Makna Dari Ungkapan Kata Motivasi : Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit

4467 views

Ungkapan Kata Motivasi Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit – Salah satu ungkapan motivasi yang masih dikenang orang adalah kejarlah cita-citamu setinggi langit. Hal ini sesuai dengan anjuran para motivator terkenal tanah air seperti Mario Teguh, Marry Riana, Tung Desem Waringin Jati, Andrie Wongso dan lain sebagainya bahwa jika ingin sukses harus mempunyai cita-cita. Jika seorang anak kecil ditanya mau menjadi apa setelah dewasa? Jawaban mereka beragam. Ingin menjadi pilot, guru, konglomerat sukses, penyanyi terkenal, pengusaha kaya raya, presiden, direktur utama, penulis buku best seller dan lain sebagainya. Biarkanlah anak kecil berimajinasi dan berusaha menggapai mimpi mereka dengan tindakannya.

Ungkapan Kata Motivasi Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit

Ungkapan Kata Motivasi Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit (www.hellomotion.com)

Setelah penulis telusuri lebih dalam, ternyata ungkapan “gantungkanlah cita-citamu setinggi langit” merupakan sebuah peribahasa bahasa Indonesia yang berarti dalam mengejar impian haruslah impian besar bukan impian kecil. Seseorang yang sukses ia akan bermimpi besar dan mampu untuk mewujudkannya. Hanya orang picik dan berpikiran sempitlah yang hanya mengejar cita-cita yang kecil. Jadilah orang besar dan bermimpilah besar. Apabila anda bermimpi besar maka hasil yang akan didapatkan akan besar. Sebaliknya jika anda memiliki cita-cita kecil maka yang akan anda dapatkan adalah hal kecil.

Ungkapan yang masih serupa dengan peribahasa ini adalah “kejarlah cita-citamu hingga ke negara Cina” Tuntulah ilmu sampai ke negeri Cina. Dalam arti mengejar impian harus bersungguh-sungguh. Tidak peduli sesulit apapun cobaan dan rintangan yang harus dihadapi dengan tabah, kerja keras dan pantang menyerah. Sebuah kata bijak yang di ambil dari hadist Islam menyatakan “man jadda wa jadda“, barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan mendapatkannya. Sehingga ungkapan kata motivasi kejarlah cita-citamu setinggi langit dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui tindakan nyata.

Semua pakar motivasi selalu menekankan arti pentingnya sebuah cita-cita dan impian. Sebab cita-cita dan impian merupakan pedoman atau petunjuk jalan dalam kehidupan yang harus dicapai. Orang yang tanpa tujuan dan cita-cita maka dalam hidupnya akan terasa tak punya arah. Berputar-putar arah, bermain-main dalam kehidupan tanpa arah yang membuang energi dan waktu. Laksana seorang yang hendak bepergian jauh, sedangkan ia tidak mengetahui arah yang hendak dituju. Maka ia hanya berputar-putar arah tanpa jelas sehingga tidak sampai-sampai ke tempat tujuan.

Oleh sebab itu, seperti yang diajarkan oleh Negara-negara maju sejak kecil anak-anak mereka sudah diarahkan aktifitas dan kegiatan belajar mereka menuju bakat dan minat mereka sejak kecil. Sehingga tujuannya jelas untuk mengembangkan bakat mereka. Dan sudah dewasa mereka sudah menjadi apa yang mereka inginkan atau sudah meraih cita-cita mereka sejak kecil. Jangan sampai cita-cita tidak tercapai di kala waktu tua nanti.

Ungkapan Kata Motivasi Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit
Berdasarkan pengalaman penulis untuk menggapai cita-cita itu tidaklah mudah. Diperlukan kerja keras, sikap pantang menyerah, konsisten, giat, rajin, tekun, dan tak lupa berdoa kepada Allah SWT. Menggapai cita-cita terasa mudah jika sudah dirintis sejak kecil. Oleh sebab itu, sejak dini tentukanlah cita-cita untuk digapai hingga harus tercapai. Proses meraih cita-cita dan impian memerlukan waktu dan proses. Oleh karenanya, tugas sang orangtua membimbing anak tercinta hingga mendapatkan cita-cita mereka.

