masker dari produk kimia yang bisa membuat kulit wajah kering. Kandungan Vitamin E dan Vitamin K serta zat besi, mampu menjaga dan membuat kulitmu tetap sehat. Kandungan kolagen dalam alpukat, juga bisa membantu kulitmu tetap kenyal, ladies!

Kandungan lain dalam alpukat yaitu sterolins yang mampu membantu mengurangi age spot pada wajah, sehingga wajah kamu tidak akan tampak begitu tua di usia 30an dan 40an dan kamu bisa tampak awet muda.

Lalu gimana sih cara menggunakannya? Tenang ladies, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah dengan cara sebagai berikut.

  • Potong alpukat menjadi dua bagian
  • Kerok isi buah alpukat dengan sendok
  • Penyetkan isi alpukat hingga hancur dengan sendok
  • Campurkan alpukat yang sudah hancur dengan minyak almond atau zaitun
  • Aduk-aduk hingga rata
  • Oleskan merata pada wajah, dan hindari area mata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Bilas lagi dengan air dingin

Selain Baik Untuk Diet, Teh Hijau Bisa Dibuat Scrub Untuk Menghaluskan Kulit

kompres wajah dengan teh hijau

Teh Hijau via beranisehat.com/

Ketika sedang santai memang paling enak bila ditemani dengan teh. Apalagi, bila teh itu adalah teh hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tak heran kini teh hijau banyak dicari oleh masyarakat karena menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Teh hijau adalah teh yang di buat dari daun Camellia Sinensis yang melalui proses pengeringan untuk mencegah oksidasi. Teh ini dapat kamu gunakan sebagai scrub untuk menghaluskan dan membersihkan kulit kamu.

Selain itu, teh hijau juga bisa kamu gunakan untuk perlindungan sinar ultraviolet dengan cara menyeduh 2 sendok makan teh, lalu diamkan hingga dingin. Lalu, saring teh dengan menggunakan kain yang lembut, lalu kompres wajahmu yang terkena sinar matahari selama 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah.

Mungkin masih banyak bahan alami yang memiliki khasiat lebih tinggi untuk bisa kamu gunakan dalam perawatan kulitmu. Tapi, sebelum memulai perawatan alami ini, kenali dulu jenis kulitmu dan masalah pada wajahmu ya ladies! Agar kamu dapat memilih bahan alami yang tepat.

Semoga dapat membantu kamu ya ladies! Selamat mencoba!

bahan alami untuk kulit cantik cantik dengan bahan alami merawat kulit wajah perawatan kulit alami perawatan kulit cantik

Baca Juga

Leave a reply

17 + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.