Raja Ampat: Pesona Nusantara, Kelas Mancanegara

1188 views

Salah satu destinasi favorit di Indonesia yang namanya sedang meroket saat ini adalah Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Indonesia memang banyak banget memiliki tempat-tempat wisata yang asik banget buat kamu explore bareng temen-temen sekaligus sebagai pemuas dahaga akan kebutuhan selfie biar lebih kekinian. Apalagi pas suasana liburan kuliah maupun sekolah, nggak ada salahnya dong ngajakin temen-temen kampus atau sekolah buat travelling bareng.

Laut yang masih biru cerah dan dibarengi dengan hamparan pasir-pasir yang masih bersih menjadi daya tarik tersendiri yang nggak bakalan bisa dilewatin bagi siapa saja yang membutuhkan tempat untuk menjernihkan pikiran. Bukan hanya karena pemandangannya yang memang menjanjikan menjadi taruhan, tetapi juga medan yang harus dilalui oleh wisatawan bila ingin berkunjung ke kepulauan indah nan eksotis ini. Alam memang nggak pernah bohong guys, sebesar apa pun usaha yang kamu keluarin uang untuk sampai di salah satu warisan berharga Indonesia ini, sebesar itu pulalah kepuasaan yang akan terbayar.

Bukit-bukit kecil menjadi tempat persinggahan yang nggak terelakkan bagi wisatawan yang berkunjung untuk menjadikan rumah-rumah sederhana yang ada di sana sebagai singgasana peristirahatan selagi mata memuaskan pandangannya dengan view yang nggak biasa. Memang sih, untuk bisa berlibur ke kepulauan Raja Ampat ini membutuhkan dana yang nggak sedikit. Lumayan bisa bikin kantong kamu jebol!

kepulauan raja ampat objek wisata menarik di papua

Sumber: https://www.twisata.com/kepulauan-raja-ampat-objek-wisata-menarik-di-papua/

Eh, tapi bukan Traveller sejati namanya kalo ngeluh kan? Kamu bisa banget menyiasatinya dengan menabung lebih awal atau patungan sama temen-temen buat menekan biaya perjalanannya. Percaya deh, begitu kamu udah sampe di sini, duit yang kamu keluarin, nggak ada apa-apanya dibanding kekayaan terpendam yang dimiliki sama pulau ini! Pokoknya, kamu harus banget coba main ke Raja Ampat.

Buat kamu yang hobi bikin film, Raja Ampat juga bisa jadi destinasi keren untuk scene-scene di film garapan kamu pastinya, dengan mengandalkan pesona alam yang masih alami. Pengalaman dan tantangan baru juga pasti bakal otomatis kamu dapetin lebih dalem. Pastinya lagi, film bikinan kamu jadi lebih keren punya. Makin penasaran pengen liburan ke sini kan.

Oh iya, kalo udah di Raja Ampat, jangan lupa buat mengenal budaya masyarakat Papua atau minimal masyarakat sekitar dengan lebih seksama ya guys. Bukan hanya karena udah jadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk melestarikan budaya kita yang kece-kece dan nggak terhitung banyaknya ini, tapi juga sebagai pendatang, minimal harus tau dong bagaimana tata karma dan menjaga kesopanan selama stay di sana.

wisata raja ampat wisata papua paling eksotis

Sumber: http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/papua/wisata-raja-ampat-wisata-papua-paling-eksotis/526/

Seperti yang udah kita tau juga, kalo di Papua kan rata-rata masyarakatnya masih lumayan primitif. Nggak jarang dari mereka masih mengenal istilah kepala suku, tinggal di hutan atau perbukitan, dan hidup dari hasil berburu serta meramu. Persis seperti pada jaman-jaman masih ada manusia jenis Meganthropus gitu! Jadi, sekalian nih buat kamu-kamu semua, belajar sejarah sekaligus memperkaya pengetahuan berbudaya.

Eh, iya, kekayaan alam Raja Ampat ini nggak terbatas hanya dari pemandangan dan jernihnya air laut aja loh guys. Pemandangan bawah lautnya juga sama, sama-sama indah banget! Pokoknya, tujuan wisata ini menawarkan keindahan yang nggak setengah-setengah. Full keren dan cocok untuk memanjakan para Instagramers yang gemar mengabadikan moment spesial melalui foto!

Ssst, konon katanya nih, 75%  spesies ikan di dunia  ini asalnya dari Raja Ampat loh! Wah, jadi makin cinta aja sama Indonesia nih. Dengan begitu, wisatawan bisa menikmati keindahan lautnya lewat pengalaman penyelaman bawah laut alias diving. Diving ini menjadi favorit para wisatawan, khususnya oleh wisatawan asing. Alasannya sederhana sih, supaya mereka bisa merasakan kehidupan bawah laut secara lebih nyata. Makin bikin mupeng kan?

