Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan Dan Pribadi

5295 views

Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan Dan Pribadi – Anda pasti sering sekali mendengar kata NPWP, tapi apa anda tau apa itu sebenarnya NPWP? NPWP memiliki kepanjangan Nomor Pokok Wajib Pajak. Secara umum NPWP adalah identitas yang diberikan kepada wajib pajak, untuk melaksanakan hak dan juga kewajiban perpajakannya. NPWP memiliki beberapa fungsi dalam penerapannya, selain sebagai identitas wajib pajak, NPWP digunakan sebagai sarana administrasi perpajakan, serta persyaratan untuk sejumlah pelayanan umum.

NPWP perlu dimiliki oleh badan usaha atau perusahaan dan juga perorangan. Kalau anda memiliki sebuah usaha, seharusnya anda memiliki NPWP. Terutama jika anda ingin mendaftarkan perusahaan anda secara resmi, NPWP menjadi salah satu syarat utamanya. Namun untuk membuat NPWP Usaha atau Perusahaan, usaha yang anda miliki harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini :

Persyaratan Membuat NPWP Untuk Perusahaan

Jika anda memiliki sebuah badan usaha, anda harus mendaftarkan perusahaan anda ke NPWP Badan Usaha. Terlebih lagi kalau perusahaan yang anda miliki sudah memenuhi persyaratan membuat NPWP Badan Usaha, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk NPWP Perusahaan sendiri dibagi menjadi 3 kategori perusahaan. Untuk lebih jelas lagi, berikut ulasan mengenai syarat membuat NPWP Perusahaan berdasarkan Kategori Perusahaannya.

syarat membuat npwp perusahaan

npwp untuk perusahaan

Badan Usaha Berorientasi Laba (Profit-Oriented)

Persyaratan membuat NPWP Badan Usaha ini adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi akta pendirian badan usaha.
  • Dokumen pendirian dan perubahan bagi Wajib Pajak badan Usaha dalam negeri.
  • Surat keterangan penunjukan dari kantor pusat untuk bentuk usaha tetap.
  • fotokopi Kartu NPWP salah satu dari pengurus perusahaan.
  • Fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa dalam hal penanggung jawab adalah Warga Negara Asing.
  • Fotokopi dokumen izin pendirian usaha dan kegiatan usaha, yang diterbitkan oleh instansi berwenang.
  • Surat keterangan tempat usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah, sekurang-kurangnya Kepala Desa atau lembar tagihan listrik sebagai bukti pembayaran listrik.
persyaratan membuat npwp untuk perusahaan

syarat membuat npwp untuk perusahaan

Badan Usaha Tidak Berorientasi Laba

Untuk kategori Badan Usaha ini, persyaratannya adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP dari salah satu pengurus badan usaha.
  • Surat keterangan domisili, bisa didapatkan dari RT / RW.

Badan Usaha Operasi Kerjasama

Untuk persyaratan membuat NPWP perusahaan kategori badan usaha ini, dokumen yang menjadi persyaratan adalah:

  • Fotokopi surat perjanjian kerjasama.
  • Akta pendirian badan usaha kerjasama.
  • Fotokopi kartu NPWP dari masing-masing anggota dengan latar belakang kerjasama Badan Usaha.
  • Fotokopi kartu NPWP pribadi dari masing-masing pihak kerjasama.
  • Fotokopi dokumen perizinan pendirian usaha dan yang berkaitan.

Syarat Membuat NPWP Pribadi

syarat membuat npwp pribadi

npwp pribadi

Sebelum anda memutuskan untuk membuat kartu NPWP, terlebih dahulu anda harus mengetahui persyaratan administrasinya. Untuk membuat NPWP pribadi, ada beberapa persyaratan yang perlu anda siapkan. Di bawah ini adalah syarat membuat NPWP pribadi:

  • Fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk (untuk warga Negara Indonesia)
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kartu Izin Tinggal Tetap (untuk warga asing).
  • Fotokopi SK PNS atau surat keterangan kerja dari tempat dimana anda bekerja.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
syarat membuat npwp untuk perusahaan dan pribadi

syarat membuat npwp untuk perusahaan dan pribadi

Itulah persyaratan yang harus anda persiapkan sebelum membuat NPWP, baik NPWP Badan Usaha ataupun NPWP pribadi. NPWP sendiri memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam management perekonomian anda. Selain memang bertanggung jawab untuk membayar pajak, NPWP bisa memudahkan anda dalam beberapa hal. Misalnya saat anda mengajukan kredit usaha di sebuah bank, jika anda memiliki NPWP maka prosesnya akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, NPWP Pribadi menjadi salah satu syarat utama untuk mendirikan sebuah badan usaha.

Saat ini pembuatan NPWP sendiri sudah dimudahkan. Anda tidak perlu datang langsung ke Kantor Perpajakan di daerah anda. Saat ini pendaftaran dan pembuatan NPWP bisa dilakukan dengan cara online. Pengisian formulir dan setiap form di dalamnya juga mudah diikuti. Segala bentuk kemudahan pembuatan NPWP ini bertujuan agar warga Negara Indonesia menjadi lebih peduli dengan pajak, selain itu agar bisa menikmati berbagai layanan yang ada, terutama dalam perekonomian.

Contoh nyata fungsi NPWP adalah jika anda pernah melakukan pengajuan kredit ke sebuah bank, NPWP anda akan ditanyakan. Tapi jika anda belum memiliki NPWP, biasanya akan diganti dengan bukti pajak air atau listrik. Perbedaannya, jika anda menggunakan NPWP, proses pengajuan kredit anda akan lebih cepat dan lebih mudah.

Demikian adalah ulasan mengenai persyaratan membuat NPWP untuk perusahaan dan pribadi. Jika saat ini anda sedang berniat untuk membuat NPWP, maka anda memiliki keputusan yang benar. Semakin cepat memiliki NPWP, management keuangan anda akan lebih teratur. Selain itu, jika anda memiliki NPWP, anda bisa mengikuti berbagai event lelang dari pemerintahan, BUMN dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi peluang untuk anda. Dan jangan lupa untuk mengatahui Syarat Membuat Npwp untuk perusahaan dan pribadi mungkin suatu saat kalian perlu

syarat bikin npwp syarat membuat npwp Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan Dan Pribadi

No related post!

Leave a reply

seven + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.