Teknologi Boleh Canggih, Tapi 18 Tips Bijak Ini Bisa Menjaga Keharmonisan dalam Keluargamu, Lho!

1341 views

Semua orangtua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Banyak dari orangtua yang memberikan akses dan keleluasaan dalam menggunakan teknologi dengan alasan agar anak tidak gagap teknologi dan ketinggalan dengan anak seusianya. Padahal, penggunaan teknologi yang berlebihan bisa sangat membahayakan karena dapat membuat anak kecanduan.

Kira-kira apa saja ya, tipsnya agar orangtua dapat memanfaatkan teknologi secara bijak? Yuk, kita intip!

1. Tentukan Kapan Waktu Penggunaan Teknologi

Tentukan waktu penggunaan teknologi

Tentukan waktu penggunaan teknologi via vikapalatova.deviantart.com

Menentukan waktu bagi anak untuk menggunakan teknologi, belajar atau bermain adalah hal yang sangat penting agar anak paham jika dia tidak boleh terlalu sering menggunakan alat teknologinya. Selain secara otomatis membatasi penggunaan teknologi, penentuan waktu penggunaan teknologi juga dapat membantu anak untuk berdisiplin. Jangan lupa juga untuk menyertakan anak dalam menentukan waktu dalam penggunaan teknologinya.

2. Buatlah Aturan

Buatlah aturan dalam menggunakan gadget

Buatlah aturan via www.huffingtonpost.co.uk

Setelah menentukan waktu bagi anak untuk menggunakan teknologi, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat aturan main. Tentukan reward dan punishment bagi anak jika mematuhi atau melanggar aturan main waktu penggunaan teknologi. Hal ini penting dilakukan agar anak menganggap serius peraturan yang telah dibuat oleh orangtuanya.

3. Buatlah Token

Buatlah token

Buatlah token via www.flickr.com

Cara lain yang lebih kreatif dalam membatasi penggunaan teknologi bagi anak adalah dengan menggunakan token bermain gadget. Aturan main dari token ini adalah anak diberikan beberapa token dalam sehari, dan satu tokennya dapat dipakai untuk satu jam bermain gadget. Anak tidak dapat menggunakan alat teknologinya setelah token mereka habis. Menarik, bukan?

4. Variasikan Penggunaan Teknologi

Variasikan penggunaan teknologi

Variasikan penggunaan teknologi via toyconomy.wordpress.com

Jangan biarkan anak hanya mengenal teknologi tanpa tahu betapa asyiknya membaca buku atau bermain puzzle. Perkenankan mereka menggunakan teknologi dan variasikanlah dengan kegiatan lainnya. Dengan begitu, anak akan tahu banyak hal yang dapat dieksplorasi selain gadget yang mereka miliki.

5. Berikan Porsi

Berikan porsi

Berikan porsi via i2mag.com

Berikan porsi penggunaan teknologi sesuai dengan usia mereka. Jangan sampai anak yang berumur tiga tahun bermain gadget sehari penuh. Apalagi sekarang telah banyak aturan main porsi penggunaan teknologi pada anak yang dapat orangtua pelajari dan diaplikasikan di rumah.

6. Mengunduh Aplikasi Sesuai dengan Usia Anak

Mengunduh aplikasi sesuai dengan usia anak

Mengunduh aplikasi sesuai dengan usia anak via www.mirror.co.uk

Satu lagi yang harus diperhatikan agar orangtua semakin bijak memanfaatkan teknologi bagi anak. Orangtua harus paham benar penggunaan aplikasi sesuai dengan usia anak. Jangan sampai konten game yang diunduh oleh anak tidak sesuai dengan umurnya. Apalagi sekarang banyak sekali aplikasi dan game yang menampilkan kekerasan atau bahkan mengandung konten pornografi yang sangat berbahaya bagi perkembangan anak.

7. Beri Penjelasan

Beri penjelasan

Beri penjelasan via intelligentnest.com

Jangan lupa juga untuk menjelaskan kepada anak kenapa orangtuanya membuat berbagai aturan dan juga batasan penggunaan teknologi ataupun gadget. Berikan mereka pengertian jika segala sesuatu yang berlebihan itu tidak akan baik, apalagi teknologi. Rajinlah berdiskusi dengan anak agar mereka tidak  sembunyi-sembunyi menggunakan berbagai teknologi yang tidak baik bagi perkembangan psikis mereka.

8. Mendongeng dengan Teknologi

Mendongeng dengan teknologi

Mendongeng dengan teknologi via blog.grabon.in

Mendongeng, terbukti akan meningkatkan kecerdasan pada anak. Dengan menggunakan teknologi, mendongeng tentunya dapat menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Mendongeng dengan menggunakan teknologi juga akan mengajarkan anak jika teknologi tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk main game, tapi bisa juga untuk membaca kisah favorit mereka.

9. Jangan Jadikan Teknologi Sebagai Solusi

Jangan jadikan teknologi sebagai solusi

Jangan jadikan teknologi sebagai solusi via gizmodo.com

Hal yang harus dihindari dalam memanfaatkan teknologi pada anak adalah menjadikan teknologi sebagai solusi. Misalnya, ketika anak malas makan, orangtua kemudian memberikannya gadget sebagai kompensasi agar anak makan. Sebisa mungkin hal tersebut harus dihindari karena anak justru akan memanfaatkannya dan terus menerus melakukan hal tersebut. Kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan?