Apa makna yang tersirat dari ungkapan kata motivasi kejarlah cita-citamu setinggi langit? Ini berarti seseorang harus mempunyai cita-cita dan cita-cita yang dimiliki haruslah besar. Jangan hanya memimpikan cita-cita yang kecil, karena itu akan sangat mudah untuk didapatkan. Tentukan sebuah cita-cita yang sangat besar dan janganlah takut menganggap terlalu besar cita-cita yang dimiliki. Karena semua impian dan cita-cita bisa diwujudkan sesulit dan sesukar apapun. Jika Allah SWT berkehendak maka hanya mengucapkan Kun fayakun maka jadilah. Kita mempunyai Tuhan. Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT akan percaya bahwa cita-cita akan mudah digapai dengan cara berjuang dan bekerja keras serta terus menerus belajar.

Penulis pun sejak kecil jika ditanya mengenai cita-cita suka dibuat bingung. Dijawab sekenanya mau jadi dokter, pilot, guru, dan lain sebagainya. Namun kini kenyataan berbeda dengan yang diharapkan. Cita-cita yang dituju tidak tercapai. Tapi penulis bersyukur karena Allah SWT telah memberikan cita-cita baru yang lebih mulia dan lebih besar serta lebih mudah untuk digapai.

Lalu apa yang membedakan antara orang sukses dan orang tidak sukses? Satu kata yakni memiliki cita-cita. Kebanyakan orang sukses dan pengusaha sukses mereka berhasil karena memiliki cita-cita untuk digapai. Mereka hidup dengan penuh semangat, passion, kerja keras, serta pantang menyerah untuk mewujudkan cita-cita mereka. Dan dunia mendukungnya hingga terwujud apa yang mereka inginkan. Namun seringkali cita-cita yang diharapkan tidak kunjung tiba. Kalau hal ini terjadi apa yang harus dilakukan? Teruslah belajar untuk menggapai cita-cita. Sebab cara untuk menggapai cita-cita sangat mudah yakni belajar meraih cita-cita dan jika gagal maka terus belajar.

Steven Covey dalam buku Seven habits atau kebiasaan orang-orang baik mengatakan bahwa salah satu karakter orang sukses adalah memiliki cita-cita atau tujuan. Untuk menentukan cita-cita dan tujuan tersebut sangat mudah. Bayangkanlah sobat telah meninggal dunia di depan sahabat, keluarga dan sanak saudara. Lalu apa yang sobat inginkan kata-kata dari mereka mengenai kematian sobat.

Cita-cita yang kuat harus dibedakan dengan angan-angan. Cita-cita akan diwujudkan secara nyata melalui tindakan. Halangan dan rintangan tidak membuat mereka menyerah. Mereka pantang menyerah, terus berjuang dan belajar mewujudkan cita-cita mereka. Tidak ada kata putus asa dalam benak mereka dalam rangka meraih cita-cita.

Lalu kebalikan dengan cita-cita adalah angan-angan. Arti angan-angan adalah sebuah cita-cita yang tidak diwujudkan dalam bentuk tindakan sehingga hanya mimpi kosong. Ajaran Islam melarang setiap penganutnya memiliki angan-angan atau thulul amal. Islam mengajarkan manusia selaras antara ucapan, niat dan perbuatan.

Sangat berbeda dalam kehidupan ini antara orang yang memiliki cita-cita dan orang yang tidak. Orang yang memiliki cita-cita akan hidup penuh semangat, penuh gairah karena tahu apa yang harus mereka tuju. Sedangkan orang yang tidak memiliki cita-cita hidupnya lesu, tidak penuh gairah. Inilah yang membedakan antara orang sukses dan orang yang gagal.

Setiap orang pasti mempunyai cita-cita sejak sekarang. Seperti menjadi dosen, dokter, pengusaha, pilot, presiden, dan lain sebagainya. Silahkan buat cita-cita setinggi langit. Jangan takut. Namun jangan takut merasa cita-cita yang dipunyai terlalu besar. Dan jangan bersedih jika cita-cita tidak bisa diwujudkan. Tapi teruslah belajar. Kelak berjalan waktu seseorang akan meraih cita-cita yang diharapkan selama ini. Percayalah pada penulis. Sebab semua cita-cita bisa diwujudkan dengan ijin Allah SWT. Dia Yang Maha Kuasa. Sesuatu yang tidak mungkin di mata Dia menjadi mungkin.

Itulah makna dari ungkapan kata motivasi kejarlah cita-citamu setinggi langit. Semoga bermanfaat bagi pembaca blog males nulis.

Baca Juga : Kumpulan Kata Mutiara Dan Motivasi Ippho Santosa

cara meraih cita-cita cita-cita setinggi langit kata-kata motivasi kejarlah cita-citamu ungkapan kata bijak ungkapan kata motivasi ungkapan kata mutiara

No related post!

Leave a reply

one + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.