Terumbu karang yang ada di laut Raja Ampat ini juga terjaga dengan baik, selain karena masih jarang tersentuh oleh tangan-tangan manusia, kebersihan laut dan jauhnya kontaminasi dari bahan-bahan yang membahayakan ekosistem laut juga nyaris nggak ada. Maka dari itu, kita semua bertanggung jawab penuh untuk menjaga kelestariannya lebih-lebih pas lagi liburan ke sini.

kepulauan raja ampat objek wisata menarik di papua

Sumber Gambar: https://www.twisata.com/kepulauan-raja-ampat-objek-wisata-menarik-di-papua/

Sebagai salah satu destinasi wisata yang masih tersembunyi, pemerintah lagi giat-giatnya untuk mempromosikan pulau indah ini. Baik ke wisatawan asing maupun domestik. Tentunya program pemerintah ini nggak bakal berhasil tanpa dukungan dari masyarakat Indonesia. Maka dari itu, sudah seharusnya kita-kita nih, sebagai generasi muda yang jiwa-jiwa petualangnya masih kenceng banget, buat ikut mendukung sekaligus menjaga kekayaan alam Indonesia ini.

Memang sih, untuk saat ini wisatawan yang dateng masih didominasi oleh wisatawan yang berasal dari luar negeri. Faktor yang paling mempengaruhi dominasi ini salah satunya yaitu biaya. Karena memang, untuk dapat sampai di lokasi, medan yang harus dilalui bukan main sulitnya. Semoga faktor ini bisa menjadi pertimbangan bagi pemerintah ya, biar wisatawan domestiknya makin banyak.

Batu-batu besar yang ditumbuhi dan tertutupi oleh lumut, bertebaran di setiap jengkal bagian dari laut Raja Ampat. Nggak disangkal lagi, view-nya memang oke punya. Selain Diving, memancing bisa jadi opsi yang tepat buat kamu-kamu yang nggak bisa renang nih. Mancing dengan pemandangan yang menyejukkan mata? Mana bisa nolak?

Sumber: http://terserahsaja.com/wp-content/uploads/2015/10/Raja-Ampat-14.jpg

Sumber: http://terserahsaja.com/wp-content/uploads/2015/10/Raja-Ampat-14.jpg

Kalo udah ke sini, jangan lupa beli oleh-oleh khas dari Papua buat dibagiin ke temen-temen dan keluarga ya. Pilihannya ada banyak banget, dari mulai seni anyaman, alat musik tradisional seperti Tambur dan Suling, sampe makanan-makanan khas yang nggak bisa didapetin secara luas. Toko-toko souvenir banyak bertebaran di kota provinsi Papua.

Ada kalanya dalam berlibur, kita pasti punya persiapan-persiapan selain bujet tentunya. Jangan lupakan kamera, DSLR, atau Handycam untuk mengabadikan momen-momen spesial selama berlibur di sana. Karena sayang banget untuk melewatkan pemandangan yang keren-keren apalagi sampe nggak diabadikan. Jarang-jarang loh bisa liburan ke pulau eksotis gini.

Jangan lupain snack buat pengganjal perut selama di perjalanan atau dicemilin pas lagi berlibur. Pastiin kamu membawa camilan secukupnya, nggak usah berlebihan juga. Karena keperluan yang mesti dibawa kan bukan camilan doang guys.

Baju juga dibawa secukupnya aja ya, jangan terlalu banyak tapi juga jangan dikit-dikit amat. Disesuaikan aja dengan kebutuhan kamu selama liburan, juga dengan iklim selama liburan di sana. Jangan sampe saltum (salah kostum), tengsin dong!

kepulauan raja ampat objek wisata menarik di papua

Sumber: https://www.twisata.com/kepulauan-raja-ampat-objek-wisata-menarik-di-papua/

Bila dilihat-lihat lagi, Kepulauan Raja Ampat ini seperti pulau mimpi. Indahnya bikin siapa aja yang belom pernah ke sana jadi mendadak pengin langsung travelling, bikin yang udah pernah ke sana jadi kangen dateng terus, dan lebih penting lagi, bikin kita sebagai generasi muda, bangga jadi bagian dari Indonesia. Negara ini memang kaya bukan cuma di mulut aja, tapi nyata!

Nggak ada salahnya buat kalian untuk meluangkan waktu dan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam titipan Tuhan kepada bangsa kita tercinta ini. Apabila kita menjaga dan membesarkan namanya dengan sepenuh hati, maka alam juga tanpa segan akan berbaik hati. Bangga jadi bagian dari NKRI, bangga punya Kepulauan Raja Ampat yang berdikari.

keindahan kepulauan raja ampat objek wisata di papua Pesona ALam Indonesia pesona kepulauan raja ampat review tempat wisata

Baca Juga

Leave a reply

sixteen + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.