10. Ajak Anak Bermain

Ajak anak bermain

Ajak anak bermain via www.dietsinreview.com

Saat kecil dulu, penggunaan teknologi belum seperti sekarang sehingga generasi dahulu lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain. Jika kita ingin anak kita tidak kecanduan teknologi dan merasakan apa yang dulu orangtuanya lakukan saat kecil, mengajaknya bermain dapat dijadikan solusi. Undanglah temannya ke rumah atau bawalah anak ke tempat rekreasi. Tunjukkan kepada mereka jika dunia nyata jauh lebih menarik daripada gadget yang mereka miliki.

11. Lakukan Pengawasan

Lakukan pengawasan

Lakukan pengawasan via mamasup.me

Lakukan pengawasan rutin terhadap teknologi yang dimiliki anak agar anak tidak salah jalur. Pantaulah gadget yang mereka miliki apakah memiliki konten yang sesuai usia dan tidak membahayakan tentunya. Kamu tidak mau jika anakmu salah langkah, bukan?

12. Terus Belajar

Terus belajar

Terus belajar via www.huffingtonpost.com

Teknologi yang terus berkembang membuat para orangtua harus terus belajar perihal teknologi. Anak yang akan semakin kritis dan pintar dalam menggunakan teknologi membuat orangtua tidak boleh ketinggalan. Bagaimana caranya? Update teknologi terbaru dengan membaca berbagai majalah dan memantau perkembangan teknologi melalui sosial media. Ayo, jadilah orangtua yang pintar dan tidak gagap teknologi!

13. Berikan Contoh

Berikan contoh

Berikan contoh via trauma-recovery.net

berbagai aturan yang orangtua buat tidak akan efektif jika orangtua tidak memberikan contoh kepada si anak. Percuma kan, melarang anak memegang gadget, tapi orangtuanya justru memegang gadget seharian? Jangan lupa jika memberikan contoh kepada anak adalah cara yang paling efektif dalam mendidik anak.

14. Buat Game-mu Sendiri

Buat game sendiri

Buat game sendiri via www.speechbuddy.com

Jika anak terlanjur kecanduan teknologi, sebagai orangtua kamu tentu akan kebingungan. Untuk itu, kamu dapat mencoba membuat simulasi game yang anakmu sukai dalam kehidupan nyata. Cobalah berpikir kreatif agar anakmu teralihkan dari gadget yang mereka miliki.

15. Jangan Paksakan

Jangan paksakan

Jangan paksakan via priyanka.guru

Meskipun orangtua ingin agar anaknya terlepas dari kecanduannya terhadap teknologi, memaksakan kehendak orangtua kepada anak mereka tidaklah tepat. Berikan pengertian secara baik, hindari emosi dan ajaklah anakmu untuk berdiskusi. Tatap mata anakmu dan katakan pada mereka jika kamu rindu untuk bermain bersama.

16. Buatlah Hari Tanpa Gadget

Hari tanpa gadget

Hari tanpa gadget via www.homeconnectthailand.com

Agar kecanduan teknologi pada anak tidak terjadi, buatlah hari tanpa gadget dan semua anggota keluarga harus mematuhinya. Orangtua dapat memilihi akhir pekan sebagai hari tanpa teknologi dan memanfaatkannya untuk bercengkrama bersama anak. Cara ini bisa dilakukan terutama bagi orangtua yang memiliki pekerjaan, tetapi ingin tetap memiliki quality time bersama anak dan keluarga. Menyenangkan bukan?

17. Sembunyikan

Sembunyikan gadget

Sembunyikan gadget via blog.gaiam.com

Lantas bagaimana jika berbagai cara telah dilakukan tapi tidak ada yang berhasil membuat anak lepas dari gadgetnya? Jangan ragu untuk menjauhkan berbagai alat teknologi dari jangkauan anak. Tegaslah, karena hal tersebut orangtua lakukan demi kebaikan sang anak sendiri. Beri dia pengertian jika gadget tidak akan membawa manfaat jika dipergunakan secara terus menerus.

18. Konsisten

Konsistensi sangat dibutuhkan agar memanfaatkan teknologi bisa secara bijak dilakukan. Jangan sampai orangtua menerapkan aturan pada minggu pertama, tetapi kemudian labil dan tidak menerapkannya lagi pada minggu berikutnya. Hal tersebut tentunya dapat membuat anak bingung dan menilai aturan orangtuanya tidaklah serius. Kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Bagitulah kira-kira 18 cara agar kamu dan keluarga bijak dalam memanfaatkan teknologi. Ingat, cara-cara tersebut dapat kamu terapkan selama kamu konsisten dan memberikan contoh kepada anakmu. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, dijamin deh kamu dan keluarga tidak akan kecanduan gadget ataupun teknologi lagi. Kira-kira hal apalagi ya, yang dapat kita terapkan agar bijak dalam memanfaatkan teknologi? Yuk berbagi dan berikan komentar pada link comment dibawah!

bahaya penggunaan teknologi berlebihan memanfaatkan teknologi secara bijak membatasi penggunaan gadget teknologi gadget teknologi smartphone variasi penggunaan teknologi

Related Post

Leave a reply

5 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.