5 Motif Batik Keren Khas Indonesia, Kamu Sudah Tau Belum?

375 views

Motif batik keren khas Indonesia sangatlah beragam, mengingat kita adalah bangsa dengan segudang keanekaragaman seni dan budaya, serta adat istiadat dari masing-masing daerah. Bahasa, budaya, dan hal-hal lainnya, merupakan sebuah kekayaan dari Indonesia yang patut kita syukuri keberadaannya. Keanekaragaman inilah yang membuat kita menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa-bangsa lainnya. Membuat kita semakin kokoh bersatu, meski berbeda-beda suku dan ras.

Termasuk dalam konteks motif batik keren khas Indonesia, begitu banyak wujud dan rupa yang terpancar dari masing-masing daerah. Seolah-olah, masing-masing daerah mengirimkan karya terbaiknya untuk bersama-sama dirayakan atas dasar kekayaan Indonesia. Dan benar juga, rakyat dunia pun mengakui kalau kita adalah pusat batik yang terus menerus berkembang demi menciptakan mode tradisional yang bisa bersanding dengan banyak tren modern yang kini sedang berkembang pula.

Motif batik keren khas Indonesia ada banyak jenisnya. Tergantung daerah masing-masing juga, dan tergantung pada proses pembuatan dan pemakaiannya. Namun juga ditilik secara sederhana, ada beberapa motif yang memiliki desain unik nan cantik. Kira-kira, motif yang seperti apa, ya? Langsung simak aja yuk!

1. Motif batik keren khas Indonesia: Batik Pekalongan

Motif Batik Keren Khas Indonesia

via images.google.com

Motif batik keren khas Indonesia yang pertama ialah batik pekalongan. Batik ini termasuk dalam golongan batik pesisir. Pada dasarnya, batik pekalongan memiliki perbedaan mendasar dengan batik-batik lainnya, yakni pada bagian warna. Warna batik pekalongan terlihat lebih mencolok ketimbang motif-motif batik di kota-kota lain. Salah satu motif batik yang paling populer dari batik pekalongan ialah: Jlamprang.

Motif batik jlamprang pekalongan ini bercerita tentang tumbuh-tumbuhan. Tepatnya, tumbuhan teratai yang ada pada perkembangan agama Hindu dan Buddha di pulau Jawa. Selain motif batik jlamprang, motif batik pekalongan yang populer ialah motif isen. Motif isen ini merupakan motif yang membentuk pola tertentu, dimana pola tersebut dibentuk menggunakan titik-titik.

2. Batik Cirebon

Motif Batik Keren Khas Indonesia

via images.google.com

Lain halnya dengan batik cirebon. Batik ini lebih condong menceritakan tentang satwa. Salah satu gambaran paling mencolok terletak pada motif batik yang bernama kereta kencana paksinaga liman. Terdapat beberapa gambar satwa seperti gajah, ular, dan garuda, yang disatukan menjadi sebuah pola. Pola yang menceritakan keadaan satwa saat itu di masa Kesultanan.

Selain kereta kencana paksinaga liman, batik cirebon juga memunculkan motif-motif terkenal lainnya. Sebut saja motif batik singa payung, singa barong, dan kompeni. Khusus untuk kompeni, akan ada motif-motif lain seperti bambu runcing, truk, meriam, dan peralatan-peralatan perang pada masa penjajahan.

3. Batik Indramayu

Motif Batik Keren Khas Indonesia

via images.google.com

Selanjutnya ada batik indramayu yang merupakan salah satu motif batik keren khas Indonesia. Motif batik ini dikenal sering menggunakan gambar bunga dan burung dalam setiap motifnya. Batik indramayu sangat kental dengan akulturasi beberapa budaya. Contohnya ada percampuran budaya antara Hindu Jawa, Islam, serta Cina. Motif batik paling dikenal ialah kembang kapas, pintu raja, dan si juring.

Motif batik indramayu juga dipengaruhi oleh budaya khas pesisir. Maka tidak heran jika terjadi akulturasi yang sangat kuat antara Jawa, Islam, dan Cina. Warna dari motif batik ini cenderung biru dan merah muda untuk kaum muda; merah dan biru untuk kaum tua; hijau, cokelat, biru untuk orang-orang dewasa. Motif batik indramayu paling dikenal ialah motif complongan.

4. Batik Solo

Motif Batik Keren Khas Indonesia

via images.google.com

Selanjutnya, ada motif batik solo yang mengisi daftar kali ini. Di Solo sendiri, terdapat beberapa tempat yang memang dijadikan sentral kerajinan batik. Tempat itu adalah Kauman dan Laweyan, keduanya sering dijuluki kampung batik. Sebab, batik sudah menjadi mata pencaharian bagi kedua kampung tersebut. Ada beberapa motif paling terkenal, yakni sawat, kawung, parang, dan barong.

Motif-motif batik tadi dinilai sangat sakral karena hanya dipakai oleh raja dan beberapa kalangannya. Lain halnya dengan motif batik yang kerap dipakai untuk pesta pernikahan adat Jawa. Yakni batik sidomukti yang sudah terkenal hingga saat ini. Selain sidomukti, batik solo paling dikenal lainnya ialah motif bondhet yang memiliki ciri-ciri pada kerumitan polanya.

5. Batik Yogyakarta

Motif Batik Keren Khas Indonesia

via images.google.com

Motif batik keren khas Indonesia terakhir dalam rekomendasi kali ini adalah batik yogyakarta. Batik yogyakarta memang sudah dikenal oleh dunia, sebab sangat kental dengan sistem pemerintahan keraton. Batik yogyakarta yang merupakan ciri khas keraton, biasanya memiliki warna dasar putih, melambangkan kesucian yang diharapkan bisa dihiasi dengan doa dan harapan.

Motif paling terkenal dari batik yogyakarta ialah motif grompol dan motif ceplok. Ada ciri khas dari kedua motif tadi, yakni geometris yang membuat tampilan batik menjadi lebih seimbang. Terdapat motif-motif lain yang melambangkan kebesaran dan kekuasaan, yakni motif pedang, keris, dan parang. Motif-motif tadi, dulu hanya boleh dikenakan oleh para raja dan kalangannya.

Nah, itulah tadi sederet motif batik keren khas Indonesia, yang patut kita banggakan sama-sama. Tenang saja kalau daerahmu tidak masuk dalam motif batik paling keren di Indonesia, sebab semua itu adalah kekayaan kita sama-sama. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga atas keanekaragaman itu semua.

Motif Batik Keren Khas Indonesia

No related post!

Leave a reply

3 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.